CARA MENJINAKKAN CUCAK HIJAU LIAR PALING JITU

Kicaukan - Cara Menjinakkan Cucak Hijau Liar Paling Jitu - Sobat kicaukan, apakah anda punya burung cucak hijau/ijo di rumah? Cucak ijo yang memiliki nama lain cicau daun besar atau murai daun ini sangat digemari oleh para kicaumania karena banyak alasan. Ada yang suka dengan warna hijaunya yang lugas dan elegan, ada yang suka dengan posturnya yang ideal, tetapi kebanyakan menyukai suara kicauannya yang sangat indah dan lantang.

Cucak hijau memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki oleh burung kicau lain, terutama sifat fighternya. Apakah anda punya cucak hijau yang masih liar? Mungkin anda baru saja menangkapnya dari hutan atau baru saja membelinya dari kerabat. Tidak ada yang salah dengan itu, namun yang harus anda perhatikan adalah bagaimana cara menjinakkan cucak hijau liar tersebut. Cucak hijau liar jarang atau bahkan tidak pernah bertemu dengan manusia sebelumnya, jadi sangat wajar jika CH liar akan meloncat-loncat dan beterbangan jika melihat kita. Dan jika anda punya cucka hijau yang masih liar dan salah perawatan, maka yang akan terjadi adalah cucak hijau akan stress dan bisa mati.

Cara Menjinakkan Cucak Hijau Liar Paling Jitu

Untuk menjinakkan burung cucak hijau sebenarnya tidaklah sulit, caranya hampir sama dengan cara menjinakkan burung pleci. Anda bisa membaca artikel tentang cara menjinakkan burung pleci di sini. Untuk cara menjinakkan cucak hijau liar paling jitu, simak tips-tips berikut dengan baik :

1. Strategi pemberian pakan
Memberikan pakan pada burung cucak hijau bisa menjadi salah satu cara agar cucak hijau mudah jinak. Caranya adalah kosongkan makanan di dalam sangkar pada saat menjelang malam dan biarkan sampai pagi hari. Tujuannya adalah agar cucak hijau kelaparan keesokan harinya. Nah pada saat itulah anda mencoba memberi makan cucak hijau berupa jangkrik dengan menggunakan lidi kemudian anda masukkan dalam sangkar. Jika cucak hijau belum mau makan, tundalah dulu dan lakukan 5-10 menit kemudian, dan begitu seterusnya. Namun jika sampai pukul 10.00 belum juga mau makan, maka taruhlah jangkrik di tempat makanan dalam sangkar dan tinggallah. Lakukan itu setiap hari sampai cucak hijau tidak takut lagi dengan anda. Tujuan dari strategi ini adalah agar cucak hijau merasa sangat kelaparan sehinga membutuhkan manusia (pemiliknya) untuk mendapatkan makanan.

2. Menaruh sangkar di tempat yang ramai
Burung cucak hijau yang liar akan takut dan terbang kesana-kemari saat melihat manusia, dan itu sangat wajar. Untuk menjinakkan cucak hijau liar, anda bisa menaruh sangkar cucak hijau di lokasi yang ramai, banyak orang yang lewat (lalu-lalang), ketingian sedang saja tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek yang penting aman dari predator dan pencuri. Hal ini bertujuan agar cucak hijau terbiasa dengan keramaian dan manusia sehinga mudah jinak. Ini untuk melatih mental cucak hijau, jadi jangan ragu untuk melakukan ini.

3. Dimandikan sampai basah kuyup
Cucak hijau liar agar selalu kelabakan saat melihat tuannya / manusia, untuk itu anda bisa memandikannya setiap pagi dan sore. Memandikan cucak hijau liar cukup ekstrem, yaitu dengan memandikan sampai basah kuyup dan kedinginan sampai si cucak hijau tidak terbang-terbang lagi. Setelah dimandikan biarkan saja sampai bulunya agak kering.  Setelah dimandikan burung biasanya akan merasa lapar, nah saat itulah anda memberikan makanan berupa kroto atau jangkrik untuk pendekatan kepada cucak hijau tersebut.

Cara Menjinakkan Cucak Hijau Liar Paling Jitu

Memang cara-cara di atas terlihat ekstrem dan sadis, tetapi semua itu adalah berdasarkan pengalaman para kicaumania yang telah lama berkecimpung di duina burung. Jadi jangan sampai anda ragu melakukannya.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Menjinakkan Cucak Hijau Liar Paling Jitu. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.

Baca juga artikel menarik berikut ini : Daftar Harga Burung Murai Batu Terbaru Bulan Januari Tahun 2014 Terlengkap.
stats online users