Latest News

CARA MENJAGA STAMINA BURUNG CENDET AGAR TETAP BAGUS

Kicaukan - Burung cendet atau pentet merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak diminati oleh para kicaumania. Burung cendet bisa berkicau dan ngeplong jika dirawat dengan baik. Salah satu faktor yang bisa membuat cendet tetap gacor adalah stamina yang prima/bagus. Ya, burung mana pun termasuk cendet tidak akan gacor jika staminanya loyo. Untuk itu perlu dijaga staminanya agar cendet siap tampil baik di terk atau saat lomba. Menjaga stamina cendet sebenarnya tidaklah sulit. Dan pada kesempatan ini kami akan berbagi tips tentang cara menjaga stamina burung cendet agar tetap bagus.

CARA MENJAGA STAMINA BURUNG CENDET AGAR TETAP BAGUS

Stamina burung cendet harus tetap prima/bagus agar selalu rajin berkicau dan gacor. Burung cendet merupakan burung yang agresif dan masuk dalam kategori burung predator. Lalu bagaimana cara menjaga stamina burung cendet agar tetap bagus? Untuk lebih jelasnya,simaklah artikel berikut ini sampai akhir. Jika anda melihat burung cendet yang gacor, maka tidak hanya staminanya yang harus dijaga. Termasuk perawatan harian seperti pakan, EF, terapi, dan bentuk perawatan lain. Nah sebelum kita menginjak ke topik utama, ada baiknya anda membaca beberapa artikel tentang burung cendet berikut ini :

Setelah anda membaca artikel tentang burung cendet di atas, mari kita lanjut ke topik semula yaitu tentang menjaga stamina cendet agar tetap oke.

Cara Menjaga Stamina Burung Cendet Agar Tetap Bagus :

1. Melatih fisik cendet
Di habitat aslinya, burung cendet/pentet adalah burung predator dan sifatnya yang teritorial (menjaga daerah kekuasaannya dari ancaman burung lain). Dan untuk menjaga wilayahnya, cendet akan selalu bertengger di dahan pohon yang tinggi dan tidak suka berteduh. Nah untuk melatih fisik dan stamina cendet, anda bisa menjemur cendet. Menjemur burung cendet akan membuat cendet semakin kuat fisiknya dan membuat suara kicauannya semakin kristal. Penjemuran cendet biasanya dilakukan selama 3 jam. Dimulai dari jam 7 pagi sampai jam 10 siang. Bahkan di daerah yang berhawa sejuk, durasi jemur cendet bisa ditambah menjadi 4 jam. Manfaat lain dari menjemur cendet adalah membuat tubuh cendet jadi langsing/tidak gemuk. Sehingga postur cendet terlihat lebih garang dan gagah.

2. Berikan pakan yang berprotein
Pakan yang berprotein tinggi akan membuat cendet memiliki stamina yang prima. Anda bisa memberikan cendet berupa jangkrik, kroto, atau UH. Selain pakan yang berprotein, cendet juga harus diberikan pakan lain sesuai di habitanya, seperti burung-burug kecil atau kadal. Biasanya cendet diberikan jangkrik sebanyak 3-4 ekor setiap pagi, dan pada sore hari dengan jumlah yang sama. Bahkan menjelang lomba, cendet bisa diberi pakan jangkrik sebanyak 10 ekor untuk menaikkan staminanya saat di arena lomba. Suplmen/multivitamin juga bisa menjaga stamina cendet agar tetap bagus saat lomba dan kesehariannya.

3. Memandikan cendet
Burung kicau termasuk cendet perlu dimandikan setiap hari untuk menjaga staminanya tetap oke. Mandi dapat memberisihkan kotoran yang menempel di bulu/badan, membuat segar dan bugar, dan menaikkan mental cendet itu sendiri. Mandi juga dapat dilakukan sebagai terapi saat cendet drop dan macet bunyi. Memandikan cendet bisa dengan disemprot atau dengan mandi di karamba, disesuaikan dengan kebiasaan cendet anda. 

Langkah-langkah di atas merupakan bagian dari perawatan yang baik bagi cendet agar stamina cendet tetap bagus. Maka jika anda ingin stamina cendet kesayangan tetap oke, jangan sungkan untuk mencoba teknik di atas. Stamina bagus harus dimiliki oleh burung kicau apa pun, khususnya cendet. Selamat mencoba.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara menjaga stamina burung cendet agar tetap bagus. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.