SOLUSI ATASI MURAI BATU MENCABUTI BULUNYA SENDIRI

Kicaukan - Solusi Atasi Murai Batu Mencabuti Bulunya Sendiri - Sobat kicaukan pasti sering mendengar kasus murai batu (MB) yang mencabuti bulunya sendiri. Sama dengan burung kicau lainnya, MB yang mencabuti bulunya sendiri bukannya tanpa sebab. Ada banyak sebab/faktor mengapa murai batu mencabuti bulunya sendiri. Lalu bagaimana solusi atasi murai batu mencabuti bulunya sendiri? Jangan beranjak dari tempat duduk anda sebelum selesai membaca artikel ini.

SOLUSI ATASI MURAI BATU MENCABUTI BULUNYA SENDIRI


Perilaku MB yang mencabuti bulunya sendiri biasanya diawali dengan mencabuti bulu ekornya. Dan jika kita biarkan maka MB akan mencabuti bulu-bulu lain. Misalnya di paha, dada, dan sayap. Tentu jika sudah terlampau parah waktu yang dibutuhkan untuk mengatasinya juga lebih lama. Jadi jika MB anda terindikasi mencabuti bulunya sendiri, segeralah diobati. Seperti yang sudah kami utarakan sebelumnya, penyebab murai batu mencabuti bulunya sendiri ada beberapa hal yaitu sebagai berikut :

  • Karena penyakit dalam
  • Karena kekurangan nutrisi/gizi
  • Karena over birahi (OB)
  • Karena mental yang drop
  • Karena iritasi penyakit pada kulit/bulu

Itulah beberapa penyebab MB mencabuti bulunya sendiri. Sekarang mari kita lebih lanjut membahas solusi atasi murai batu mencabuti bulunya sendiri. Di sini, kami hanya berbagi pengalaman. Jadi kalau ada yang kurang setuju mari kita diskusikan untuk memperoleh solusi terbaik.

Solusi Atasi Murai Batu Mencabuti Bulunya Sendiri


  1. Kurangi porsi jangkrik. Porsi jangkrik bisa anda kurangi menjadi 3 ekor di pagi hari, dan 3 ekor lagi di sore hari. Atau jika masih kurang, porsi jangkrik diubah menjadi 2 pagi, 2 sore.
  2. Hentikan EF untuk sementara. Jadi MB hanya diberi pakan voer dan jangkrik saja.
  3. Hentikan pemasteran untuk sementara.
  4. Gantang MB di ruang sendiri (isolasi sementara).
  5. Sangkar tidak usah dikerodong. Tetapi pastikan aman dari gangguan kupu putih, lebah, ngengat, atau serangga beracun lainnya.
  6. Hentikan pemandian dan penjemuran selama masa penyembuhan MB. 
  7. Lakukan cara-cara di atas dengan sabar dan tekun. Jangan pernah mengeluh, karena memang dibutuhkan waktu untuk kembali normal.
  8. Bahkan agar bulu-bulu MB kembali normal harus melalui proses mabung. 

Bagaimana pendapat anda sobat? Apakah sulit untuk mengobati MB mencabuti bulu sendiri? Asalkan dikerjakan dengan senang hati dan ikhlas, tidak ada yang berat bukan? Hehe. Selamat mencoba sobat, semoga berhasil.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Solusi Atasi Murai Batu Mencabuti Bulunya Sendiri. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Jangan lupa membaca artikel ini : CARA MEMASTER MURAI BATU ANAKAN PALING EFEKTIF
stats online users