Latest News

CARA MENJINAKKAN MURAI BATU LIAR PALING AMPUH

Kicaukan - Cara Menjinakkan Murai Batu Liar Paling Ampuh - Pada kesempatan sebelumnya kami telah berbagi info tentang penyebab mengapa murai batu muda hutan gampang stress, dan juga tips-tips tentang cara perawatan murai batu liar agar tidak stress. Ada satu hal lagi yang saya kira bermanfaat bagi sobat kicaukan semua, yaitu tentang cara menjinakkan murai batu liar.

Murai batu liar atau murai batu yang baru ditangkap dari hutan memang masih sangat giras dan mudah stress. Tanda-tandanya adalah beterbangan ke sana-kemari dan tidak mau makan. Untuk mengetahui lebih jelas tentang penyebab murai batu liar gampang stress, anda bisa membacanya di sini. Jika kondisi tersebut berlangsung lama, maka murai batu tersebut akan mati. Untuk itu perlu kiranya kami berikan informasi tentang cara menjinakkan murai batu liar pada kesempatan kali ini.

Cara Menjinakkan Murai Batu Liar Paling Ampuh

Sobat kicaukan, berikut ini beberapa cara menjinakkan murai batu liar paling ampuh yang bisa anda praktikkan di rumah :

1. Pengenalan voer
Untuk murai batu liar, makanan aslinya adalah jenis-jenis serangga seperti jangkrik, belalang, caing tanah, kroto, dan lain-lain. Untuk pengenalan, tumbuklah voer sampai halus dan taruh di dasar cawan/wadah pakan dan taruh kroto di atasnya tapi jangan diaduk dulu. Setelah kurang lebih 1 minggu, barulah kroto dicampur dengan voer halus dengan komposisi koroto lebih banyak. Anda bisa menambah komposisi voer halus sedikit demi sedikit. Nah, baru setelah murai batu mau makan voernya, anda bisa memisahkan antara voer dan kroto di tempat yang terpisah. 

2. Tahap pemandian
Untuk pemandian tahap awal, anda tidak perlu terburu-buru untuk segera memandikannya. Pemandian sebaiknya dilakukan saat MB sudah mulai tenang dan sehat, tanda-tandanya antara lain mata jernih, aktif, dan sehat. Sebagai langkah awal, anda bisa menaruh karamba/tempat mandi burung di dasar sangkar, dan semprotlah MB liar dengan spray. Tetapi ingat jangan sampai basah kuyup, cukup disemprot sedikit saja. Setelah disemprot tinggalkan saja, tidakperlu ditunggu. Sobat kicaukan bisa melakukan setiap hari sampai MB mau mandi sendiri di dalam karamba. Pada dasarnya, MB sudah memiliki naluri untuk mandi jika sudah merasa risih.

3. Tahap penjemuran
Setelah pemandian, anda juga sebaiknya menjemur MB agar tidak kedinginan. Untuk penjemurannya, lakukan di pagi hari sebelum matahari terbit. Tempatkan/gantung sangkar di tempat yang sekiranya akan terkena sinar matahari saat sudah terbit/memancar. Untuk lama penjemurannya, cukup 30 menit saja untuk tahap awal. Setelah beberapa hari tingkatkan lama waktu jemurnya mejadi 1 jam. Hal yang wajib anda perhatikan adalah jangan sampai MB anda terengah-engah dan kepanasan, karena itu bisa jadi adalah tanda heat stress. 

4. Pemberian extra food (EF)
Extra food (EF) pada dasarnya adalah makanan utama MB saat masih di hutan. Jadi tidak begitu sulit. Yang perlu anda perhatikan adalah cara pemberiannya agar MB cepat jinak. Saat pemberina EF usahakan anda menaruh sangkar di lantai dan anda bisa gunakan lidi untuk memberikan EF. 

5. Pengenalan di tempat yang ramai
Nah, yang ini tidak bisa dipastikan karena setiap MB liar mempunyai karakter masing-masing. Sebagai saran, anda sebaiknya mulai mengenalkan MB ke keramaian saat MB anda sudah terlihat tenang. Jangan terburu-buru menaruh di tempat yang ramai karena justru akan menambah stress.

6. Ngriwik
Kapan MB liar mulai ngriwik? Sebenarnya pertanyaan ini sulit untuk dijawab, karena semua itu tergantung dari kondisi MB liar itu sendiri. Biasanya, MB akan ngriwik/ngeplong saat ia sudah merasa tenang dan tidak stress lagi. Dan semua itu tergantung dari perawatan yang kita lakukan. Jadi yang penting MB liar makan dan minum saja dulu. Baru setelah tenang MB akan ngriwik secara naluri. 

Oke sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang beberapa cara menjinakkan murai batu liar paling ampuh, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau.

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter di bawah ini. Terima kasih.