Latest News

BORDER CANARY, KENARI DARI PERBATASAN

Kicaukan - Border Canary, Kenari Dari Perbatasan - Sobat kicaukan mungkin sudah banyak mengetahui tentang border canary ini. Tetapi sekali lagi bahwa informasi yang kami sampaikan bukan bermaksud untuk menggurui, tetapi hanya sekadara berbagi informasi yang bertujuan untuk memberikan informasi akurat bagi sobat kicaukan yang memang belum tahu. Jadi kalau ada kesalahan atau kekurangan, mohon pencerahannya.

Border canary disebut juga dengan border fancy canary, yang berarti kenaeri dari perbatasan atau kenari mewah dari perbatasan. Dari namanya sudah cukup jelas menunjukkan bahwa kenari ini memiliki keunggulan tertentu yang layak untuk dimiliki. Nama border canary diambil dari sejarah pengembangannya, yaitu di perbatasan antara inggris dan skotlandia. Border canary/kenari perbatasan ini hanya memiliki panjang keseluruhan sekitar 14 cm. Dari ukuran tersebut maka border canary ini termasuk kecil dibandingkan dengan kenari jenis lain. Tidak seperti american singer canary dan belgian fancy canary yang berukuran lebih panjang. 

BORDER CANARY, KENARI DARI PERBATASAN

Border canar/Border fancy canary/kenari perbatasan ini memiliki beberapa ciri khas yang lain daripada yang lain. Border canary lebih unggul dalam postur daripada suara/lagunya. Jadi border canary masuk dalam varietas kenari postur/posture canary. Dalam sejarahnya, border canary ini dijuluki sebagai "Wee Gem" karena kecil, kompak, dan kuat. Border canary atau kenari perbatasan ini banyak dijumpai dengan warna kuning, tetapi ada juga yang berwarna putih, buff, hijau, dan kayu manis.

Pernahkah anda melihat serial film tweety? Si burung kecil berwarna kuning yang selalu dikejar-kejar oleh kucing. Ya, Border canary pernah dibuat karakter dalam film "Tweety" yang bertubuh kecil, lincah, indah, berwarna kuning dan sering berkicau. Border canary memang memiliki tubuh yang kecil, tetapi sangat indah. Ada anggapan bahwa border canary sangat mirip dengan kenari gloster, dan yang membedakan keduanya adalah bentuk kepalanya.

Border canary/kenari border sebenarnya mempunyai suara yang bagus, dan mudah untuk dilatih/dimaster. Tak jarang kenari border ini sering diikutsertakan dalam beberapa kontes/lomba. Karakter kicauan/lagunya adalah "berombak" dan biasanya kenari border sering dikembangkan untuk dilihat keindahan fisiknya dan juga kicauannya yang juga merdu. Perawatannya pun cukup mudah dan tidak terlalu repot/rumit.

Berikut ini beberapa karakrter dari kenari border/border canary yang wajib anda ketahui :

  • Cenderung pendiam dan pemalu.
  • Tidak boleh ditempatkan bersama burung parkit, lovebird, dan hookbills. Karena ketiga burung tersebut sangat agresif dan dapat membuat kenari border down/stress.
  • Bisa ditangkarkan bersama jenis kenari lain, burung kutilang, dan hardbills lainnya.
  • Setiap hari selalu mandi, jadi bagi anda yang ingin menangkar kenari border selalu sediakan karamba dan air setiap hari. 
  • Kondisi lingkungan tidak boleh terlalu dingin, basah dan berangin. 
  • Selalu sediakan tempat yang teduh saat dijemur.
  • Bersihkan tangkringan setiap hari.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang border canary, kenari dari perbatasan. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!    
Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Belgian Fancy Canary, Kenari Mewah Dari Belgia.