KACER DIAM SAAT LOMBA : INI SOLUSINYA

Kicaukan -Sobat kicaukan, lomba kacer identik dengan suara kicauan kacer yang begitu keras dan lantang. Ya, burung-burung kacer yang ikut lomba akan berkicau dan menunjukkan kemampuannya saat lomba. Dan tak lupa juri pun siap memantau dan memberikan nilai bagi kacer yang ikut lomba. Tapi apakah kacer anda diam saat lomba? Kacer diam saat lomba adalah masalah yang harus segera diatasi karena juri tidak akan memantau kacer yang mbalong atau mbagong. Kacer diam saat lomba? Ini solusinya. Kami akan berbagi pengalaman dan tips tentang mengatasi kacer yang hanya diam saat lomba.

KACER DIAM SAAT LOMBA : INI SOLUSINYA
Ilustrasi


Sebenarnya perilaku mbagong atau mbalon adalah perilaku yang pasti dialami kacer manapun. Ini berarti bahwa setiap kacer tidak pernah luput dari yang namanya mbagong/mbalon. Jadi anda jangan menyalahkan kacer jika kacer jagoan anda mbagong di rumah atau di arena lomba. Yang perlu anda ketahui adalah cara menjaga kondisi kacer agar tidak diam saat lomba. Mungkin ada beberapa setelan yang belum cocok dengan karakter kacer anda. Untuk itulah kami akan berbagi informasi tentang kacer diam saat lomba : ini solusinya. Informasi berikut berisi tentang pengalaman dan tips dalam mengatasi kacer yang ngetem/mbagong saat lomba. Tetapi, ini tidaklah pasti karena setiap kacer mempunyai karakter masing-masing. Tetapi anda bisa memilih dan mencoba metode yang pas yang cocok untuk kacer anda.

1. Singkirkan pakan dan minuman dari sangkar
Tips pertama yang bisa anda coba untuk mengatasi kacer mbagong/diam saat lomba adalah dengan menyingkirkan pakan dan minuman dari sangkar. Untuk tata caranya sebagai berikut :

  • Mandikan burung kacer sebelum dibawa ke arena lomba.
  • Saat di lapangan, berikan pakan berupa 5 ekor UH dan 3 ekor jangkrik (kerodong sambil dibuka).
  • Kerodong kembali burung kacer.
  • Sesaat sebelum digantang di arena, buka separuh kerodong.
  • Ambil dan singkirkan pakan dan minuman dari sangkar.
  • Bersihkan sangkar dari kotoran dan sisa pakan.
  • Berikan lagi jangkrik dan UH.
  • Tutup rapat dengan kerodong sampai lomba dimulai.

Cara ini dilakukan agar kacer tidak sibuk mencari pakan. Biasanya kacer yang mbagong akan turun dari tangkringan dan mencari sisa pakan di dasar sangkar.

2. Berikan waktu kacer untuk adaptasi dengan arena lomba
Cara ini sangat mudah dan pernah dicoba oleh para kacermania. Untuk adaptasi dengan lapangan lomba, bukalah kerodong selama 15 menit agar kacer melihat situasi di lapangan. Namun pilihlah tempat yang sepi/jauh agar kacer tidak melihat burung sejenis.

3. Melatih kacer dengan kacer lain
Melatih kacer ini bisa dilakukan dengan mengetrek kacer anda dengan 4 ekor kacer atau lebih yang sudah gacor dan ngotot. Ini bertujuan untuk melatih kacer terbiasa dengan suasana ramai dengan musuh yang cukup banyak. Anda bisa mengikutsertakan kacer anda di lomba lokal atau latber yang ada di lingkungan sekitar anda. Namun diusahakan anda tidak mengetrek kacer anda dengan musuh hanya 1 atau 2 ekor. Karena kacer anda akan mengikuti kebiasaan musuhnya.

4. Merawat kacer dengan setelan yang tepat
Cara terakhir adalah cara yang menuntut anda untuk mencoba hal-hal baru dalam merawat kacer. Maksudnya, anda bisa mencoba setelan baru untuk kacer anda. Misalnya mengganti EF secara bervariasi untuk melihat perbedaan dan kemajuan kacer anda. Intinya, jangan takut untuk bereksperimen pada kacer anda selama tidak membahayakan. Atau anda bisa membaca pola perawatan kacer sebelum lomba dan setelah lomba di sini. 

Pada intinya, setiap kacer memiliki karakter yang berbeda-beda. Jadi jika anda mencoba cara pertama tapi gagal, maka anda harus mencoba cara kedua, dan seterusnya sampai menemukan formula yang tepat bagi kacer anda agar tidak diam saat lomba. Tetap semangat dan jangan pernah menyerah sobat.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang kacer diam saat lomba : ini solusinya. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Jangan lupa membaca yang ini juga sobat : PROFIL LENGKAP KACER LUTUNG : SI HITAM MENAWAN
stats online users