Latest News

CARA MELOLOH ANAKAN MURAI BATU UMUR 15-30 HARI (BAGIAN III)

Kicaukan - Meloloh Anakan Murai Batu Umur 15-30 Hari - Sobat, inilah artikel bagian ketiga tentang meloloh anakan murai batu (MB) ala jawara. Pada dua artikel sebelumnya sudah sangat jelas tentang teknik dan menu pakan untuk meloloh anakan MB umur 6-7 hari dan umur 8-14 hari. Dan inilah tahapan ketiga, yaitu saar anakan MB berumur 15-30 hari. Bagi anda yang sukses meloloh anakan MB dari umur 7 hari sampai 14 hari, bisa dikatakan anda telah berhasil melewati masa kritis. Ya, anakan MB yang sudah berumur 15 hari sudah bisa nangkring di tenggeran dan fisiknya sudah cukup kuat.

MELOLOH ANAKAN MURAI BATU UMUR 15-30 HARI


Selama tidak terjadi kesalahan fatal, maka kemungkinan anakan MB anda mati sangatlah kecil. Namun demikian kita tetap harus waspada dan tidak boleh seenaknya dalam merawat anakan MB. Pada saat masih berumur 8-14 hari, anakan MB diperkenalkan dengan voer agar kelak saat dewasa sudah terbiasa makan voer. Lalu apa saja perbedaan cara dalam meloloh anakan MB umur 15-30 hari? Simak tips meloloh anakan murai batu umur 15-30 hari berikut ini.

Secara garis besar, tidak ada perbedaan jauh dalam meloloh anakan MB dengan sebelumnya. Hanya ada beberapa poin penting yang wajib anda tahu, yaitu sebagai berikut :

  • Pakan anakan MB umur 15-30 hari adalah kroto dan voer.
  • Namun porsi voer dinaikkan. Jika sebelumnya hanya 30% voer dan 70% kroto, maka sekarang bisa anda tambah menjadi 50% voer : 50% kroto.
  • Caranya masih dengan cara menghaluskan voer, kemudian diseduh dengan air hangat, dan dicampur dengan kroto.
  • Jam pelolohan setiap satu jam sekali. Dimulai dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore.
  • Jangan memberi pakan terlalu banyak pada anakan MB.
  • Anda bisa memberikan pakan jangkrik pada minggu ketiga akhir atau awal minggu keempat.
  • Berikan anakan jangkrik dulu, jangan berikan jangkrik dewasa.
  • Saat memberi jangkrik, gunakan lidi. Jangan langsung memberikan jangkrik dengan tangan anda, karena bisa membuat anakan MB jadi manja. Kita tahu, MB yang manja harganya akan turun. MB yang berkarakter fighter dan tidak manja adalah incaran banyak penghobi burung, sehingga harganya lebih mahal. Jadi jangan terbiasa memberi makan anakan MB dengan tangan langsung.
  • Saat anakan MB berumur 1 bulan, maka ia sudah bisa makan sendiri.
  • Pindahkan anakan MB pada sangkar masing-masing untuk menjaga karakter fighternya.
Itulah tahapan-tahapan dalam meloloh anakan MB dari bagian pertama sampai tahap ketiga (dari umur 7 hari-30 hari). Semoga ini bisa bermanfaat bagi sobat kicaukan semuanya. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Meloloh Anakan Murai Batu Umur 15-30 Hari. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Jangan lupa membaca yang ini juga sobat :
MENU LOLOHAN ANAKAN MURAI BATU YANG BENAR (BAGIAN I)
MENU LOLOHAN ANAKAN MURAI BATU UMUR 8-14 HARI (BAGIAN II)