Latest News

TEKNIK TERAPI MANDI MALAM BAGI BURUNG KICAU YANG BENAR

Kicaukan - Teknik terapi mandi malam bagi burung kicau yang benar wajib anda ketahui. Karena jika anda salah dalam melakukannya, burung kicau kesayangan anda justru akan stress. Ya, meskipun mandi adalah hal yang biasa bagi burung kicau, tetapi mandi malam sedikit berbeda dan harus dilakukan dengan teknik yang benar. Pada kesempatan sebelumnya kami telah berbagi artikel tentang manfaat mandi malam bagi burung kicau. Kali ini kita akan lebih spesifik pada teknik pemandiannya.

TEKNIK TERAPI MANDI MALAM BAGI BURUNG KICAU YANG BENAR


Secara garis besar, teknik memandikan burung kicau di malam hari cukup mudah. Dan kami yakin sobat kicaukan pasti sudah sangat paham dengan terapi mandi malam ini. Tetapi apa salahnya jika kami berbagi ilmu kepada anda, khususnya kicaumania muda yang masih butuh ilmu sebanyak-banyaknya. Seperti yang telah kami sampaikan, mandi malam bagi burung kicau sangat bermanfaat karena dapat membuat burung kicau jadi gacor dan ngeplong. Sebelum menuju ke teknik terapi mandi malam bagi burung kicau yang benar, silakan dibaca artikel sebelumnya biar lebih jelas.

Teknik Terapi Mandi Malam Bagi Burung Kicau Yang Benar :

  1. Burung dimandikan pada jam 9 malam atau jam 10 malam.
  2. Untuk kacer dan murai batu yang masih bakalan, jangan dimandikan di malam hari dulu. Barulah saat dewasa boleh dimandikan di malam hari.
  3. Teknik pemandian disesuaikan dengan kebiasaan dan kesukaan burung kicau anda. Misalnya sudah biasa dengan semprot, maka dengan semprot. Jika terbiasa mandi di karamba, maka siapkan karamba berisi air agar burung mandi sendiri.
  4. Durasi mandi biasanya maksimal 1 jam. Tetapi jika burung kicau anda biasa mandi selama 30 menit, maka jangan dipaksakan mandi lebih lama.
  5. Setelah terapi mandi malam selesai, burung segera diangin-anginkan.
  6. Sambil diangin-anginkan, anda bisa berikan pakan kesukaan burung kicau anda. Misalnya jangkrik untuk MB dan kacer, cacing tanah untuk anis merah dan anis kembang.
  7. Jika bulu sudah mulai kering, segera kerodong burung kicau anda sampai pagi.
  8. Pada saat pagi buta, burung kicau segera diembunkan. Terapi embun adalah kombinasi yang tepat bagi terapi mandi malam. Keduanya dapat memaksimalkan performa burung kicau anda (gacor dan ngeplong).
  9. Untuk semakin berhasil, jangan lupa memberi multivitamin setiap minggu sebanyak 2-3 kali.
  10. Terapi mandi biasanya dilakukan jika burung kicau bermasalah, misalnya mbagong, OB.
  11. Terapi mandi juga biasa dilakukan saat burung akan ikut lomba. Sekitar 2 hari sebelum hari H.

Bagaimana sobat, cukup mudah bukan? Ini bisa anda lakukan jika anda ingin burung kicau anda gacor dan ngeplong. Atau jika burung kicau anda yang sebelumnya gacor tapi tiba-tiba mbagong dan macet bunyi. Selamat mencoba sobat, semoga berhasil.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Teknik terapi mandi malam bagi burung kicau yang benar. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.