Latest News

PROFIL LENGKAP KACER LUTUNG : SI HITAM MENAWAN

Kicaukan - Sobat kicaukan, apakah anda pernah melihat kacer lutung? Kacer lutung adalah salah satu jenis burung kicau yang berasal dari negara filipina. Kacer lutung merupakan burung endemik di filipina, dan saat ini menjadi burung yang dilindungi. Secara fisik,kacer lutung tidak berbeda jauh dengan kacer poci atau kacer dada hitam yang sering kita temui. Berdasarkan pengamatan, hanya ada sedikit perbedaan mencolok yaitu pada bagian ekornya. Nah untuk mengetahui lebih jelas tentang kacer lutung, mari kita baca tulisan profil kacer lutung si hitam menawan berikut ini.

PROFIL KACER LUTUNG SI HITAM MENAWAN
Kacer Lutung Niger / White-Vented Shama


Sebagai burung yang dilindungi, kacer lutung memang tidak ada di indonesia. Namun ada segelintir orang yang memiliki kacer berwarna hitam legam ini. Selidik punya selidik, ternyata ada isu bahwa kacer lutung sudah dikembangbiakkan di negara malaysia. Pada artikel profil kacer lutung si hitam menawan kali ini, kita akan membahas tentang dua jenis kacer lutung. Memang saat ini kacer dibagi menjadi dua spesies dengan perbedaan yang sedikit di antara keduanya. 

Profil Kacer Lutung dan Jenisnya :

1. Kacer lutung cebu atau black shama (Copsychus cebuensis)
Jenis kacer lutung pertama adalah kacer lutung cebu. Kacer lutung cebu memiliki ciri fisik yang hampir sama dengan kacer biasa. Ciri-ciri kacer lutung cebu adalah sebagai berikut :
  • Memiliki bulu berwarna hitam legam di seluruh tubuhnya.
  • Pada bagian ekornya juga hitam, termasuk bulu ekor bagian dalam.
  • Pada bulu bagian sayap semuanya berwarna hitam.
  • Habitatnya berada di filipina, tepatnya di pulau cebu.

2. Kacer lutung niger atau white-vented shama (Copsychus niger)
Jenis kacer lutung yang kedua adalah kacer lutung niger. Kacer lutung niger ini memiliki beberapa ciri fisik yang bisa kita amati, yaitu sebagai berikut :
  • Memiliki bulu berwarna hitam legam pada seluruh tubuhnya.
  • Pada bulu ekor bagian dalam, terdapat warna putih. Warna putih inilah yang membedakan kacer niger dengan kacer lutung cebu.
  • Pada bagian vent juga berwarna putih.
  • Habitat kacer lutung niger adalah di Pulau Palawan dan Balabac, Kepulauan Calaiman, dan wilayah barat Filipina.

Jika kita melihat kacer lutung dari belakang, maka sangat mirip dengan kacer poci biasa. Untuk suara kicauannya, memang harus diakui bahwa kacer poci memiliki suara yang lebih keras daripada kacer lutung. Karena kacer lutung bersuara cempreng, tetapi bisa ngerol juga. Bagaimana? Anda tertarik memiliki kacer lutung? Hehe.

PROFIL KACER LUTUNG SI HITAM MENAWAN
Kacer Lutung Cebu / Black Shama


Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang profil kacer lutung si hitam menawan. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Jangan lupa membaca yang ini juga sobat : MEMAHAMI KESIAPAN KACER SEBELUM LOMBA