CIRI-CIRI KACER JANTAN DAN BETINA TERLENGKAP

Klub Burung - Ciri-Ciri Kacer Jantan Dan Betina Terlengkap. Anda kacermania? Anda kesulitan membedakan ciri-ciri kacer jantan dan betina? Masalah ini kerap kali kita temui jika harus membedakan mana kacer anakan/trotolan jantan atau betina. Karena saat masih anakan/trotolan, kacer jantan dan betina lebih sulit dibedakan. Hal ini karena secara fisik hampir sama. Namun dengan penglihatan yang jeli, anda pasti bisa membedakan mana kacer trotolan jantan maupun betina. Karena pada kesempatan ini kami akan berbagi tips tentang ciri-ciri kacer jantan dan betina untuk anda. Memang belum terbukti 100% akurat, namun sudah banyak sekali kicaumania khusunya kacermania yang sudah melakukannya dan terbukti benar. Semoga apa yang akan kami sampaikan bisa bermanfaat untuk sobat kicaukan semua.

CIRI-CIRI KACER JANTAN DAN BETINA

Ciri-ciri kacer jantan dan betina bisa kita amati dari ciri fisiknya. Untuk kacer dewasa memang lebih mudah. Dan untuk membedakan kacer jantan dan betina yang masih anakan/trotolan, ada beberapa ciri fisik yang bisa dijadikan patokan/acuan. Berikut ini beberapa ciri fisik yang bisa anda amati untuk membedakan kacer anakan/trotolan jantan atau betina. Mulai dari paruh, kepala, bulu, atau katuranggannya (gaya berdirinya). Mari kita bahas satu persatu secara detil tentang cara membedakan kacer jantan dan betina. Tentu jika anda tepat dalam memilih bakalan kacer jantan anda tak akan kecewa. Karena kacer jantanlah yang rajin berkicau/gacor. Burung kacer/poci memang termasuk dalam kategori burung kicau mahal dan eksklusif. Harga kacer anakan/trotolan saja sudah di atas Rp300.000,-. Tentu harga segitu sebanding dengan kicauan dan gaya khas dari kacer yang gemar ngobra.

Ciri-Ciri Kacer Jantan Dan Betina


1. Dilihat dari paruhnya
Untuk membedakan kacer jantan dan betina yang masih anakan/trotolan, anda bisa mengamati dari paruhnya. Untuk anakan kacer jantan, pada bagian bawah paruhnya (yang berbentuk huruf “ Λ “) berwarna hitam. Bentuknya pendek dan tebal. Sedangkan anakan kacer betina, warna paruhnya berwarna putih atau abu-abu.

2. Dilihat dari kepalanya
Cara kedua yang bisa anda gunakan sebagai acuan untuk membedakan kacer anakan jantan atau betina adalah dari kepalanya. Kacer anakan/trotolan jantan memiliki bentuk kepala yang persegi dan rata. Sedangkan betina terlihat sedikit bulat.

3. Dilihat dari bulunya
Untuk menambah bukti, anda bisa juga melihat warna bulu pada anakan kacer. Untuk anakan kacer jantan, warna bulu pada bagian punggung dan sayapnya adalah hitam gelap/legam. Sedangkan anakan kacer betina biasanya memiliki warna bulu yang hitam namun sedikit abu-abu bahkan cenderung coklat. Jadi kacer trotolan jantan memiliki warna hitam yang lebih tegas/jelas.

4. Dilihat dari gaya berdirinya/katuranggan
Cara yang terakhir untuk membedakan ciri-ciri kacer jantan dan betina trotolan adalah dilihat dari gaya berdirinya. Disebut juga katuranggan. Untuk anakan kacer jantan, saat berdiri terlihat lebih tegap dengan dada bidang dan ramping. Sedangkan untuk anakan kacer betina, bentuk tubuhnya bulat sehingga saat berdiri terlihat gemuk/bulat. Sebagian kacermania yang sudah memahami kacer juga mengatakan bahwa ada blackspot (titik hitam) pada lidah anakan kacer jantan.

Memang saat kacer masih anakan/trotolan sedikit sulit dibedakan jenis kelaminnya. Namun berbekal informasi di atas setidaknya bisa memberikan sedikit referensi untuk anda. Anda harus teliti memilih kacer trotolan jika tak ingin kecewa sesudahnya. Selamat Mencoba, Semoga Berhasil.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang ciri-ciri kacer jantan dan betina. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!
Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Baca juga yang ini  : Sangkar Burung Variasi

Ciri-Ciri Kacer Jantan Dan Betina

stats online users