Latest News

BURUNG CENDET MANJA? INI SOLUSINYA

Kicaukan - Burung Cendet Manja? Ini Solusinya. Burung cendet atau burung pentet adalah salah satu jenis burung kicau yang berkarakter petarung (fighter) yang memiliki suara yang keras dan mantap. Burung pentet/cendet merupakan burung predator yang gemar makan serangga seperti jangkrik dan belalang. Cendet juga doyan makan ikan-ikan kecil, kadal, atau orong-orong sekalipun. Namun pernahkah cendet anda manja? Bisa saja cendet manja karena rawatan kita yang kurang tepat. Jika cendet masih manja, maka ia takkan mau berkicau dengan maksimal. Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara mengatasi cendet manja.

BURUNG CENDET MANJA

Burung Cendet Manja bukanlah hal baru bagi cendetmania. Ada beberapa faktor yang membuat cendet manja meskipun umurnya sudah cukup dewasa. Umumnya, pentet tidak akan manja lagi saat berumur 8 bulan. Namun jika rawatan kita kurang tepat/cocok cendet bisa tetap manja. Ada beberapa rawatan yang membuat cendet menjadi manja, misalnya pemberian pakan yang tidak teratur, pakan yang kurang variatif, dan karena kekurangan nutrisi. Burung cendet adalah burung predator yang memiliki kaki yang kuat untuk mencengkeram mangsanya. Untuk itu pastikan anda tidak hanya memberikan jangkrik, tetapi berikan pakan lain seperti belalang, ikan keci, atau orong-orong.

Cara Mengatasi Cendet Manja


1. Gantang cendet di tempat yang sepi
Cara ini bisa anda lakukan karena dengan menempatkan cendet di tempat yang sepi, praktis cendet tidak akan lagi bermanja karena tak ada orang di sekitarnya. Berbeda jika kita gantang di tempat ramai, maka cendet akan selalu bermanja-manja.

2. Semprot dengan air dingin
Cara ini cukup ekstrem namun banyak yang berhasil menghilangkan sifat manja pada cendet dewasa. Bagaimana caranya? berikut ini langkah yang bisa anda lakukan :
  • Isi penyemprot/sprayer dengan air dingin.
  • Kemudian dekati cendet anda yang manja.
  • Jika cendet langsung miyik dan turun untuk bermanja-manja, semprotlah dengan sprayer tadi.
  • Lakukan cara ini setiap kali anda melihat cendet anda manja. Cara ini akan membuat cendet trauma dan tak manja lagi.
  • Dalam beberapa hari cendet tak lagi manja.
  • Untuk mengembalikan mental cendet yang drop karena trauma, kerodong cendet selama beberapa hari dan ditempat di area yang sepi.
  • Amati perkembangannya. Jika cendet sudah tidak manja lagi maka buka kerodong dan gantang di tempat biasa.
  • Berikan pakan kadal kecil, jangkrik, atau orong-orong untuk mengembalikan naluri predatornya.


Cara Mencegah Cendet Manja

Setelah cendet anda tak lagi manja, maka anda harus melakukan pencegahan agar sifat manjanya tak kambuh lagi. Caranya dengan perawatan berikut ini :
  1. Berikan pakan hidup yang bervariasi. Usahakan tidak memberikan jangkrik saja, tetapi cobalah berikan kadal kecil, belalang, atau orong-orong hidup. Cara ini bisa menjaga sifat predator cendet.
  2. Rutin mandi setiap pagi hari. Usahakan anda selalu memandikan cendet di pagi hari. Setelah itu dijemur selama sekitar 3 jam. Cendet sangat suka dengan sinar matahari.
  3. Jangan lupa berikan pakan dan multivitamin yang berkualitas bagus untuk mendongkrak performa cendet. Cek pakan burung dan obat burung berkualitas DISINI.

Jika cendet tidak manja maka cendet gacor dan menunjukkan karakter petarungnya. Namun jika sampai manja, cendet akan seperti piyik yang mengepak-ngepakkan sayapnya. Selamat Mencoba Cendetmania.!!!

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara mengatasi cendet manja. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Baca juga yang ini  : Perawatan Kenari Saat Musim Hujan

Mengatasi Cendet Manja