Latest News

POLA PERAWATAN AGAR MENTAL BURUNG CENDET TETAP BAGUS

Kicaukan - Pola Perawatan Agar Mental Burung Cendet Tetap Bagus - Cendet mania, apakah burung cendet/pentet kesayangan anda bermental bagus? Salah satu ciri utama cendet bermental bagus adalah tidak drop atau down mentalnya saat didekati oleh manusia. Atau bisa juga dinilai dari keberaniannya untuk selalu berkicau meskipun berada di tempat yang ramai. Umumnya, cendet yang bermental buruk tidak akan berperilaku demikian. Bahkan ada cendet yang berkicau saat sepi (tidak ada orang atau burung lain) saja, dan saat didekati atau didekatkan dengan burung kicau lain langsung macet/diam. Untuk menjaga mental cendet agar tetap bagus maka kita harus melakukan pola perawatan yang benar. Dan pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai pola perawatan agar mental burung cendet tetap bagus.

Mental cendet yang bagus akan sangat berpengaruh pada performa cendet itu sendiri. Jika cendet mempunyai mental bagus dan sudah gacor, tentu cendet tersebut adalah cendet jawara yang banyak dilirik cendet mania. Tetapi sebelum kita membahas lebih detil tentang pola perawatan agar mental burung cendet tetap bagus, mungkin anda tertarik membaca beberapa artikel tentang cendet berikut ini :

Setelah membaca artikel-artikel tentang cendet di atas, marik kita membahas topik utama yaitu pola perawatan agar mental burung cendet tetap bagus. 

POLA PERAWATAN AGAR MENTAL BURUNG CENDET TETAP BAGUS

Pada dasarnya hampir sama dengan perawatan harian. Tetapi ada beberapa poin yang sepele namun cukup berpengaruh pada kekuatan mental cendet. Berikut ini pola perawatan agar mental burung cendet tetap bagus :
  1. Untuk tempat pakan (cepuk pakan) usahakan jangan sampai diubah posisi dan letaknya. Perubahan posisi tempat pakan cukup berpengaruh bagi mental cendet, meskipun tidak semua cendet sama.
  2. Dalam menggantang cendet, usahakan bervariasi. Artinya setiap hari selalu dipindah lokasi gantangan, agar cendet tidak jenuh. Dan akan lebih baik lagi jika dipindah ke lokasi yang lebih ramai secara bertahap. Ini akan melatih mental cendet.
  3. Untuk tangkringan, sebaiknya anda tidak merubah posisi tangkringan dan juga bentuknya. Biarkan tangkringan seperti awal, kecuali rusak atau tidak layak lagi.
  4. Tidak ada salahnya jika anda mendekatkan cendet satu dengan cendet lain. Tetapi pastikan mental cendet anda sudah terbentuk sehingga tidak drop saat bertemu cendet lain.
  5. Kerodong bisa anda gunakan, tetapi yang transparan dan warnanya bervariasi (beraneka ragam).
  6. Untuk lebih menaikkan mental cendet, anda bisa memelihara cendet lain yang mentalnya lebih lemah/buruk sebagai "pancingan."
  7. Ajak jalan-jalan cendet anda keluar rumah/jalan ramai atau sekitar arena lomba. Sebagai awalan anda bisa memakaikan kerodong yang transparan/tipis disesuaikan dengan kondisi cendet. Jika sudah kuat mentalnya, bawalah jalan-jalan tanpa kerodong. 

Cara-cara di atas tidaklah mutlak harus dilakukan, karena cara di atas adalah pengalaman pribadi cendet mania yang sudah mempraktikkan, tetapi tidak wajib untuk diikuti. Semua kami serahkan sepenuhnya kepada sobat kicaukan. Hehehe...

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Pola Perawatan Agar Mental Burung Cendet Tetap Bagus. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : CARA MERAWAT EKOR MURAI BATU AGAR BAGUS.