MURAI BATU MACET BUNYI : PENYEBAB DAN SOLUSINYA

Kicaukan - Murai Batu Macet Bunyi : Penyebab Dan Solusinya - Sobat kicaukan, tak ada henti-hentinya kami berbagi informasi untuk anda semua tentang burung murai batu (MB). Apakah anda punya murai batu di rumah? Apakah MB anda macet bunyi? Apa sebabnya, dan bagaimana solusinya? Memang ada banyak kasus MB macet bunyi. Padahal sehari sebelumnya MB selalu rajin bunyi dan gacor. Hmm, berarti ini ada penyebabnya dan anda harus tahu. Untuk itu kami akan berbagi analisa mengenai penyebab dan solusi murai batu macet bunyi.

MURAI BATU MACET BUNYI PENYEBAB DAN SOLUSINYA


MB yang macet bunyi bisa disebabkan oleh banyak faktor. Sama dengan burung kicau lainnya, MB yang macet bunyi harus segera ditangani agar performanya kembali on fire/top form. Kita tahu bahwa sebenarnya ada banyak sebab mengapa murai batu macet bunyi.

Penyebab Murai Batu Macet Bunyi

  • MB sedang terjangkit infeksi/penyakit pada pernapasan atau tenggorokannya.
  • MB sedang tidak nyaman karena gangguan kutu. Untuk membasmi kutu pada burung kicau dengan mudah, baca panduan lengkapnya di sini.
  • MB memasuki masa mabung
  • MB sedang stress.

Itulah beberapa sebab utama mengapa MB menjadi macet bunyi atau diam. Untuk penanganannya pun harus segera dilakukan dengan tepat. Untuk alasan itulah kami berbagi artikel tentang Murai Batu Macet Bunyi : Penyebab Dan Solusinya. Semoga apa yang kami tulis ini bisa menambah wawasan anda dan bermanfaat.

Solusi Atasi Murai Batu Macet Bunyi

  1. Berikan pakan full EF, misalnya kroto dan jangkrik.
  2. Berikan kroto setiap pagi sebanyak 1 cepuk. Dan ssore harinya sebanyak 1 sdt.
  3. Untuk voer, pilihlah voer yang mengandung banyak nutrisi dan mengandung zat anti stress.
  4. Berikan jangkrik sebanyak 3-5 ekor setiap pagi. Dan 3-5 ekor lagi di sore hari.
  5. Untuk aktivitas mandi dan jemur bisa anda kurangi atau bahkan ditiadakan sementara. 
  6. Pindahkan MB ke ruangan sendiri yang sepi dan nyaman.
  7. Atau jauhkan Mb dari suara-suara kicauan burung yang keras.
  8. Atau dengan di full kerodong.
  9. Berikan multivitamin setiap 2 kali seminggu. Lebih khusus lagi, berikan multivitamin yang memperlancar metabolismenya agar meningkatkan hormon testosteron MB.
  10. MB diperdengarkan audio brainwave untuk menghilangkan stress dan memberi efek menenangkan.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Murai Batu Macet Bunyi : Penyebab Dan Solusinya. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Jangan lupa membaca yang ini juga sobat : CARA MELOLOH ANAKAN MURAI BATU UMUR 15-30 HARI (BAGIAN III)
stats online users