CARA MERAWAT EKOR MURAI BATU AGAR BAGUS

Kicaukan - Cara Merawat Ekor Murai Batu Agar Bagus - Sobat kicaukan, burung murai batu (MB) adalah salah satu jenis burung kicau yang memiliki 2 kelebihan utama. Yaitu suara kicauannya yang indah dan lantang, serta penampilan fisiknya yang begitu gagah. Ya, MB memang sangat mempesona dalam kicauan dan penampilannya. Posturnya yang tegap dan menantang membuat para kicaumania terhipnotis. Tetapi pernahkah MB anda mengalami masalah dengan ekor yang rusak? Karena memiliki ekor yang panjang maka ekor murai batu sangat rawan rusak karena gesekan dengan sangkar atau karena sebab lain. Nah pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara merawat ekor murai batu agar bagus.

Ekor murai batu yang panjang dan mengembang menjadi nilai plus dalam penilaian saat lomba. Untuk itu anda harus selalu merawat ekor murai batu agar tidak rusak. Tetapi sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara merawat ekor murai batu agar bagus, mari kita simak artikel-artikel tentang MB berikut ini :

Setelah anda membaca artikel-artikel tentang murai batu di atas, mari kita kembali membahas tentang cara merawat ekor murai batu agar bagus. Kondisi ekor murai batu biasanya akan rusak dan rontok/brodol karena beberapa sebab, misalnya ngruji ekor, bergesekan dengan sangkar, atau karena mabung/molting. 

CARA MERAWAT EKOR MURAI BATU AGAR BAGUS

Nah untuk mengatasi ekor murai batu yang rusak, berikut ini beberapa langkah yang pernah dilakukan oleh MB mania yang sudah berpengalaman. Berikut ini cara merawat ekor murai batu agar bagus :
  1. Pegang MB yang ekornya rusak.
  2. Gunakan air hangat untuk menyemprot pangkal ekor MB.
  3. Pijat ekor MB dengan perlahan dan lembut. Tujuannya untuk menghilangkan kotoran dan sumbatan yang terdapat di bulu-bulu ekor MB.
  4. Setelah kering, oleskan air bawang merah pada bagian pangkal paha MB.
  5. Ulangi proses tersebut selama 3 hari secara berturut-turut.
  6. Usahakan full kerodong.
  7. Saat mandai lebih baik menggunakan full cepuk.
  8. Berikan pakan yang berkualitas dan cukup. Misalnya jangkrik, ulat kandang, kroto, ulat hongkong. 
  9. Setiap 2 hari sekali anda bisa memberikan minyak ikan yang dioleskan pada jangkrik/kroto.
  10. Voer diganti dengan voer lele ukuran sedang.

Tips-tips di atas adalah berdasarkan pengalaman MB mania. Namun jika anda ragu dan belum ingin mencobanya itu adalah hak anda. Untuk antisipasi, tempatkan MB pada sangkar yang lebih besar sehingga ekor tidak sampai bergesekan dengan jeruji. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Merawat Ekor Murai Batu Agar Bagus. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : CARA AMPUH MENGOBATI JAMUR DI KAKI BURUNG KICAU.
stats online users