Latest News

CARA MENJEMUR BURUNG KICAU YANG BAIK DAN BENAR

Kicaukan - Cara Menjemur Burung Kicau Yang Baik Dan Benar - Sobat kicaukan pasti sudah tidak asing lagi dengan aktivitas menjemur burung kicau kesayangan anda. Ya, karena menjemur burung adalah suatu hal yang wahib anda lakukan dalam memelihara burung kicau. Dan tahukah anda ternyata menjemur burung punya manfaat yang banyak bagi si burung itu sendiri? Penjemuran burung kicau di bawah sinar matahari sangat bermanfaat bagi kesehatan burung asalkan dengan cara dan teknik yang baik dan benar.

Memang ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari aktivitas penjemuran burung kicau. Seperti halnya manusia, burung juga membutuhkan sinar ultraviolet (UV) untuk menjaga kondisi tubuh burung agar tetap sehat dan bugar. Sebelum kita beranjak lebih jauh tentang cara menjemur burung kicau yang baik dan benar, alangkah baiknya jika kita intip dulu apa saja manfaat menjemur burung kicau. Berikut ini manfaar menjemur burung kicau :

  • Dapat menghangatkan tubuh burung menjadi lebih stabil, terutama di saat musim dingin/musim hujan.
  • Dapat mengurangi risiko burung terkena penyakit, karena sinar matahari mampu membunuh bakteri dan jamur yang mungkin saja terdapat dalam tubuh burung atau sangkarnya.
  • Dapat mengkonversi/mengubah pro vitamin D dalam tubuh burung menjadi vitamin D. Kita tahu bahwa vitamin D sangat baik untuk kesehatan tulang. 
  • Membantu mengurangi berat badan burung dengan syarat ada pembatasan konsumsi pakan/karbohidrat.
Itulah beberapa manfaat dari aktivitas berjemur/penjemuran pada burung yang mana sangat penting untuk kesehatan burung kicau kesayangan anda. Nah, sekarang kita akan membahas tentang cara menjemur burung kicau yang baik dan benar. Tujuan dari artikel ini adalah berbagi informasi tentang teknik penjemuran yang benar, agar tidak salah kaprah yang justur akan membuat burung sakit/mati.

CARA MENJEMUR BURUNG KICAU YANG BAIK DAN BENAR

Langsung saja sobat kicaukan, berikut ini beberapa cara menjemur burung kicau yang baik dan benar :

1. Teknik penjemuran
Saat menjemur burung kicau anda, sebaiknya anda tidak mengerodong sangkar, terlebih bagi anda yang tinggal di daerah yang bercuaca panas. Karena apa? Karena jika anda menjemur burung dengan mengerodong sangkarnya, maka burung akan kepanasan dan bisa menyebabkan terengah-engah dan bahkan mati akibat kurangnya oksigen dan udara yang pengap.

2. Waktu penjemuran
Untuk waktu penjemuran burung kicau, sebaiknya anda memilih waktu di pagi hari sebelum fajar menjemput. Kenapa? Karena di pagi hari udara masih segar dan belum terlalu banyak terkontaminasi debu dan polusi. Pada saat sebelum fajar datang, ada banyak embun yang baik untuk kesehatan burung, yaitu untuk kesegaran burung. Namun bagi anda yang masih repot di waktu tersebut, bisa ditolerir asalkan tidak lebih dari jam 9-10 pagi karena saat itu sinar matahari/UV sudah cukup terik sehingga tidak begitu bagus untuk menjemur burung kicau. Sinar matahari yang terlalu panas justru akan merusak bulu burung dan tentunya mengurangi penampilannya. Tetapi jika anda punya tujuan tertentu, misalnya persiapan lomba, untuk menguruskan burung, maka waktu jemur di atas jam 9 pagi tidaklah mengapa.

CARA MENJEMUR BURUNG KICAU YANG BAIK DAN BENAR

3. Penjemuran sebelum dan sesudah dimandikan
Ini yang sering membuat kita bingung, Kapan waktu menjemur burung? Apakah sebelum dimandikan atau sesudah dimandikan? Jawabannya adalah semua boleh dilakukan, dengan catatan sebagai berikut :

  • Jika anda memandikan burung setelah jam 8 pagi, maka pastikan anda sudah mengangin-anginkan burung kicau anda sebelumnya. Bisa di teras atau di halaman rumah anda yang teduh. Karena pada saat burung diangin-anginkan di pagi hari, maka kecenderungan burung adalah menata bulu-bulu yang berantakan/kusut. Jadi saat dimandikan bulu burung sudah tertata rapih, sehingga tidak merusak bulu burung (misalnya keriting).
  • Jangan langsung memandikan burung saat cuaca sudah panas (di atas pukul 9 pagi) dan langsung menjemurnya. Karena jika anda langsung memandikan burung tanpa diangin-anginkan terlebih dahulu, maka setelah mandi bulu burung akan cepat kering padahal belum sempat dirapikan oleh burung itu sendiri. Inilah yang menyebabkan bulu rusak/keriting. 
  • Jika burung sudah dikeluarkan sejak subuh (sebelum fajar) maka anda bisa langsung memandikannya  pada jam 6 atau 7 pagi dan langsung menjemurnya. Karena pada jam tersebut sinar matahari belum terlalu panas sehingga bulu tidak mudah kering, dan burung sudah sempat mengatur bulu-bulunya.
  • Jika anda sibuk dan baru sempat memandikan burung setelah dijemur, maka sebelum dimandikan dengan karamba atau semprot pastikan burung tersebut diangin-anginkan dulu agar suhu tubuhnya kembali stabil. Jadi kesimpulannya adalah penjemuran di pagi hari boleh dilakukan sebelum maupun sesudah buung dimandikan.
  • Saat sore hari sebaiknya memandikan burung setelah jam 4 sore, kemudian diangin-anginkan, baru kemudian dijemur di bawah sinar matahari senja yang tidak terlalu panas. 
Nah, itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara menjemur burung kicau yang baik dan benar. Jika anda masih belum jelas tentang artikel ini, silakan bertanya dengan komen di kotak yang telah kami sediakan. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!


Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.