RAGAM JENIS BURUNG CIPOH TERLENGKAP

Kicaukan - Ragam Jenis Burung Cipoh Terlengkap. Burung cipoh/cipo/sirtu/sirpu atau nama ilmiahnya common iora adalah salah satu burung kicau yang merupakan endemik di Asia Tenggara termasuk Indonesia, Filipina, dan Malaysia. Burung cipoh memiliki postur yang tidak terlalu besar, karena hanya berukuran 13-14 cm saja. Burung cipoh ini memiliki suara kicauan yang merdu, meskipun peminatnya masih terbilang sedikit. Tahukah anda apa saja ragam jenis burung cipoh? Pada kesempatan ini kami akan berbagi informasi mengenai ragam jenis burung cipoh terlengkap untuk anda.

RAGAM JENIS BURUNG CIPOH

Jenis burung cipoh menurut data akurat adalah 4 jenis. Burung cipoh mulai sulit ditemukan karena banyaknya perburuan liar yang tak terkendali. Sebagai kicaumania sejati, hendaknya kita selalu menjaga kelestariannya dengan cara menangkar burung, seperti burung cipoh. Saat ini banyak kicaumania yang menangkar beberapa jenis burung, seperti lovebird, cucak hijau, kenari, murai batu, jalak suren, kacer/poci, dan lain sebagainya. Tetapi ada baiknya kita mengenal dulu beberapa macam jenis burung cipoh berikut ini. Burung cipoh ini memiki warna dasar hijau zaitun yang khas. Mari sobat langsung saja kita kupas satu-persatu jenis cipoh agar lebih jelas.

1. Cipoh Jantung
Cipoh jantung memiliki nama ilmiah green iora atau Aegithina viridissima. Burung cipoh jenis ini memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil yaitu 13 cm saja. Ciri fisiknya antara lain warna bulu di tubuhnya hijau tua, terdapat garis putih pada sayapnya. Cipoh jantung jantan berwarna hijau dan bagian atasnya lebih gelap. Sedangkan cipoh jantung betina hijau gelap, dan garis pada sayapnya berwarna putih kekuningan. Suara kicauan cipoh jantung merdu dan nyaring. Penyebaran cipoh jantung ini paling banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia.

2. Cipoh Ekor Putih
Di dunia, cipoh ekor putih disebut white tailed iora, marshall's iora atau nama ilmiahnya Aegithina nigrolutea. Cipoh jenis ini memiliki garis tepi berwarna putih pada bulu ekornya. Secara sekilas cipoh ekor putih ini sama seperti cipoh kacat. Tetapi setelah diteliti, terdapat perbedaan pada bulu, suara, dan morfologinya. Cipoh ekor putih ini terdapat di India dan Sri Lanka. 

3. Cipoh Kacat
Cipoh kacat adalah jenis cipoh yang paling sering kita temui. Cipoh kacat memiliki nama latin Aegithina tiphia atau common iora. Sekilas hampir mirip dengan cipoh ekor putih, tetapi spesiesnya berbeda. Ada beberapa ciri cipoh kacat yang bisa kita amati, di antaranya sebagai berikut :
  • Panjang tubuh sekitar 14 cm.
  • Warna bulu bagian atas hijau zaitun.
  • Warna bulu bagian bawah berwarna kuning.

Sayapnya berwarna hijau dan kuning dengan dua garis putih yang jelas.
Di Indonesia, cipoh kacat ini bisa dikatakan paling populer. Karena mayoritas jenis cipoh yang dipelihara di rumah adalah cipoh kacat ini. Suaranya cukup merdu dan nyaring. Perawatan cipoh pun cukup mudah.

4. Cipoh Besar
Di antara jenis cipoh, cipoh besar atau great cipoh (Aegithina lafresnayei) adalah yang paling besar ukuran tubuhnya. Itulah mengapa cipoh jenis ini disebut dengan cipoh besar. Namun kita tak akan pernah menemukannya di Indonesia, karena hanya tersebar di negara-negara tetangga kita seperti Vietnam, Malaysia, Laos, Thailand, dan Kamboja. Secara garis besar, suara kicauan cipoh besar sama dengan cipoh kacat. Namun temponya lebih cepat.

Tentu dengan adanya beberapa jenis cipoh kacat ini kita berharap mereka tetap lestari dan tak akan punah. Karena ini merupakan kearifan Tuhan YME kepada kita. Anda bisa membeli burung cipoh di berbagai pasar burung besar di wilayah Indonesia.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang ragam jenis burung cipoh. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

Jenis Burung Cipoh

stats online users