Latest News

MENU LOLOHAN ANAKAN MURAI BATU UMUR 8-14 HARI (BAGIAN II)

Kicaukan - Menu Lolohan Anakan Murai Batu Umur 8-14 Hari (Bagian II) - Oke sobat kicaukan,di kesempatan sebelumnya kami telah berbagi informasi tentang menu lolohan anakan murai batu umur 6-7 hari. Nah sekarang kita lanjut ke bagian kedua, yaitu menu/pakan untuk meloloh anakan MB berumur 8-14 hari. Secara teknis tidak jauh berbeda, namun ada beberapa hal yang perlu kami sampaikan agar sobat kicaukan bisa mempraktikkannya di rumah. Sekali lagi, cara ini berdasarkan pengalaman dari salah satu penangkar MB terkenal dan syarat prestasi. Mari langsung saja ke TKP.

MENU LOLOHAN ANAKAN MURAI BATU UMUR 8-14 HARI (BAGIAN II)


Anakan MB yang berumur 8-14 hari mempunyai ketahanan tubuh yang lebih baik dibanding saat anakan MB berumur 6-7 hari. Untuk itu pakan yang diberikan pun juga tidak hanya kroto saja, melainkan ada tambahan pakan berupa voer. Voer diberikan untuk mensuplai nutrisi yang dibutuhkan MB anakan. Karena voer adalah pakan utama MB dan harus selalu ada. Bagaimana menu lolohan anakan murai batu umur 8-14 hari? Simak yang berikut ini sampai akhir sobat.

Menu Lolohan Anakan Murai Batu Umur 8-14 hari (Bagian II)

Inilah beberapa poin penting yang dapat kami sampaikan, dan semoga nanti bisa bermanfaat buat anda semua :
  • Menu/pakan utamanya adalah kroto dan voer.
  • Voer dihaluskan dulu dengan cara ditumbuk atau diblender sampai benar-benar halus. Pastikan tidak ada voer yang masih keras. Tujuannya agar voer tidak mengembang saat di dalam pencernaan. Karena jika mengembang dapat membuat anakan MB kembung dan mati.
  • Voer yang sudah lembut diseduh dengan air hangat, dan dicampur dengan kroto. Porsi voer sedikit saja, dengan prosentase 30% voer, dan 70% kroto. Pemberian voer di tahap awal untuk memperkenalkan voer pada anakan MB.
  • Untuk jam pelolohannya, masih sama dengan bagian I yaitu dari jam 6 pagi sampai jam 7 pagi, dan diloloh setiap 1 jam sekali.
  • Buatlah adonan voer dan kroto untuk sekali makan. Dan jangan menyimpannya untuk pelolohan berikutnya.
  • Setiap meloloh gunakan adonan yang baru. Karena jika menggunakan adonan lama dikhawatirkan ada bakteri yang menempel dan membuat MB anakan mati.
  • Lakukan dengan disiplin, konsisten, dan sabar.

Itulah poin-poin penting untuk meloloh anakan MB yang berumur 8-14 hari. Pada dasarnya masih sama, hanya ada tambahan voer yang dihaluskan. Pengenalan voer pada anakan MB sangat penting agar saat dewasa nanti MB sudah terbiasa makan voer. Jangan lupa untuk membaca menu lolohan anakan MB berumur 15-30 hari di bagian III. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang menu lolohan anakan murai batu umur 8-14 hari. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.