TIPS MERAWAT CENDET SAAT MUSIM HUJAN AGAR SEHAT

Burung Cendet-Tips Merawat Cendet Saat Musim Hujan. Anda punya burung cendet/pentet di rumah? Apakah anda kendala merawat cendet saat musim hujan datang? Ya, kita tahu bahwa cendet adalah burung panas. Artinya, cendet sangat menyukai cuaca panas. Makanya cendet sangat suka dijemur, dan betah dijemur selama berjam-jam. Namun cendet akan loyo dan mudah drop saat musim hujan datang. Memang begitulah karakter burung cendet, bagus di cuaca panas tapi mudah melempem di cuaca dingin/hujan. Kami akan berbagi tips merawat cendet saat musim hujan yang benar.

TIPS MERAWAT CENDET SAAT MUSIM HUJAN

Tips Merawat Cendet Saat Musim Hujan. Burung cendet/pentet memang dikenal sebagai burung fighter/petarung. Namun cendet juga mudah stress, bahkan karena mendengar suara rintikan hujan. Cendet juga bisa sangat manja jika salah asuh. Saat masuk musim hujan, sebaiknya anda merawat cendet dengan ekstra. Agar kondisi cendet sehat dan fit. Cendet yang sehat menjadi syarat jadi cendet gacor. Pasalnya, cendet akan mudah ngedrop saat cuaca dingin/musim hujan. Mari langsung saja kita simak tips merawat cendet saat musim hujan berikut ini.

Tips Merawat Cendet Saat Musim Hujan


Ada beberapa perawatan cendet yang bisa anda lakukan di saat musim hujan, antara lain sebagai berikut :

1. Jemur selagi panas
Saat musim hujan, sinar matahari sangat langka. Karena langit hampir selalu mendung. Nah untuk menyiasati itu, jemur cendet jika sinar matahari nampak. Menjemur cendet selama 30-60 menit sudah cukup bermanfaat bagi cendet di musim hujan.

2. Berikan jahe
jahe adalah salah satu tanaman tradisional yang memiliki banyak manfaat, termasuk untuk burung cendet. Jahe mampu menjaga suhu tubuh cendet tetap hangat. Jahe juga bisa mengontrol kadar lemak dalam tubuh cendet. Saat musim hujan cendet cenderung diam dan pasif, namun makannya lebih banyak. Agar tidak kegemukan, anda bisa memberika jahe. Caranya dengan memasukkan potongan jahe yang dipotong kecil-kecil di dalam perut jangkrik. Lalu berikan jangkrik tersebut pada cendet. Jika cendet makan jangkrik tersebut, maka cendet juga makan jahenya. Jahe bisa menjaga cendet agar tetap langsing dan tidak kegemukan.

3. Berikan Ulat Hongkong
Ulat Hongkong (UH) bisa anda berikan pada cendet di musim hujan. Anda bisa memberikan UH pada cendet setiap pagi dan sore. Misalnya pagi 2 ekor, dan sore 2 ekor lagi. Anda juga bisa memberikan pakan tambahan untuk cendet. Misalnya dengan daging ayam mentah. Potong-potong daging ayam mentah sebesar jangkrik. Lalu berikan pada cendet anda.

4. Hangatkan cendet
Cendet akan mudah ngedrop saat musim hujan atau cuaca dingin. Untuk mencegahnya, anda bisa memberikan kehangatan pada cendet. Bisa dengan memberikan lampu bohlam 5 watt di atas sangkar cendet. Ini bisa menjaga suhu tubuh cendet agar tidak drop. Atau bisa juga dengan mengerodong cendet saat pagi, sore, atau saat hujan turun. Kerodong sangat baik untuk menjaga kehangatan tubuh cendet.

4. Masukkan cendet saat turun hujan
Saat hujan turun, anda bisa memasukkan cendet ke dalam ruangan/rumah. Karena cendet sangat mudah stress meskipun mendengar suara hujan turun jatuh di genteng/seng. Jika diperlukan, kerodong sangkar cendet agar tetap hangat.

5. Berikan multivitamin
Multivitamin harus anda siapkan dalam segala situasi, apalagi musim hujan. Karena semua jenis burung termasuk cendet sangat mudah sakit dan drop saat musim hujan. Anda bisa memberikan multivitamin secara rutin 3 kali seminggu. Dapatkan aneka macam multivitamin dan pakan burung berkualitas DISINI.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang tips merawat cendet saat musim hujan. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

Baca juga yang ini : Harga Burung Cucak Terbaru 2015

Tips Merawat Cendet Saat Musim Hujan

stats online users