Latest News

CARA EFEKTIF MENGATASI KENARI YANG HANYA NGRIWIK

Kicaukan - Cara Efektif Mengatasi Kenari Yang Hanya Ngriwik - Sobat kicaukan, jika anda memelihara kenari jantan yang sudah berumur sekiatr 7-8 bulan tentu anda sangat ingin kenari tersebut sudah gacor dan rajin bunyi. Karena pada usia tersebut kenari sudah dewasa dan sudah waktunya rajin berkicau atau gacor. Tetapi apakah kenari anda hanya ngriwik meskipun usianya sudah 7 bulan ke atas? Ya, masalah itu adalah masalah klasik yang sering dialami oleh para pecinta kenari. Maka dari itu pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara mengatas kenari yang hanya ngriwik meskipun usianya sudah dewasa.

Menurut pengalaman, kenari memiliki tahapan usia yang berkaitan dengan kemampuannya untuk berkicau. Pada usia sekitar 5 bulan memang kenari biasanya akan berlatih untuk berkicau dengan cara ngriwik atau bergumam. Dan pada usia 6-7 bulan maka kenari akan ngerol meskipun suaranya masih terputus-putus. Sedangkan di usia 7 bulan ke atas kenari seharusnya sudah rajin berkicau, dan variasi kicauannya sesuai dengan isian yang kita berikan. Sobat kicaukan, sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara mengatasi kenari yang hanya ngriwik, mungkin anda tertarik untuk membaca beberapa artikel tentang kenari berikut ini :

Setelah membaca artikel di atas, mari kita lanjutkan kembali ke topik mengatasi kenari yang hanya ngriwik meskipun usianya sudah dewasa.

Cara Efektif Mengatasi Kenari Yang Hanya Ngriwik

Berikut ini beberapa cara efektif mengatasi kenari yang hanya ngriwik :
  1. Pastikan kenari anda adalah kenari jantan. Dan jika sudah terbukti itu adalah jantan, maka anda bisa merubah pola perawatan hariannya. 
  2. Frekuensi mandi bisa anda tingkatkan. Misalnya yang biasanya sekali sehari bisa dinaikkan menjadi 2 kali sehari, pagi dan sore.
  3. Penjemuran juga bisa ditambah durasinya. Pagi hari 1-2 jam (maksimal jam 10 siang), dan sore hari 30 menit-1 jam.
  4. Berikan pakan pada kenari berupa buah-buahan segar dan sayur-sayuran saat dijemur/diangin-anginkan. Sayuran dan buah-buahan mengandung nutrisi yang bagus untuk kenari, dan juga bisa menghilangkan dahak yang mungkin saja ada di tenggorokan kenari. Dahak bisa membuat suara kenari menjadi pelan/lirih, dan terdengar seperti ngriwik.
  5. Pakan kenari yang bisa anda berikan antara lain canaru seed dicampur dengan bijian hitam dan niger seed. Tujuannya untuk merangsang birahi kenari. 
  6. Selada dan telur rebus bisa anda berikan seminggu 2 kali.
  7. Kenari ngriwik bisa disebabkan karena obesitas (kegemukan) karena pernapasannya terganggu. Maka solusinya bisa dengan tiga cara, yaitu : mengatur porsi makananagar tidak berlebihan, menjemur kenari selama 3 jam, dan menaruh kenari dalam sangkar umbaran yang lebih besar (sekitar 1,5 x 2 meter).
  8. Anda bisa mencoba mendekatkan kenari yang hanya ngriwik dengan kenari yang bersuara lantang/keras agar kenari yang ngriwik terpancing.
  9. Berikan suplemen khusus kenari yang berfungsi untuk meningkatkan birahinya.

Cara-cara di atas mungkin sudah ada yang pernah mencobanya. Tetapi bagi yang belum pernah mencobanya, silakan saja dicoba tips-tips di atas. Selamat mencoba.!!! Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Efektif Mengatasi Kenari Yang Hanya Ngriwik. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!! 

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih. 
Baca juga artikel menarik berikut ini : MANFAAT LARON BAGI BURUNG KICAU.