Latest News

INILAH MANFAAT MANDI MALAM BAGI BURUNG KICAU TERLENGKAP

Kicaukan - Tahukah anda apa manfaat mandi malam bagi burung kicau? Mungkin sebagian kicaumania sudah tahu apa manfaat dan keuntungan yang diperoleh dari memandikan burung kicau di malam hari. Dalam dunia hobi burung kicau, ada beberapa jenis burung yang justru bagus jika dilakukan terapi mandi malam. Tetapi anda harus tahu jenis burung apa saja yang bagus jika mandi di malam hari, dan burung yang tidak boleh mandi malam hari. Bagi anda yang belum tahu, silakan simak artikel ini sampai akhir.

MANFAAT MANDI MALAM BAGI BURUNG KICAU
Ilustrasi


Jenis burung yang boleh dimandikan di malam hari antara lain burung anis kembang, anis merah, anis macan, anis cendana, kacer, murai batu, dan burung-burung yang termasuk keluarga turdidae. Sedangkan burung yang tidak boleh dimandikan di malam hari misalnya cucak hijau, lovebird, kenari, cucak jenggot dan lain-lain. Dan khusus untuk bakalan/anakan murai batu dan kacer, sebaiknya jangan dimandikan di malam hari karena bis menyebabkan stress. Sebelum kita menuju ke topik utama tentang manfaat mandi malam bagi burung kicau, mari kita simak syarat-syarat burung yang boleh dimandikan di malam hari.

Ada dua syarat utama burung kicau yang boleh dimandikan di malam hari, yaitu sebagai berikut :

  • Burung kicau harus dalam kondisi sehat/fit atau tidak sakit-sakitan.
  • Cuaca yang mendukung. Artinya jika cuaca panas, tidak turun hujan, dan tidak ada angin kencang. tetapi anda bisa menyiasatinya dengan dimandikan di dalam rumah dan tidak digantang di luar rumah.

Itulah beberapa persyaratan burung kicau boleh dimandikan di malam hari. Jika tidak memenuhi syarat di atas, maka justru akan membuat burung menjadi pilek/flu dan stress.

Manfaat mandi malam bagi burung kicau


  1. Mandi malam dapat membantu membersihkan kotoran pada bulu burung. Misalnya dari kotoran/feces, kutu, dan debu yang menempel pada bulu.
  2. Mandi malam dapat membuat burung kicau menjadi segar dan bugar.
  3. Mandi malam sebagai terapi bagi burung yang mengalami over birahi (OB).
  4. Mandi malam dapat membuat burung kicau semakin gacor.
  5. Mandi malam dapat membuat suara kicauan burung semakin keras/lantang (biasa disebut ngeplong).

Mandi malam merupakan salah satu terapi yang biasa dilakukan oleh para kicaumania di seluruh indonesia, bahkan dunia. Karena memang manfaatnya begitu besar bagi burung kicau itu sendiri. Nah, sudahkah anda mencoba melakukan terapi mandi malam bagi burung kicau? Jika belum, silakan mencoba.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang manfaat mandi malam bagi burung kicau. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : SOLUSI HEBAT ATASI JALAK SUREN MEMECAHKAN TELURNYA SENDIRI