Latest News

CIBLEK MABUNG? INI PERAWATANNYA

Klub Burung Kicau - Ciblek Mabung? Ini Perawatannya. Ciblek yang merupakan burung lokal berpostur kecil kini semakin diminati dan sedang ramai di pasar burung. Peminat ciblek yang semakin banyak menjadi alasan utamanya. Ciblek bisa dijadikan burung masteran untuk berbagai macam burung kicau lain, atau sekadar untuk klangenan di rumah saja. Ciblek mabung adalah salah satu fase yang pasti akan dilalui, dan membutuhkan perawatan ekstra agar proses mabungnya cepat selesai dan berhasil. Kita tahu bahwa jika ciblek selesai mabung maka ciblek akan lebih oke penampilannya dan bahkan berada di puncak penampilan (top form). Bagaimana cara merawat ciblek mabung? Kami akan berbagi tipsnya untuk anda berdasarkan pengalaman ciblekmania yang sudah sangat memahami ciblek.

CIBLEK MABUNG INI PERAWATANNYA

Ciblek mabung adalah masa di mana bulu lama akan rontok dan diganti dengan bulu yang baru. Mabung atau molting adalah saat dimana ciblek sangat membutuhkan protein yang cukup untuk mempercepat proses pergantian bulunya. Jika asupan protein kurang maka akan memperlama proses mabung ciblek anda. Untuk itu pilihan EF sebagai sumber protein adalah yang paling tepat. Jangkrik atau kroto adalah EF yang paling direkomendasikan untuk memperlancar proses mabung termasuk pada ciblek. Akan lebih maksimal jika anda juga memberikan suplemen/multivitamin pada air minum ciblek. Anda bisa membaca dan melihat berbagai macam multivitamin dan pakan burung secara lengkap disini. Oke langsung saja sobat berikut ini kami berikan salah satu tips perawatan ciblek mabung agar berhasil. Ada banyak metode namun anda bisa mencoba metode ini agar ciblek anda sukses melewati masa mabung dan kembali gacor.

Perawatan Ciblek Mabung


  • Saat ciblek sedang mabung/molting, sebaiknya frekuensi mandi dan jemur dikurangi.
  • Untuk pemandian ciblek mabung, gunakan sprayer/semprotan halus untuk menyemprot ciblek. Namun jangan sampai basah kuyup. Yang penting membersihkan kotoran pada bulu ciblek.
  • Sedangkan untuk penjemuran ciblek mabung, setiap hari hanya dijemur selama 1 jam. Waktu idealnya adalah pagi hari antara jam 7 pagi sampai jam 8 pagi. Dan setelah itu ciblek tidak perlu dijemur lagi.
  • Setelah 1 jam dijemur, ciblek diangin-anginkan selama lebih kurang 15 menit.
  • Setelah itu ciblek kembali dikerodong di tempat yang lembab, tenang, tidak berisik, dan nyaman.
  • Stop pemberian ulat hongkong (UH). EF untuk ciblek mabung diganti dengan 1 ekor jangkrik berukuran kecil dan 1/2 sdt kroto.
  • Pada sekitar jam 1 siang, buka kerodong dan diangin-anginkan selama 30 menit saja.
  • Lalu masukkan ke ruangan dan dikerodong lagi sampai jam 4 sore.
  • Berikan lagi kroto sebanyak 1/2 sdt.
  • Menjelang magrib/petang ciblek dikerodong lagi sampai pagi.
  • Lakukan cara tersebut sampai mabung selesai.

Pada dasarnya selama ciblek mabung sangat membutuhkan energi dan protein yang cukup. Untuk itu kurangi aktivitas yang menguras energi ciblek. Dan yang penting cukupilah kebutuhan nutrisi ciblek agar proses pergantian bulunya lancar dan cepat. Selamat Mencoba Semoga Berhasil.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang perawatan ciblek mabung. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!
Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Baca juga yang ini  : Cara Agar Prenjak Cepat Ngevoer

Ciblek Mabung