Latest News

TIPS MERAWAT PRENJAK KEPALA MERAH AGAR CEPAT GACOR

Kicaukan - Tips Merawat Prenjak Kepala Merah Agar Cepat Gacor - Sobat kicaukan, jumpa lagi di blog kesayangan anda ini. Pernahkah anda mendengar burung prenjak kepala merah? Atau anda sudah memiliknya? Burung prenjak kepala merah adalah burung yang memiliki tubuh sekitar 10 cm dan terkenal dengan nama burung penjahit (common tailorbird) karena kemampuannya dalam menjahit dedaunan untuk dijadikan sarang.

Prenjak kepala merah masuk dalam family ciscitolidae dan cukup banyak diminati oleh pecinta burung kicau. Suaranya yang nyaring dan melengking adalah ciri khasnya. Prenjak kepala merah juga dapat menirukan suara burung kicau lain. Nah, jika anda belum tahu secara jelas tentang prenjak kepala merah, sebaiknya anda baca artikel ini sampai akhir. Prenjak kepala merah yang rajin berkicau/gacor adalah yang berjenis kelamin jantan sebagaimana burung kicau lainnya. 

TIPS MERAWAT PRENJAK KEPALA MERAH AGAR CEPAT GACOR
Prenjak Kepala Merah

Bagi anda yang belum tahu cara membedakan prenjak kepala merah jantan dan betina, simak yang berikut ini dengan saksama :
  • Prenjak kepala merah jantan memiliki 2 bulu ekor yang lebih panjang dari bulu ekor yang lain. 
  • Bulu ekor prenjak kepala merah betina lebih pendek daripada prenjak kepala merah jantan.
  • Bakalan prenjak kepala merah jantan memiliki bulu berwarna abu-abu gelap pada bagian dada.
  • Sedangkan bakalan prenjak kepala merah betina, pada bagian dadanya berwarna abu-abu namun lebih terang.

Nah, untuk perawatannya anda harus memperhatikan tips-tips berikut ini agar prenjak kepala merah anda cepat gacor. Berikut ini tips merawat prenjak kepala merah agar cepat gacor :

1. Perawatan awal
Jika anda mendapatkan burung prenjak kepala merah dari alam liar, maka akan mudah stress. Untuk itu anda harus membuatnya nyaman dan tenang agar terhindar dari stress. Misalnya, jangan langsung memandikannya, jangan digantang/digantung di tempat yang ramai, dan lain-lain. Cara perawatan prenjak kepala merah liar pada dasarnya sama dengan cara merawat burung kicau lain yang masih liar, dan anda bisa baca selengkapnya di sini. 

2. Pemberian pakan
Prenjak kepala merah di habitat aslinya memakan ulat, serangga-serangga kecil, laba-laba, kroto. Nah, jika anda membeli prenjak kepala merah yang belum ngevoer anda bisa menyiasatinya agar prenjak mau makan voer. Caranya campurkan voer dan kroto dengan porsi voer lebih banyak daripada kroto. Kurangilah porsi kroto dari hari ke hari sampai prenjak kepala merah mau makan voer murni. Itu artinya prenjak sudah mau makan voer dan kroto. Jadi anda bisa memberikan voer dan kroto dalam wadah yang berbeda. Kroto bagus untuk membuat prenjak kepala merah lebih gacor, sedangkan voer dapat mencukupi kebutuhan kalsium, vitamin, dan nutrisi bagi prenjak kepala merah. 

3. Pemberian extra food (EF)
Extra food prenjak kepala merah yang baik agar cepat gacor adalah jangkrik dan ulat hongkong. Untuk jangkrik, berikan 3 ekor setiap pagi dan 3 ekor setiap sore, tetapi berikanlah bagian perutnya saja. Kaki dan kepala dihilangkan dulu. Sedangkan untuk ulat hongkong, sebaiknya berilah ulat hongkong yang berwarna putih (ulat hongkong muda) dan jangan terlalu banyak. 

4. Tahap penjemuran
Untuk tahap awal, jemurlah prenjak kepala merah di pagi hari selama 1 jam. Setelah berlangsung satu minggu, anda bisa menambah waktu jemurnya menjadi 2 jam. Sinar matahari yang bagus adalah pada jam 7-10 pagi. 

5. Tahap pemandian
Untuk memandikan prenjak kepala merah, tunggu sampai prenjak tidak stress lagi. Sebagai tahap awal anda bisa menyemprotnya dengan sprayer dan menaruh karamba di dasar sangkar untuk memancing prenjak agar mandi. Jika sudah terbiasa prenjak kepala merah akan mandi dengan sendirinya di karamba, karena burung mempunyai naluri untuk mandi saat merasa gatal/risih.

Selain tips-tips di atas, yang paling penting dalam merawat prenjak kepala merah dan burung kicau lainnya adalah ketelitian, kesabaran, dan konsistensi. Kebersihan kandang juga harus dijaga, dengan membersihkannya setiap hari, termasuk tempat makan dan tempat minumnya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips merawat prenjak kepala merah agar cepat gacor, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Menghilangkan Kutu Pada Burung Dengan Cepat Dan Alami.