Latest News

TIPS MERAWAT LOVEBIRD MUDA AGAR RAJIN BERKICAU

Kicaukan - Kali ini kami akan berbagi tips merawat lovebird muda agar rajin berkicau. Banyak lovebirdmania yang bertanya, "Apakah bisa lovebird muda rajin berkicau?." Tentu tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, termasuk membuat lovebird remaja rajin bunyi. Memang tidak semudah merawat lovebird dewasa, tetapi ada beberapa hal penting yang bisa sobat lakukan untuk memancing lovebird muda jadi rajin berkicau. Misalnya dengan mastering sejak dini atau dengan terapi-terapi unik yang akan kami sajikan untuk anda semua.

TIPS MERAWAT LOVEBIRD MUDA AGAR RAJIN BERKICAU
Lovebird Muda

Tips merawat lovebird muda agar rajin berkicau kali ini adalah buah dari pengalaman. Karena sesuai pengalaman, lovebird yang masih berumur 4 bulan biasanya masih dalam tahap "latihan" berkicau. Sebenarnya pada umur segitu, LB sudah bisa ngekek. Hanya saja suaranya masih putus-putus dan tidak maksimal. Dengan kondisi yang demikian, inilah tugas kita sebagai pemilik/perawat LB muda untuk melatihnya agar rajin bunyi, dan kelak saat dewasa tumbuh menjadi lovebird yang gacor/rajin berkicau. Sekedar informasi, harga lovebird remaja yang berumur 4 bulan (lokal/standar) berada di angkan Rp 200.000 - 300.000,-.Angka ini terbilang terjangkau bagi LB mania. Untuk mengetahui lebih jelas tentang harga burung lovebird terbaru 2014, silakan anda baca di sini.

Tips merawat lovebird muda agar rajin berkicau kali ini lebih mengedepankan terapi mandi yang mungkin tidak biasa. Selain itu, kita harus selalu menjaga stamin LB muda agar tetap fit. Karena mustahil LB akan berkicau jika tidak fit. Oke langsung saja sobat mari kita simak tips berikut ini.

Tips Merawat Lovebird Muda Agar Rajin Berkicau :

1. Pemberian pakan dengan takaran yang tepat
Setujukah anda jika untuk membuat LB muda rajin berkicau harus diberi pakan yang berkualitas? Tentu anda setuju dengan pernyataan tersebut. Pasalnya, pakan yang berkualitas akan sebanding dengan LB yang dihasilkan. Untuk LB muda, hendaknya anda memberi pakan yang bervariasi. Berikut adalah beberapa jenis pakan yang bisa anda berikan secara bergantian kepada LB muda :
  • Milet putih
  • Milet merah
  • Kwaci
  • Hemp seed
  • Pelet
  • Biji-bijian berkecambah
  • Kangkung
  • Tauge
  • Jagung
  • Dan buah-buahan yang diberikan 1 atau 2 kali seminggu.
  • Multivitamin yang bisa dicampur ke dalam minuman LB.

2. Terapi Mandi Basah Kuyup
Cara yang pertama adalah dengan memandikan lovebird muda sampai basah kuyup. Banyak orang percaya mandi basah kuyup bisa mendongkrak stamina LB dan membuatnya rajin berkicau dan bersuara panjang. Dan untuk cara memandikan LB muda yang benar adalah sebagai berikut :
  • Mandikan LB muda sampai basah kuyup di pagi hari (sekitar jam 7 pagi). Tekniknya disesuaikan dengan kebiasaan masing-masing lovebird. Misalnya dengan karamba atau dengan sprayer. Yang terpenting adalah LB harus basah kuyup saat dimandikan.
  • Setelah dimandikan, anda bisa menjemurnya selama kurang lebih 3 jam (sampai jam 10 siang).
  • Setelah dijemur, angin-anginkan LB muda selama 10 menit saja.
  • Setelah diangin-anginkan, LB kembali disemprot sampai basah kuyup.
  • Kemudian dijemur lagi sampai jam 12 siang.
  • Setelah itu LB muda digantang di tempat yang teduh.
  • Sambil digantang, anda bisa memaster LB muda dengan suara mp3. Atau bisa juga dengan burung masteran asli. Untuk membaca lebih jelas tentang cara memaster burung kicau yang benar, silakan anda baca artikelnya di sini.

Dengan perawatan yang konsisten dan rajin, tentu tidak mustahil jika LB muda anda akan rajin berkicau. Kuncinya hanyalah perawatan yang tepat dan tekun untuk membuat LB rajin bunyi. Jadi jangan sampai malas sobat. 

3. Menjaga kebersihan sangkar LB
Sangkar yang jarang dibersihkan pasti akan kotor. Dan jika sangkar dalam keadaan kotor, maka segala jenis penyakit dan bakteri akan mudah menjangkit LB muda anda. Tak ada yang menyangkal bahwa LB yang rajin berbunyi adalah LB yang sehat/tidak sakit. Untuk itu, kita harus menjaga kebersihan sangkar secara rutin agar tidak ada bakteri yang menempel di sangkar. Belum lagi ada tungau/kutu yang setiap saat bisa bermigrasi ke Lb anda. Untuk menghilangkan kutu/tungau pada burung dengan cepat dan alami, silakan anda baca panduan lengkapnya di sini.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips merawat lovebird muda agar rajin berkicau. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Jangan lupa membaca yang ini juga sobat : Daftar Harga Burung Kicau Terbaru Juli 2014