Latest News

MEMAHAMI KESIAPAN KACER SEBELUM LOMBA

Kicaukan - Sobat kicaukan, pernahkah anda melihat lomba burung kacer? Pasti anda terperangah dengan serunya suasana lomba kacer tersebut. Belum lagi mendengarkan suara kicauan kacer yang saling bersahutan dan lantang. Ya, kacer memang burung kicau yang berkarakter fighter dan memiliki suara yang lantang/keras. Tetapi pernahkah anda berpikir, Bagaimana persiapan yang dilakukan untuk melombakan burung kacer?". Apakah kacer anda siap dilombakan? Beberapa pertanyaan mendasar tersebut harus anda ketahui jawabannya, agar anda tidak melakukan blunder pada kacer anda. Blunder yang dimaksud adalah memaksakan kacer untuk ikut lomba, padahal belum siap dalam beberapa hal. Tentunya anda harus memahami kesiapan kacer sebelum lomba agar penampilannya maksimal, terlebih jadi jawara.

MEMAHAMI KESIAPAN KACER SEBELUM LOMBA


Burung kacer yang dilombakan rata-rata sudah memiliki bekal yang cukup. Bekal yang cukup bagi burung kacer untuk siap lomba ada beberapa poin. Terkadang ada kacer mania yang melombakan kacernya karena sudah rajin bunyi dan gacor. Tetapi apakah hanya itu bekal yang harus dimiliki kacer sebelum ikut lomba? Tentu tidak, karena kacer harus siap dalam beberapa hal dan akan kita kupas pada kesempatan kali ini. Beberapa kasus menunjukkan kacer yang belum siap lomba namun dipaksa lomba, dan hasilnya kacer malah drop dan tak mau berkicau lagi. Inilah betapa pentingnya mengapa anda harus memahami kesiapan kacer sebelum lomba. Simak info berikut ini baik-baik, karena mungkin saja bisa menambah wawasan kita semua.

Secara garis besar, ada beberapa poin yang harus anda pahami dan amati tentang kesiapan burung kacer sebelum ikut lomba. Beberapa poin tersebut di antaranya adalah :

  • Kematangan umur kacer
  • Kematangan mental kacer
  • Kematangan performa/penampilan kacer
Ketiga poin di atas sangat berpengaruh pada penampilan kacer saat di lapangan/arena lomba. Intinya, anda harus mempersiapkan kacer anda dengan sangat baik sebelum memutuskan untuk ikut lomba. Tentu anda tidak ingin kacer yang sebelumnya gacor akan jadi pendiam dan drop mentalnya. 


1. Kematangan umur kacer
Tentu anda semua akan setuju jika saya katakan kacer yang siap lomba adalah kacer dewasa yang sudah cukup umur. Ya, karena jika kacer yang masih muda/bakalan namun dipaksa lomba, maka hasilnya akan mengecewakan dan berdampak buruk pada kacer itu sendiri. Kacer muda cenderung labil emosinya. Biasanya kacer muda akan gacor di awal laga, namun gembos di tengah-tengah jalan. Kacer gembos ditandai dengan beberapa perilaku seperti mbagong atau naik turun tangkringan. Lalu berapa umur kacer yang sudah siap lomba? Kacer dikatakan siap lomba jika sudah berumur 3-4 tahun. Kacer dewasa bisa diamati dari kakinya yang bersisik atau medang. Perbedaan kacer dewasa dengan kacer muda adalah ketenangannya. Kacer dewasa lebih tenang namun bagus dalam kicauan dan gayanya. Jadi anda tidak perlu terburu-buru melombakan kacer muda meskipun sudah gacor.

2. Kematangan mental kacer
Persiapan kedua yang harus anda perhatikan adalah kematanganmental kacer. Seiring dengan kematangan umur kacer, maka biasanya kematangan mentalnya juga akan bertambah bagus. Mental kacer pada saat lomba akan terlihat saat di tengah-tengah jalan. Kacer yang sudah matang secara mental akan menguasai lapangan dan mendominasi lomba. Untuk permulaan agar mental kacer semakin bagus, anda bisa mencoba gathering sebagai sarana pelatihan. Gathering diusahakan hanya diikuti oleh burung-burung kacer yang masih muda/sebaya. Nah, bagi anda yang ingin melatih mental bakalan kacer agar bagus, silakan baca tips lengkapnya di sini.

3. Kematangan performa/penampilan kacer
Kematangan performa di sini diartikan sebagai matang dalam bergaya saat mengikuti lomba. Memang setiap kacer memiliki gaya dan ciri khas sendiri saat berkicau di lapangan. Saat di lapangan lomba, kacer memiliki beberapa gaya di antaranya mengendap-endap/menunduk, meliuk-liuk, dan ada juga yang menggetarkan sayapnya. Yang paling penting adalah burung kacer tetap berada di tangkringan selama lomba, meskipun dengan gaya yang bermacam-macam. Penilaian dalam lomba kacer lebih diutamakan kacer yang mengelurkan seluruh isiannya dengan bervariasi dan tidak down saat melihat lawannya.

Ketiga poin di atas wajib anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk melombakan kacer jagoan anda. Sekali lagi, jangan terburu-buru melombakan kacer agar kacer anda sebelum benar-benar siap dalam segala hal. Bagaimana perawatan kacer sebelum lomba? Baca selengkapnya di sini. Yang justru harus anda lakukan adalah mengasah dan memperbaiki kacer anda sampai matang, dan baru dilombakan. Apakah anda setuju sobat? 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang memahami kesiapan kacer sebelum lomba. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Jangan lupa membaca yang ini juga sobat : CIRI-CIRI BAKALAN CIBLEK BERKUALITAS BAGUS