Latest News

CARA MEMASTER PLECI YANG BENAR

Pleci - Cara Memaster Pleci Yang Benar. Anda punya pleci di rumah? Anda ingin memiliki pleci yang gacor dengan isian bermacam-macam lagu? Caranya adalah dengan dimaster. Ya, pleci memang bisa memiliki banyak lagu dan variasi kicauan. Langkah yang paling memungkinkan adalah dengan cara memaster pleci. Memaster pleci bukanlah hal yang sulit, namun sangat dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan. Waktu yang dibutuhkan tidak sebentar, namun perlu waktu berbulan-bulan. Nah agar sukses memaster pleci maka dibutuhkan beberapa cara dan beberapa faktor yang menentukan. Kami akan berbagi tips memaster pleci yang benar kepada anda. 

CARA MEMASTER PLECI YANG BENAR

Cara memaster pleci sangat berkaitan dengan waktu pemasteran, jenis suara masteran, kondisi pleci yang dimaster, serta lingkungan yang kondusif. Dengan mempertimbangkan banyak faktor tersebut pleci anda bisa memiliki banyak lagu yang siap dipamerkan saat digantang. Yang harus kita tahu adalah pleci sangat mirip dengan spesies burung kolibri. Jadi salah satu yang bisa dijadikan masteran adalah suara burung kolibri. Berikut ini beberapa jenis suara masteran yang cocok untuk burung pleci/kacamata :
  • Suara burung prenjak
  • Suara burung ciblek
  • Suara burung gereja
  • Suara burung kolibri
  • Suara burung cililin, blue, black jay, bue jay.
  • Suara burung finch (kenari, blackthroat, siskin, goldfinch, mozambik, herda sanger)
  • Suara burung flycather
  • Suara burung cucak jenggot/kapas tembak
  • Suara burung pelatuk
  • Suara burung gelatik wingko

Itulah beberapa jenis suara masteran yang cocok diberikan untuk pleci jagoan anda. Suara-suara burung di atas bisa ditirukan oleh pleci. Dan jika anda berhasil memaster pleci dengan banyak variasi, maka semakin hebat pleci anda. Hehe

Cara Memaster Pleci Yang Benar


1. Berapa usia pleci yang siap dimaster?
Pleci adalah burung yang memiliki daya ingat yang cukup kuat. Memori pleci akan semakin baik jika diasah sejak dini. Usia pleci yang siap dimaster adalah sejak berusia 1 bulan. Karena di usia itu auditory memory pleci masih kosong dan belum menyimpan banyak suara. Untuk itu anda bisa memaster pleci anda sejak umur 1 bulan sampai 9 bulan. Pleci akan mudah menangkap dan menghafal suara masteran yang anda berikan. Silahkan baca : cara memilih bakalan pleci berkualitas bagus.

2. Kapan waktu yang tepat memaster pleci?
Pleci membutuhkan konsentrasi saat dimaster. Konsentrasi pleci akan semakin baik jika di malam hari. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk memaster pleci, yaitu antara jam 10 malam sampai dengan jam 6 pagi. Karena di malam hari pleci banyak diam dan mendengarkan. Atau bisa juga dimaster di siang hari setelah mandi dan jemur. Tetapi anda harus memastikan lingkungan yang kondusif, tenang, aman, dan nyaman.

3. Berapa lama memaster pleci dalam sehari?
Seperti halnya belajar, memaster pleci juga membutuhkan proses yang lama dan berulang. Nah untuk cara memaster pleci yang benar, minimal 4 jam dalam sehari. Namun sekali lagi waktu yang tepat adalah malam hari sampai pagi hari. Yang penting kondisinya tenang dan mendukung.

4. Kondisi lingkungan
Kondisi lingkungan yang baik untuk memaster pleci adalah lingkungan/suasana yang tenang. Tidak ada suara-suara gaduh yang mengganggu pleci mendengarkan suara masteran. Anda bisa menaruh pleci di ruangan tersendiri yang jauh dari keramaian orang dan burung lain.

5. Mengulang suara masteran
Teknik pengulangan ini sangat baik untuk membuat pleci cepat menyimpan suara masteran. Juga sangat bermanfaat untuk menjaga memori pleci agar tidak lupa dengan suara masteran. Lakukan pengulangan suara secara berkala. Misalnya dibuat daftar playlist dan diputar berulang.

6. Memberikan multivitamin untuk meningkatkan kecerdasan pleci
Memang pleci memiliki ingatan yang cukup baik dalam menyimpan suara masteran. Namun akan lebih baik jika anda memberikan multivitamin yang tepat agar kondisi pleci tetap sehat dan fit. Dengan begitu pleci juga akan cepat menghafal suara masteran. Perawatan pleci yang baik juga sangat dibutuhkan agar pleci semakin oke.

Untuk memaster pleci bisa menggunakan burung asli yang sudah gacor. Atau bisa juga dengan menggunakan suara mp3. Untuk mengetahui cara-cara memaster burung kicau yang efektif silakan anda baca disini. Selamat mencoba sobat, semoga berhasil.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara memaster pleci. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

Bagaimana Cara Memaster Pleci