Latest News

BAGAIMANA CARA MENGATASI CENDET SALTO

Kicaukan - Bagaimana Cara Mengatasi Cendet Salto? - Jika anda cendetmania, pasti tahu bahwa cendet adalah burung kicau yang bisa melakukan salto meskipun di sangkar yang sempit. Cendet memiliki kelebihan dalam gerakan akrobat (salto) dibanding dengan burung kicau lainnya. Kebiasaan cendet/pentet yang suka salto ini bisa menjadi bumerang bagi kita pemilik cendet. Cendet salto bisa saja menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan. Salto yang berlebihan bisa membuat cendet berhenti berkicau dan tidak gacor lagi. Lalu bagaimana cara mengatasi cendet salto? Sebelum itu kita harus tahu dulu apa penyebab cendet salto. Dan kita akan mendisukusikannya bersama-sama.

BAGAIMANA CARA MENGATASI CENDET SALTO
Cara Mengatasi Cendet Salto

Bagaimana cara mengatasi cendet salto? Pertanyaan itu sering diutarakan oleh sobat cendetmania. Kita tahu bahwa cendet yang gemar salto bisa jadi disebabkan oleh over birahi (OB). Kondisi cendet yang OB akan membuat cendet stress dan cenderung berperilaku aneh, misalnya salto dan tak mau berkicau. Belum lagi mencabuti bulunya sendiri dan masih banyak lagi. Bagi anda yang ingin tahu secara lengkap tentang cara mengatasi cendet yang OB, silakan anda baca disini. Nah khusus untuk mengatasi cendet salto, kami menghimpun beberapa tips dan pengalaman dari para cendetmania. Tujuannya adalah agar cendet anda tidak lagi salto dan berkicau dengan cara berdiri tegak. Mari kita simak tipsnya berikut ini.

Cara Mengatasi Cendet Salto


Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi cendet yang suka salto, dan berikut adalah poin-poinnya :
  1. Pemandian cendet bisa dilakukan minimal 2 kali sehari, pagi dan sore. 
  2. Mandi untuk cendet salto diusahakan sampai basah kuyup. Bisa dengan mandi karamba atau semprot.
  3. Penjemuran dikurangi. Artinya, jika biasanya anda menjemur cendet selama 2 jam, maka bisa dikurangi menjadi 1 jam saja. Penjemuran hanya bertujuan untuk mengeringkan bulu.
  4. Porsi jangkrik dikurangi. Jangkrik mengandung protein yang sangat tinggi dan bisa menyebabkan OB. Untuk itu porsi jangkrik dikurangi menjadi 1 ekor saja.
  5. Setiap selesai mandi dan jemur, cendet bisa langsung dikerodong. Kerodong berfungsi untuk mengurangi agresivitas cendet salto.
  6. Bila perlu, tambahkan jumlah tenggeran dalam sangkar untuk mengurangi ruang gerak cendet.
  7. Jangan lupa untuk memandikan cendet di malam hari. Mandi malam sangat bermanfaat bagi burung kicau.

Itulah beberapa langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi cendet yang suka salto. Semoga cara-cara di atas berhasil menghilangkan kebiasaan cendet salto. Jika masih ada yang kurang lengkap, silakan anda berkomentar di situs ini.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang bagaimana cara mengatasi cendet salto. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter atau Google +. Terima kasih. 
Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Memulihkan Kondisi Cucak Jenggot Betina Setelah Bertelur