Latest News

MENGATASI KEBOTAKAN PADA MURAI BATU DENGAN KUNYIT DAN DAUN SIRIH

Kicaukan - MB terlihat sangat gagah dan keren saat berdiri tegak dengan dada busung dan ekor yang melengkung. Dan akan lebih mempesona ketika berkicau dan gacor. Itulah sedikit gambaran tentang betapa gagahnya murai batu. Murai batu yang gagah dan keren tersebut akan hilang seketika jika pada bulu dadanya mengalami kebotakan alias tidak ada bulunya. Tentu ini akan mengurangi penampilan MB jagoan anda. Pernahkah sobat kicaukan mengalami masalah ini pada MB kesayangan? Di kesempatan ini kami akan berbagi tips tentang mengatasi kebotakan pada murai batu dengan kunyit dan daun sirih.

Kebotakan pada muria batu disebabkan karena jamur yang menutupi pori-pori kulitnya. Di awal kebotakan, kulit dada MB masih terlihat lembab. Namun jika sudah berlangsung lama, kulit dada MB akan mengering dan kasar. Dan jika ini dibiarkan terus, maka bisa menjalar ke bagian lain seperti bagian tubuh bawah dan paha. Jika MB anda mengalami kebotakan maka sudah sepatutnya anda segera mengatasinya. Mengatasi kebotakan pada murai batu dengan kunyit dan daun sirih adalah salah satu cara alami yang bisa anda lakukan. Untuk itu simak info berikut ini dengan saksama.

MENGATASI KEBOTAKAN PADA MURAI BATU DENGAN KUNYIT DAN DAUN SIRIH



1. Menghilangkan jamur di kulit dada MB
Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah menghilangkan jamur yang menempel pada kulit MB yang mengalami kebotakan. Anda bisa menggunakan obat seperti freshaves yang dilarutkan ke dalam air. Larutkan 5 gr freshaves ke dalam 1 liter air di dalam botol penyemprot. Setelah itu kocok sampai benar-benar larut. baru setelah itu semprotkan pada bagian yang mengalami kebotakan dan jika masih cukup semprotkan ke seluruh tubuh MB. Tunggu selama satu hari agar obatnya bekerja maksimal.

2. Mengusap kulit MB
Setelah sehari penuh dibiarkan, saatnya anda membersihkan sisa-sisa jamur yang masih menempel di kulit MB. Juga untuk membersihkan sisiks-sisik bekas kulit kering yang masih menempel. Celupkan jari anda ke air hangat kemudian usapkan ke bagian kulit MB yang botak. Ulangi beberapa kali sampai benar-benar bersih.

3. Terapi kunyit dan daun sirih
Setelah proses di atas sudah selesai, kini waktunya menggunakan terapi kunyit dan daun sirih. Caranya sangat mudah, yaitu tumbuk daun sirih sampai halus. Kunyit dikupas dan diparut. Campurkan kedua bahan tersebut dan diaduk-aduk sampai halus. Setelah sudah tercampur rata, oleskan ramuan tersebut ke bagian tubuh MB yang botak dan seluruh badan MB dari ujung ekor sampai kepala. Setelah diolesi secara merata, jangan mandikan MB sampai 3 hari ke depan. Agar ramuan tersebut bekerja dengan baik. Ramuan kunyit dan daun sirih efektif membasmi jamur kulit, membuka pori-pori kulit yang tertutup jamur, dan merangsang pertumbuhan bulu MB. Setelah 3 hari, mandikan MB sampai bersih dari ramuan dan kotoran yang masih menempel. 

Cukup mudah bukan membasmi jamur pada MB? Ramuan tradisional kunyit dan daun sirih adalah ramuan alami yang sudah terbukti khasiatnya. Jika Mb anda mengalami kebotakan pada bagian kepala, dada, dan paha, maka anda bisa mencoba cara di atas. Selamat mencoba, semoga sukses.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang mengatasi kebotakan pada murai batu dengan kunyit dan daun sirih. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Jangan lupa membaca artikel ini : CARA MERAWAT MURAI BATU BORNEO TROTOLAN YANG BENAR