Latest News

CARA MERAWAT MURAI BATU DORONG EKOR YANG BENAR

MB Mania - Cara Merawat Murai Batu Dorong Ekor Yang Benar. Murai batu (MB) adalah burung yang memiliki ekor yang panjang dan sangat indah. Saat sedang berkicau, MB akan menggerakkan ekornya untuk memperindah penampilannya. Tak heran jika perawatan ekor murai batu sangat penting, apalagi jika untuk MB lomba. Ekor MB biasanya sangat lentur, namun setiap MB punya karakter masing-masing. Dorong ekor adalah salah satu tahapan pada MB yang terjadi setelah MB mabung. Cara merawat murai batu dorong ekor juga harus tepat agar penampilan MB anda semakin menawan. Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips cara merawat murai batu dorong ekor yang benar untuk anda.

CARA MERAWAT MURAI BATU DORONG EKOR

Merawat murai batu dorong ekor mungkin bukan hal yang sulit bagi anda para MB mania senior. Tetapi bisa jadi sangat penting untuk para MB mania pemula. Karena jika salah perawatan MB yang sedang dorong ekor, bulu ekor bisa rusak. Atau bisa juga nyerit, bercabang, dan tak sepanjang ekor sebelumnya. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, anda harus merawat MB dorong ekor dengan benar dan tepat. Tentunya agar penampilan MB lebih mempesona dan menawan. Sebagai informasi, MB yang selesai mabung akan meyelesaikan dulu dorong ekornya. Nah perawatan MB dorong ekor hampir sama dengan perawatan MB mabung. Namun banyak kesalahan yang dilakukan oleh MB mania yang langsung memberikan setelan harian saat MB dorong ekor.

Cara Merawat Murai Batu Dorong Ekor


Ada beberapa tips perawatan MB yang sedang dorong ekor, dan berikut ini tipsnya :
  1. Berikan jangkrik sebanyak 4-5 ekor setiap pagi.
  2. Dan berikan jangkrik sebanyak 4-5 ekor setiap sore.
  3. Kroto diberikan sebanyak 2-3 kali dalam satu minggu. Namun anda bisa juga memberikan kroto segar setiap pagi jika anda punya stok kroto yang cukup.
  4. Untuk aktivitas mandi, siapkan cepuk/bak mandi dalam sangkar. Saat dorong ekor, hindari mandi dengan karamba.
  5. Untuk aktivitas jemur, lakukan 2-3 kali seminggu. Lama jemurnya tidak lebih dari 15 menit dan hanya dilakukan di pagi hari.
  6. Kebersihan sangkar harus anda perhatikan. Bersihkan sangkar setiap pagi dan sore hari agar selalu bersih dan steril.
  7. Berikan full kerodong agar MB merasa tenang dan nyaman.
  8. Tempatkan MB di ruangan terpisah yang jauh dari gangguan burung-burung sejenis/fighter lain.
  9. Berikan multivitamin yang tepat untuk memperlancar proses dorong ekor.
  10. Jika memungkinkan, anda bisa memaster MB anda dengan suara masteran yang tepat.

Merawat MB saat dorong ekor sebenarnya tidak jauh berbeda dengan merawat ekor MB. Jika anda merawat dengan benar, maka ekor MB akan tumbuh panjang, lentur, kuat, berkilau, dan tak mudah rusak. Anda bisa mencobanya untuk MB kesayangan anda.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara merawat MB dorong ekor. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Baca juga yang ini  : Cara Memaster Pleci Yang Benar

Perawatan MB Dorong Ekor