Latest News

SOLUSI HEBAT ATASI JALAK SUREN MEMECAHKAN TELURNYA SENDIRI

Kicaukan - Solusi atasi jalak suren memecahkan telurnya sendiriSobat kicaukan, pernahkah anda menangkar jalak suren (JS)? Apakah anda punya kedala dalam menangkarnya? Beberapa kendala pasti dialami saat menangkar jalak suren ini, karena JS memang terkenal dengan karakter yang susah ditebak. Terkadang cool dan "patuh" tetapi bisa juga berubah jadi ganas dalam sekejap. Butuh waktu untuk menangkar jalak suren jika ingin berhasil. Kasus yang paling sering adalah jalak suren yang memecahkan telurnya sendiri.

SOLUSI ATASI JALAK SUREN MEMECAHKAN TELURNYA SENDIRI


Dalam beternak/menangkar jalask suren dibutuhkan ketelatenan, kesabaran dan pengamatan yang baik. Kita hendaknya mengenal karakter indukan JS yang akan kita breeding untuk meminimalisir risiko kegagalan dalam beternak JS. Pada artikel sebelumnya telah kami sampaikan tentang cara beternak burung jalak suren agar berhasil. Tetapi memang semua tidak selalu sesuai dengan rencana dan angan-angan kita. Kadang ada kendala dalam beternak JS, termasuk JS yang memecahkan telurnya sendiri. Jalak suren yang memecahkan telurnya sendiri sebenarnya bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Untuk mengetahui lebih detil, simak artikel solusi atasi jalak suren memecahkan telurnya sendiri berikut ini. 

Jalak suren yang memecahkan telurnya sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Dan berikut ini adalah beberapa penyebab jalak suren memecahkan telurnya sendiri :
  • Birahi indukan JS yang terlalu tinggi (Over Birahi). Ini menjadi faktor penyebab mengapa JS memecahkan telurnya sendiri. Biasanya JS jantanlah yang suka memecahkan telur. Meskipun ada beberapa kasus indukan JS betina juga memecahkan telurnya sendiri.
  • Bertelur pertama kali. Bagi penangkar JS, saat JS betina bertelur pertama kalinya memang prosentase menetasnya masih 50:50. Karena biasanya indukan yang baru pertama kali bertelur akan merusak dan memcahkan telurnya sendiri.
  • Perkawinan yang dipaksa. Secara psikologis, JS yang belum siap kawin tetapi dipaksa kawin akan menunjukkan perilaku yang aneh, termasuk memecahkan telurnya sendiri.
  • Kondisi glodok yang terlalu panas. Ini bisa membuat birahi JS menjadi tinggi/over sehingga memecahkan telurnya sendiri.

Itulah beberapa penyebab/faktor kenapa JS memecahkan telurnya sendiri. Sekarang kita menuju ke topik awal yaitu solusi atasi jalak suren menecahkan telur sendiri. Berdasar pengalaman dan ilmu dari forum kicaumania.

solusi atasi jalak suren memecahkan telurnya sendiri :


1. Amati indukan JS jantan dan betina. 
Pengamatan induka JS jantan dan betina wajib anda lakukan. Ini bertujuan untuk mengetahui JS mana yang hobi memecahkan telurnya. Biasanya indukan JS jantanlah yang suka memecahkan telur.

2. Pisahkan/indukan JS jantan dari JS betina.
Memisahkan indukan JS jantan dari JS betina di sangkar yang terpisah, namun masih dalam satu kandang penangkaran. Ini bisa anda lakukan saat hari pertama indukan JS betina bertelur. Setelah dipisahkan, anda bisa mengamati perkembangannya.

3. Kurangi pemberian EF
EF seperti jangkrik memang sangat penting bagi JS yang sedang kawin/bertelur. Tetapi jika JS menunjukkan perilaku memecah telur sendiri, maka anda bisa mengurangi porsi EF. Karena over birahi bisa menyebabkan perilaku merusak/memecahkan telur.

4. Buat glodok senyaman mungkin
Perilaku memecah telur sendiri pada JS bisa juga disebabkan karena kondisi glodok terlalu panas. Untuk itu jika memang terlalu panas anda bisa memberikan kesejukan baru, misalnya dengan menambah pohon-pohon yang rindang agar lebih sejuk.

5. Gunakan indukan lain untuk mengerami
Solusi ini bisa anda lakukan jika indukan JS jantan dan betina suka memecah telurnya sendiri. Anda bisa memindahkan telur ke indukan lain yang sedang mengeram/angrem agar untuk dierami.

6. Ganti pasangan
Solusi lain adalah anda mengganti pasangan JS yang akan dibreeding. Ini bisa anda lakukan jika ada alternatif indukan JS lain yang lebih baik.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang solusi atasi jalak suren memecahkan telurnya sendiri. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : PERAWATAN ANIS MERAH SAAT MABUNG/MOLTING YANG BENAR