Latest News

MENU LOLOHAN ANAKAN MURAI BATU YANG BENAR (BAGIAN I)

Kicaukan - Menu Lolohan Anakan Murai Batu Yang Benar - Meloloh anakan murai batu (MB) bisa anda lakukan sendiri tanpa harus bergantung pada sang induk. Anakan murai batu sebenarnya juga tidak apa-apa jika diloloh oleh induknya. Namun untuk antisipasi indukan yang labil, anda bisa melolohnya sendiri. Meloloh anakan murai batu tidak jauh berbeda dengan meloloh anakan burung kicau lain, hanya saja ada sedikit perbedaan pada menunya. Untuk itu bagi anda yang punya anakan murai batu yang baru lahir, ada baiknya anda simak tips berikut ini.

MENU LOLOHAN ANAKAN MURAI BATU YANG BENAR


Memang tidak ada patokan baku mengenai apa saja menu lolohan anakan murai batu. Yang bisa kita pelajari adalah pengalaman dari para senior dan para penangkar MB sukses yang telah berhasil meloloh anakan MB sendiri. Menunya pun cukup bervariasi dengan tujuan mencukupi nutrisi anakan MB. Dengan nutrisi dan gizi yang tercukupi, saat dewasa nanti anakan MB akan tumbuh jadi MB yang gacor dan jagoan. Untuk itu simak tips menu lolohan anakan murai batu yang benar berikut ini.

Menu Lolohan Anakan Murai Batu Yang Benar Bagian I


Menu Lolohan Anakan MB umur 6-7 hari

Muncul pertanyaan, "Mengapa anakan MB harus dipanen saat berumur 7 hari dan kurang dari 10 hari?" Karena jika kita memanen anakan MB yang sudah berusia lebih dari 10 hari, maka anakan MB sudah dapat melihat induknya. Dan jika sudah begitu anakan MB tidak mau/sulit kita loloh. Jadi sebaiknya dipanen saat anakan MB berumur 7, 8, atau 9 hari. Dan mengapa tidak boleh kurang dari 7 hari? Karena saat anakan MB berumur kurang dari 7 hari kondisinya masih sangat rawan dan kritis. Bisa-bisa anakan MB akan mati karena telat loloh, lumpuh dan kakinya pengkor. Biarkan anakan MB bersama induknya sampai berumur 7 hari. 

Oke langsung saja, berikut ini pakan/menu lolohan untuk anakan MB umur 6-7 hari :

  • Pakan MB anakan adalah kroto saja (full kroto).
  • Pilih kroto yang segar.
  • Pastikan kroto sudah bersih dari kotoran/semut.
  • Sebelum diberikan pada anakan MB, kroto dicelup dulu ke dalam air masak. Tujuannya agar kroto tidak lengket di tenggorokan anakan MB.
  • Berikan kroto setiap satu jam dengan porsi yang tidak terlalu banyak.
  • Jam melolohnya adalah mulai jam 06.00 atau 07.00 sampai jam 18.00
  • Ingat, jangan terlalu kenyang meloloh anakan MB. Karena jika terlalu kenyang berbahaya bagi organ pencernaan MB anakan.
Meloloh anakan MB umur 6-7 hari memang perlu kehati-hatian dan kesabaran yang ekstra. Untuk itu jangan sampai anda meloloh terlalu banyak, tetapi jangan sampai telat juga. Kesalahan sedikit saja dalam meloloh anakan MB akan membuat MB anda mati. Jangan lupa membaca artikel bagian kedua sobat. Biar lebih jelas dan lengkap.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang menu lolohan anakan murai batu yang benar bagian I. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Jangan lupa membaca artikel ini : SOLUSI ATASI MURAI BATU MENCABUTI BULUNYA SENDIRI