Latest News

CARA MEMASTER MURAI BATU ANAKAN PALING EFEKTIF

Kicaukan - Cara Memaster Murai Batu Anakan Paling Efektif - Anakan murai batu (MB) bisa tumbuh menjadi MB dewasa yang gacor dan rajin berkicau jika dimaster dengan cara yang tepat dan rutin. Logikanya, jika sejak kecil sudah dibiasakan mendengar suara masteran burung, maka saat dewasa nanti memorinya akan bagus dan menirukan apa yang didengarnya sewaktu kecil. Untuk itulah pemasteran Mb anakan sangat penting untuk anda lakukan sejak dini. Tetapi bagaimana cara memaster murai batu anakan paling efektif? Jangan beranjak dulu, karena kami akan memberi informasi lengkap tentang hal itu.

CARA MEMASTER MURAI BATU ANAKAN PALING EFEKTIF


Ada beberapa cara dan metode untuk memaster bakalan MB secara efektif. Meskipun tidak ada patokan baku tentang cara dan metode memaster MB, tetapi pengalaman bisa jadi acuan bagi kita. Ya, salah satu kicaumania yang sudah sangat berpengalaman berbagi tips tentang cara memaster murai batu anakan paling efektif. Dan menurut kami, tidaklah sulit untuk melakukan hal itu. Hanya dibutuhkan keberanian, kesabaran, dan ketekunan dalam menjalankannya. Oke, tidak usah panjang lebar sobat. mari simak tips menarik berikut ini sampai akhir.

Cara Memaster Murai Batu Anakan Paling Efektif


  1. Usia MB anakan yang paling baik untuk dimaster adalah saat berumur 3 minggu. Tetapi jika anda punya MB anakan yang sudah berumur 1-1,5 bulan, bisa dimaster dan belum terlambat.
  2. Gunakan suara master master yang halus dan tajam, misalnya serindit, parkit, atau burung lovebird.
  3. Pemasteran dilakukan di ruangan tertutup/kamar sendiri. Tujuannya adalah agar MB anakan tidak mendengar suara burung lain selain suara masteran LB, serindit, dan parkit.
  4. Tidak perlu memaster dengan banyak suara, cukup 3 saja. Misalnya MB anakan sudah bisa menguasai suara LB, maka saat dewasa kelak ia akan mengeluarkan tembakan yang panjang, rapat, dan berulang-ulang.
  5. Pemasteran awal dilakukan selama kurang lebih 1 bulan. Jika sudah berhasil, anda bisa melanjutkan masteran dengan suara cucak jenggot yang lebih kasar.
  6. Pemasteran dengan cucak jenggot bisa anda lakukan dengan audio mp3 atau burung CJ yang sudah gacor. Tempatkan 2 ekor CJ gacor dan MB anakan di dalam satu ruangan namun jaraknya jauh. Atau dengan mengerodongnya agar tidak saling melihat. Jadi agar terdengar suara sahut-sahutan CJ. 
  7. Bisa juga dengan suara kapas tembak jika anda tak punya cucak jenggot.
  8. Saat sudah mabung pertama, anda bisa melatih/memaster MB anakan dengan burung cililin yang punya suara kasar, tajam, dan tegas.
  9. Setelah Mb anakan sudah bisa meniru suara-suara masteran di atas, anda bisa menambahkan suara masteran lain saat dewasa. Misalnya suara kenari, rio-rio, gereja tarung, atau Jalak Suren.
  10. Jika MB anakan sudah menguasai suara-suara masteran yang telah anda berikan, anda bisa menambahkan suara lain secara bertahap.
  11. Ingat, cukup 3 suara masteran dalam waktu bersamaan. Baru setelah sudah berhasil anda bisa menambah koleksi suara masteran.
Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara memaster murai batu anakan paling efektif. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Jangan lupa membaca artikel ini : MENGATASI KEBOTAKAN PADA MURAI BATU DENGAN KUNYIT DAN DAUN SIRIH