Latest News

CARA AGAR ANIS MERAH CEPAT TELER PALING AMPUH

Kicaukan - Cara Agar Anis Merah Cepat Teler - Anis merah teler adalah idaman para pecinta anis merah. Anis merah (AM) gacor tentu akan sangat menyenangkan dan membuat kita puas sebagai pemiliknya. Anis merah/punglor merah meskipun kurang begitu diminati karena gampang "ngambek", tetapi masih banyak yang tetap memilih AM sebagai burung jagoannya. Anis merah teler sebenarnya masih dalam perdebatan. Bagi kicaumania, anis merah bisa teler karena dua hal. Pertama, karena memang sudah bawaan sejak lahir. Pendapat yang kedua adalah teler karena perawatan dan terapi yang tepat. Sebelum anda menjawabnya, mari kita simak bagaimana cara agar anis merah cepat teler.

CARA AGAR ANIS MERAH CEPAT TELER
Cara Agar Anis Merah Teler

Anis merah teler sebenarnya bisa disebabkan oleh 2 hal tersesbut. Pendapat yang pertama yang menganggap bahwa anis merah teler karena memang sudah bawaan sejak lahir memang benar. Trah dari anis merah memang sangat berpengaruh. Jika indukannya teler, anakannya pun bisa teler. Tetapi pendapat yang mengatakan bahwa anis merah teler karena perawatan dan terapi yang tepat juga tidak salah. Karena banyak merah mania yang membeli burung anis merah "biasa" lalu dirawat dengan tepat, dan akhirnya bisa teler juga. Satu hal yang pasti, perawatan yang baik dan tepat adalah hal wajib untuk anda lakukan. Yang baik semakin baik, yang belum baik menjadi baik. Hehe

Oke langsung saja kami akan berbagi tips agar anis merah teler. Anis merah teler full biasanya terjadi saat AM berumur 8 bulan. Sebelum umur tersebut, AM masih dalam proses berlatih.

Cara Agar Anis Merah Cepat Teler


1. Memberikan pakan yang berkualitas
Pakan anis merah harus berkualitas, dan itu wajib anda ketahui. Sebanyak apa pun pakan yang anda berikan tetapi tidak berkualitas, mustahil AM anda bisa teler. Pakan utama anis merah adalah voer dan buah. Voer yang berkualitas adalah voer yang baru yang kandungan nutrisinya masih full. Untuk itu anda harus mengganti voer paling tidak 2 hari sekali agar kualitas voer tetap terjaga. Jangan memberikan voer dalam jumlah banyak dan baru menggantinya setelah beberapa hari. Voer yang sudah terkena sinar matahari dan udara dalam waktu lama akan mengalami penurunan kualitas. Nutrisi dalam voer baru dan lama tentu juga sangat berbeda. Jadi usahakan voer untuk anis merah selalu baru. Ganti setiap hari akan lebih bagus.

Sedangkan untuk buah, usahakan memberi buah segar setiap hari. Buanglah buah yang sudah layu karena bisa menyebabkan gangguan saluran pencernaan pada AM. Jamur dan bakteri pada makanan bisa mempengaruhi kesehatan dan penampilan AM anda. Hanya anis merah yang sehat yang bisa teler.

2. Memberikan pakan tambahan yang berkualitas
Sama halnya dengan pakan utama, pakan tambahan anis merah pun juga harus berkualitas. Pakan tambahan (EF) anis merah adalah pakan yang biasa dimakan saat ia di alam liar. Seperti cacing tanah, jangkrik, serangga, dan juga kroto. Usahakan membersihkan lendir-lendir cacing sebelum anda memberikan pada AM. Berikan juga kroto yang baru dan bersih. Cacing tanah bermanfaat untuk menjaga kondisi birahi AM. Sedangkan jangkrik untuk meningkatkan birahi AM. Sedangkan kroto, untuk menambah energi AM. Ingat, berikan pakan yang berkualitas untuk mendapatkan AM yang berkualitas.

3. Memberikan terapi mandi dan jemur yang baik
Burung anis merah adalah burung yang gemar mandi dan membersihkan bulu-bulunya dari kotoran. Di alam liar, anis merah tinggal di pepohonan yang rendah dan rindang. Untuk itu anda pun juga harus merawat anis merah sebagaimana di alam liar. Berikan anis merah terapi mandi dan jemur setiap hari. Dengan mandi dan jemur yang tepat, anis merah bisa cepat teler. Untuk lebih jelas tentang perawatan anis merah yang baik dan benar, silakan baca tipsnya di sini.  

4. Memberikan perawatan yang baik
Perawatan secara umum di sini artinya anda harus memperhatikan aspek-aspek lain dalam merawat anis merah. Seperti menjaga kebersihan sangkar, memberikan multivitamin agar kondisinya tetap oke, dan menjauhkan AM dari gangguan hewan lain. 

5. Meningkatkan kualitas AM
Anis merah yang belum ngeplong dan belum teler, bisa diberikan terapi atau cara yang sederhana untuk membuatnya ngeplong dan teler. Pertama, dengan memperdengarkan suara burung AM lain yang sudah gacor, bisa dengan mp3 atau suara burung asli. Kedua, menempelkan anis merah betina di sangkar yang berbeda namun berdekatan. Ketiga, membawa anis merah ke arena lomba untuk mengasah mentalnya saja, bukan untuk ikut lomba.

Sobat kicaukan, anis merah bisa cepat teler jika anda merawatnya dengan baik. Kuncinya adalah perawatan yang tepat dan konsisten. Bukan hanya soal bawaan (trah) tetapi lebih kepada bagaimana kita merawatnya setiap hari.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara agar anis merah cepat teler. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter atau Google +. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Merawat Anis Merah Agar Ngeplong Tanpa Voer