CARA PALING AMPUH MENANGANI ANIS MERAH OVER BIRAHI DAN DROP

Kicaukan - Cara Menangani Anis Merah Over Birahi Dan DropAnis merah merupakan salah satu burung kicau yang memiliki suara kicauan yang indah dan merdu, serta berpenampilan menarik. Tak ayal banyak sobat kicaukan yang menggemari burung kicau berbulu dada merah ini. Anis merah dari mana pun asalnya pasti akan tampil bagus dan selalu gacor jika dirawat dengan baik dan benar, terutama dalam pemberian pakan yang berkualitas.

Tetapi, pernahkah anis merah kesayangan anda over birahi dan drop? Over birahi dan drop merupakan masalah yang sering dialami oleh semua burung kicau, termasuk anis merah. Penyebab dari over birahi dan drop ini tak lain adalah pemberian pakan yang berlebihan/kurang serta pola perawatan yang salah. Baca pola perawatan harian anis merah di sini.

Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara menangani anis merah yang over birahi dan drop dengan maksud agar sobat kicaukan tidak bingung harus bertindak bagaimana. Baca artikel berikut ini sampai akhir agar tidak salah tafsir. 

CARA MENANGANI ANIS MERAH OVER BIRAHI DAN DROP


Yang Pertama, adalah cara menangani anis merah yang sedang over birahi. Over birahi maksudnya adalah nafsu yang berlebihan, dan bisa jadi karena pemberian extra food yang berlebihan. Untuk mengatasi anis merah yang over birahi kami menyarankan beberapa hal berikut :
  1. Pemberian EF khususnya jangkrik agar dikurangi saja karena jangkrik yang terlalu banyak dapat meningkatkan birahi. Anda bisa memberikan jangkrik cukup 1 ekor saja di pagi hari, dan 1 ekor lagi di sore hari. 
  2. Berikan cacing dua kali setiap minggu masing-masing 1 ekor. 
  3. Sebelum dimandikan, anda bisa melakukan pengembunan bagi anis merah. Pegembunan yang kami sarankan dilakukan pada jam 05.30 - 06.00. Caranya dengan digantang di teras/halaman agar AM terkena embun pagi. 
  4. Untuk pemandian, jika biasanya anda memandikan AM sehari 2 kali,maka saat over birahi anda bisa memandikan anis merah sebanyak 3 kali sehari.
  5. Penjemuran setelah mandi dikurangi saja. Jika biasanya menjemur selama 1-2 jam maka saat over birahi durasi penjemuran dikurangi menjadi 30 menit. 

cara menangani anis merah over birahi dan drop


Yang Kedua, yaitu cara menangani anis merah yang drop. Drop atau jatuh (mental) merupakan salah satu gangguan cukup serius bagi anis merah dan harus segera ditangani dengan tepat. Berikut ini beberapa cara menangani anis merah yang sedang drop :

1. Pemandian 
Saat anis merah dalam kondisi drop anda bisa memandikannya 2 kali sehari di pagi dan sore hari. 

2. Penjemuran
Untuk penjemurannya, anda bisa meningkatkan durasi jemur anis merah. Jika biasanya hanya 1-2 jam saja, maka dapat anda menaikkan durasinya menjadi 2-3 jam. 

3. Pemberian EF
Pemberian pakan dalam hal ini adalah extra food (EF) merupakan hal wajib yang harus anda lakukan setiap hari, terlebih jika anis merah sedang down/drop. Untuk EF jangkrik, anda bisa memberikan 3 ekor di pagi hari dan 3 ekor lagi di sore hari. Cacing diberikan setiap 3x seminggu masing-masing 2 ekor. Pemberian kroto juga diperlukan, dan anda bisa memberi kroto pada anis merah kesayangan anda yang sedang drop sebanyak 3 kali seminggu.

4. Gantangan
Untuk anis merah yang sedang drop, disebabkan oleh banyak faktor. Salah satunya adalah karena kalah dengan anis merah lain. Untuk itu sebaiknya anda mengarantina/mengisolasi anis merah yang sedang drop untuk tidak melihat atau mendengar suara anis merah lain. Biarkan ia sendiri dulu sampai mentalnya kembali naik.

Kondisi anis merah yang drop yang berlangsung lama akan membuat anis merah anda hilang mental, baik saat lomba, latber atau trek. Untuk itu perlu penanganan serius dari anda agar segera pulih kembali. Begitu juga saat AM sedang over birahi, maka anda harus segera mengambil tindakan untuk mengendalikan birahinya. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara menangani anis merah yang over birahi dan drop. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : CIRI-CIRI BAKALAN ANIS MERAH BERKUALITAS BAGUS
stats online users