CARA MEMILIH SOGOK ONTONG FIGHTER DI OMBYOKAN PALING MUDAH

CARA MEMILIH SOGOK ONTONG FIGHTER DI OMBYOKAN

Halo sobat kicaukan, jumpa lagi dengan saya di sini. Gimana kabarnya hari ini, apakah masih suka dengan burung? Tentunya suka dong ya, namanya juga hobi. Oke teman teman semua, kali ini kita akan bahas salah satu topik yang menarik tentang burung sogok ontong yang fighter. Burung sogok ontong saat ini menjadi idola baru di kalangan kicaumania karena semakin banyak yang memeliharanya. 

Cara memilih sogok ontong fighter di ombyokan


Cara memilih sogok ontong fighter di ombyokan adalah satu pertanyaan yang akan kita bahas saat ini. Burung sogok ontong atau sogon/sriganti, atau canting adalah burung pemakan nektar yang memiliki warna bulu kuning di bagian dada, dan hijau pada bagian punggung. Untuk jantan, burung sogon ini memiliki warna hitam metalik pada wajah sampai dengan leher. Sedangkan untuk betina, tidak ada warna metaliknya. Burung sogon dewasa jantan disebut full metalik atau sudah nopeng. Namun saat masih muda biasanya dimulai dari nitik/mletik, kemudian trotol. Nah burung sogok ontong ini memiliki suara kicauan yang khas yaitu ngeriwik kemrecek seperti kaset, kemudian juga bisa mengeluarkan suara tembakan alasan. Suara burung sogok ontong sering dijadikan sebagai masteran burung kontes, misalnya kacer, murai batu, lovebird, cendet, atau cucak ijo.Namun sekarang burung sogon sudah dilombakan, sehingga banyak peminatnya.

Cara memilih sogok ontong fighter di ombyokan sebenarnya sangat mudah. Namun memang butuh pengalaman dan pengetahuan tentang sogok ontong. Terlebih jika kita memilih sogon yang masih ijoan, maka kita harus tahu cara membedakan sogon ijoan jantan dan betina dahulu. Cara membedakan sogok ontong ijoan jantan dan betina bisa kalian baca disini. Pasalnya cukup sulit membedakan sogon ijoan jantan dan betina, karena sogon termasuk burung monomorfik yaitu antara jantan dan betina memiliki kesamaan yang identik. Sama seperti pleci, trucukan, atau sirtu/cipoh. Karena kita akan membahas topik cara memilih sogon fighter di ombyokan, maka kita asumsikan bahwa sogonnya jantan semua dulu. Baru kemudian kita bahas karakter dan ciri sogon yang fighter.

Cara Memilih Sogon Fighter Prospek Bagus di Ombyokan

Untuk memilih sogon yang fighter dan prospek di ombyokan, perhatikan poin-poin berikut ini :

1. Pilih sogon yang dominan
hal pertama yang harus kalian perhatikan dalam memilih bahan sogon yang fighter adalah dari tingkah lakunya di ombyokan. Sogok ontong yang fighter akan menguasai area dimana ia berada. Artinya si sogon fighter akan mengusir sogon lain yang mendekat. Juga bisa dilihat dari cara ia minum, jika ia mengusir sogon lain yang sedang minum dan si sogon tersebut pergi maka ia juga bisa disebut fighter. Karakter asli sogon adalah burung teritorial artinya akan menjaga wialaynya dari sogon lain. Dan jika kalian menemukan sogon berkarakter petarung dan merajai ombyokan, maka segera semprot saja.

2. Pilih sogon yang berpostur panjang besar/big long
Cara kedua adalah mengamati dan memilih mana sogon yang berukuran jumbo atau big long. Ukuran postur sogon yang big long menjadi garansi bahwa ia memiliki suara yang kristal dan volumenya tembus. Jika diperhatikan, sogon yang berpostur big long pasti akan memiliki naluri fighter yang kuat. Karena secara fisik ukurannya lebih besar, jadi sangat mudah untuk merajai ombyokan.

3. Pilih sogon dengan sorot mata tajam
Hal ketiga adalah dengan melihat sorot matanya. Sogon yang fighter pasti memiliki sorot mata yang tajam dan sangar. Juga ditandai dengan ukuran bola mata yang besar yang agak melotot. Jika di ombyokan, sogon bermata tajam pasti akan selalu mengawasi sogon lain. Jika sekiranya sogon lain mengganggu, maka akan diusirnya. Bahkan ketika melihat manusia pun dia akan melotot dulu, tanpa takut.

4. Pilih sogon yang bunyi di ombyokan
Nah cara keempat adalah carilah sogon yang sering mengeluarkan bunyi di ombyokan. Biasanya burung sogon yang berani bunyi di ombyokan mentalnya sangat bagus. Bahkan jika sudah fighter, ia akan ngeriwik di ombyokan untuk mengusir sogon lain yang mendekat. gaya khas sogon saat mengusir sogon lain adalah dengan cara bunyi sambil ngobra.

Ngombyok sogok ontong memang sangat menantang, karena kita harus cermat dalam memilih. Kalau kita tepat memilih sogon bahan yang fighter maka kita akan puas. Dan pastinya sogon bahan tersebut akan cepat bunyi dan gacor. Demikian info dan pengalaman cara memilih sogok ontong fighter di ombyokan, semoga bermanfaat. Simak terus kicaukan untuk mendapat info seputar harga burung dan tips perawatan burung kicau.
Sumber : Blayangan TV
stats online users