PAKAN JALAK SUREN MABUNG

Kicaukan - Pakan Jalak Suren Mabung Yang Bergizi. Jalak suren adalah salah satu burung kicauan yang banyak diminati dan ditangkar oleh sebagian kicaumania. Harga jalak suren yang cukup tinggi menjadi daya tarik bagi para penangkar untuk mencobanya. Banyak penangkar jalak suren yang sukses dan menghasilkan ratusan piyik jalak suren setiap bulan. Namun kali ini kami tidak akan membahas cara beternak jalak suren, karena kami sudah membahasnya. Kali ini kami akan berbagi pengalaman dan tips tentang cara membuat pakan jalak suren mabung. Mabung atau molting adalah masa sulit yang harus dialami setiap burung. Saat mabung, bulu lama akan rontok dan berganti dengan bulu yang baru. Dan saat mabung itulah jalak suren sangat membutuhkan nutrisi yang cukup dan terjamin. Untuk itu kita harus menyediakan pakan yang berkualitas bagus untuk memperlancar masa mabung JS. Salah satunya adalah membuat pakan khusus yang kita ramu sendiri untuk mencukupi nutrisi JS saat mabung.

PAKAN JALAK SUREN MABUNG

Jalak Suren Mabung adalah masa penentuan dimana jika proses mabungnya lancar maka setelah mabung jalak suren akan semakin bagus performanya dan jalak suren gacor. Sebaliknya, jika saat mabung pakan yang kita berikan kurang mencukupi kebutuhannya maka mabung akan berlangsung lama dan JS akan turun performanya. Kami akan berbagi tips membuat ransum untuk jalak suren yang sedang mabung. Tentunya dengan tujuan JS mandapatkan gizi yang cukup saat mabung. Berikut ini adalah pakan alternatif yang bisa anda berikan pada JS anda yang sedang mabung/molting.

TELUR AYAM UNTUK RAMUAN PAKAN BURUNG
Telur Penting Untuk Kebutuhan Nutrisi Burung

Cara Membuat Pakan Jalak Suren Mabung


Bahan-Bahan :
  • Tepung tulang ikan atau bisa juga menggunakan minyak ikan.
  • Tepung daging sapi.
  • Voer ayam
  • Tepung kacang tanah
  • Tepung udang
  • Telur ayam/bebek

Cara Membuat Ransum JS Mabung :
  1. Campurkan bahan-bahan seperti tepung tulang ikan, tepung daging sapi, tepung kacang tanah, dan tepung udang dalam satu wadah.
  2. Aduk-aduk semua bahan sampai benar-benar tercampur rata.
  3. Kemudian pecahkan telur dan ditaruh dalam wadah lain.
  4. Kocok telur sampai berbusa.
  5. Kemudian masukkan kocokan telur ke dalam campuran bahan-bahan di wadah pertama.
  6. Aduk-aduk agar telur dan bahan tepung tercampur rata.
  7. Setelah itu adonan diangin-anginkan saja agar kering (jangan dijemur di bawah sinar matahari).
  8. Lalu panaskan sedikit minyak goreng dengan api kecil. Minyak goreng hanya untuk mencegah pakan menempel di wajan. Jadi sedikit saja minyaknya.
  9. Kemudian adonan pakan disangrai sampai kering.
  10. Angkat dan dinginkan.
  11. Masukkan pakan ke dalam wadah dan bisa anda berikan kapan saja pada JS mabung.
  12. Pakan ini juga bisa diberikan pada burung jalak kerbau, beo, jalak nias, jalak putih dan ras jalak.

Dengan komposisi pakan yang demikian, asupan nutrisi jalak suren yang sedang mabung bisa tercukupi. Kandungan protein yang tinggi sangat dibutuhkan oleh burung mabung. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah dan cepat. Perawatan harian JS juga harus anda perhatikan. Dapatkan pakan burung yang bagus dan berbagai macam obat-obat penyakit burung di Toko Pakan Burung kami. Selamat Mencoba.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara membuat pakan JS mabung. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Baca juga yang ini  : Jangan Lakukan Ini Pada Kenari YS

Pakan Jalak Suren Mabung

stats online users