Latest News

CARA MERAWAT CENDET MABUNG YANG BENAR

Klub Burung - Cara Merawat Cendet Mabung Yang Benar. Anda punya cendet/pentet yang sedang mabung? Cendet mabung atau molting adalah proses alami yang pasti akan dilalui oleh setiap unggas termasuk burung cendet. Mabung/molting/ngurak adalah proses pergantian bulu lama dengan yang baru. Saat mabung bulu cendet yang lama akan rontok dan akan tumbuh kembali dengan bulu yang baru dan bagus. Cendet mabung sebenarnya bisa membuat cendet lebih gacor dan rajin berkicau jika proses mabungnya lancar. Untuk itu dibutuhkan cara merawat cendet mabung yang benar. Dan pada kesempatan ini kami akan berbagi tips tentang bagaimana cara merawat burung cendet saat mabung/molting secara lengkap dan jelas. Kami juga sudah berbagi tips memulihkan kondisi cendet pasca mabung. Simak tips berikut dengan saksama sobat.

CARA MERAWAT CENDET MABUNG YANG BENAR

Perawatan Cendet Mabung sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan burung kicau lainnya. Misalnya kenari mabung, ciblek mabung, cucak jenggot mabung, kenari mabung, anis merah mabung, anis kembang mabung, cucak ijo mabung, dan lain-lain. Saat mabung kebutuhan cendet akan protein dan nutrisi lain sangat banyak dan berlipat-lipat dari hari biasanya. Cendet yang sedang mabung biasanya akan banyak diam dan manja. Selain nutrisi yang cukup, cendet mabung juga membutuhkan tempat yang nyaman, tenang, dan aman. Namun sebaliknya jika anda tak merawat cendet mabung dengan tepat dan benar, maka setelah mabung cendet akan berubah menjadi burung manja dan performanya menurun. Kesalahan dalam merawat cendet mabung sudah banyak dilakukan oleh cendetmania. Untuk itulah anda sebaiknya memahami betul bagaimana cara merawat cendet saat mabung yang benar.

Cara Merawat Cendet Mabung Yang Benar


1. Pakan Cendet
Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam perawatan cendet mabung adalah pakannya. Pakan sangat berperan dalam sukses tidaknya mabung. Anda bisa memberikan pakan berupa voer harian yang dicampur dengan voer ayam broiler (BR1). Paduan pakan ini bisa membuat bulu cepat rontok sehingga proses mabung berlangsung lebih cepat. Kandungan protein di dalam kedua voer memang cukup tinggi. Anda bisa membuat takaran 50:50.

2. Pakan Tambahan
Pakan tambahan atau biasa disebut EF untuk cendet mabung adalah jangkrik. Jangkrik mengandung protein dan nutrisi yang tinggi yang bisa mencukupi kebutuhan cendet. Pada saat mabung anda bisa memberikan jangkrik 6 ekor di pagi hari. Di sore hari berikan lagi jangrik 6 ekor. Atau anda juga bisa memberikan ulat hongkong (UH) sebanyak 5-10 ekor di pagi dan sore hari. Pemberian kroto juga bagus untuk cendet mabung, yaitu bisa diberikan setiap hari selama cendet mabung. Cacing tanah juga bisa anda berikan 2 kali seminggu sebanyak 1-2 ekor. Secara umum EF yang diberikan mengandung protein tinggi.

3. Mandi dan Jemur
Jika biasanya cendet mandi setiap hari, maka saat masa mabung sebaiknya anda tidak memandikan cendet dulu. Mandi hanya diberikan jika bulu lama rontok semua, dan sudah muncul tunas bulu-bulu baru. Begitu juga dengan jemur, anda tak perlu menjemur cendet yang sedang mabung. Karena sinar matahari bisa menghambat pertumbuhan bulu-bulu baru. Jadi mandi dan jemur hanya dilakukan jika cendet sudah memiliki tunas bulu-bulu baru.

4. Multivitamin
Pertanyaannya, "Apakah perlu memberikan multivitamin untuk cendet yang sedang mabung?" Jawabannya adalah "Perlu." Karena belum tentu pakan yang kita berikan bisa mencukupi kebutuhan nutrisi bagi cendet yang sedang mabung. Multivitamin merupakan elemen penting bagi pertumbuhan bulu cendet dan juga kesehatan cendet. Anda bisa membaca dan memilih aneka macam multivitamin burung di Toko Kami.

5. Kondisi lingkungan
Faktor lain yang juga bisa memperngaruhi proses mabung cendet adalah lingkungan. Saat cendet mabung, pastikan lingkungan nyaman, aman, dan tenang. Bila perlu, tempatkan cendet di ruangan tersendiri yang jauh dari burung-burung lain agar fokus melewati masa mabungnya. Full kerodong adalah cara yang pas untuk membuat cendet merasa tenang dan nyaman.

6. Mastering
Saat cendet mabung, anda bisa memaster cendet. Karena saat cendet mabung, ia akan lebih banyak diam. Dan saat inilah waktu yang tepat untuk memaster cendet anda. Pastikan suara masteran sesuai dengan karakter suara burung cendet. Jika anda memaster dengan tepat maka cendet akan memiliki banyak variasi kicauan.

Kesimpulan dari tips di atas adalah bahwa cendet mabung membutuhkan perawatan ekstra dan konsisten. Baik dalam hal pakan, rawatan, mandi jemur, mastering, dan juga lingkungan. Pastikan anda melakukan tips-tips di atas agar cendet mabung dengan sempurna dan cendet gacor setelah mabung selesai. Selamat Mencoba, Semoga Berhasil.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara merawat cendet mabung. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Baca juga yang ini  : Ragam Jenis Burung Cipoh Terlengkap

Perawatan Cendet Mabung