Latest News

CARA MERAWAT MURAI BATU BORNEO TROTOLAN YANG BENAR

Kicaukan - Murai batu (MB) adalah salah satu burung kicau yang paling diminati oleh para kicaumania. Dengan populasi yang semakin sedikit, serta keindahan yang dimilikinya membuat harga burung berekor melengkung ini berharga mahal. Murai batu memiliki banyak jenis, salah satunya adalah murai batu borneo (MB Kalimantan). Memang MB borneo masih kalah pamor jika dibandingkan dengan MB sumatera. Tetapi pesona MB borneo pun tak kalah indah. Tahukah anda cara merawat murai batu borneo trotolan yang benar?

CARA MERAWAT MURAI BATU BORNEO TROTOLAN YANG BENAR


Ada sedikit perbedaan antara MB borneo dengan jenis MB lain. Perbedaan yang paling mencolok adalah pada ekornya. Ekor MB borneo cenderung kaku dan lurus, dan jarak ekor putih dean hitam yang lebih dekat. Adapun bagian dadanya terlihat lebih besar/gemuk. Untuk mengetahui lebih jelas tentang perbedaan MB kalimantan dan MB sumatera, baca di sini. MB borneo trotolan yang dirawat dengan baik dan tepat akan tumbuh menjadi MB dewasa yang oke punya. Dan jika anda punya MB borneo trotolan, simak cara merawat murai batu borneo trotolan yang benar berikut ini.

Cara Merawat Murai Batu Borneo Trotolan Yang Benar :


1. Melatih MB borneo trotolan ngevoer
Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membiasakan MB borneo bakalan mau ngevoer, yaitu sebagai berikut :

  • Voer dilembutkan terlebih dahulu. Kemudian campurkan dengan kroto dan sedikit air. Setelah tercampur, pada bagian atasnya diberi taburan kroto sebagai pemancing. 
  • Voer dihaluskan kemudian dicampur dengan ulat hongkong (UH) yang telah dipotong kecil-kecil. Atau bisa juga dicampur dengan potongan perut jangkrik yang sudah dipotong kecil-kecil. Tambahkan sedikit air dan aduk. Setelah tercampur, taburi bagian atasnya dengan kroto. Pakan siap diberikan pada MB borneo trotolan.
  • Kedua cara tersebut bisa anda lakukan selama seminggu atau lebih. Anda bisa menghentikan cara di atas jika MB borneo benar-benar sudah mau ngevoer.

2. Melatih MB borneo trotolan makan jangkrik
Jangkrik bisa anda berikan secara rutin pada MB borneo trotolan. Memang cara ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Yang dibutuhkan adalah kesabaran dan ketelatenan. Anda bisa menyertakan voer dalam perut jangkrik sebanyak 1-2 butir dulu dan berikan pada MB borneo.

3. Berikan multivitamin
Multivitamin sebaiknya anda berikan pada MB borneo trotolan anda. Manfaat multivitamin sangat banyak, seperti menjaga kondisi kesehatan burung, menjaga nafsu makan, sehingga lebih mudah untuk dilatih ngevoer dan makan jangkrik. Multivitamin bisa anda berikan setiap 2 kali seminggu.

Itulah cara-cara dasar merawat MB borneo trotolan yang benar. Rata-rata, MB borneo trotolan adalah MB tangkapan hutan dan sangat rawan stress dan mati. Untuk itu perlu perawatan khusus untuk menjinakkan MB muda hutan. Dan bagi anda yang belum tahu secara jelas tentang cara menjinakkan MB liar dengan mudah, silakan baca tips lengkapnya di sini.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara merawat murai batu borneo trotolan yang benar. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Jangan lupa membaca artikel ini : CARA MEMASTER BAKALAN CENDET ALA JAWARA DAN TOKCER