CARA PALING AMPUH MEMAKSIMALKAN VOLUME SUARA KICAUAN BURUNG PLECI

Kicaukan - Cara Paling Ampuh Memaksimalkan Volume Suara Kicauan Burung Pleci - Sobat kicaukan, burung pleci atau burung kacamata adalah jenis burung kicauan lokal yang dalam setahun belakangan sedang naik daun. Entah sebabnya apa, yang pasti harga pleci di pasaran sudah meningkat tajam. Bahkan harga pleci ombyokan pun juga mengalami peningkatan harga, terlebih bagi pleci yang sudah jadi atau pernah ikut lomba dan jadi jawara. Harga pleci semakin mahal karena semakin banyak pula peminatnya. Tetapi tahukah anda bagaimana cara memaksimalkan volume suara kicauan burung pleci? 

Pleci yang memiliki postur tubuh kecil memang suaranya tidak terlalu keras, tetapi ada satu cara/trik yang bisa memaksimalkan volume suara kicauan burung pleci. Dan pada kesempatan ini kami akan membahasnya lebih jauh tentang teknik memaksimalkan volume suara pleci. Tetapi bagi anda yang belum sempat membaca artikel tentang pleci, mungkin anda bisa membaca beberapa artikel tentang burung pleci berikut ini :

Nah, ibarat sistem anda sebaiknya membaca 3 artikel tentang pleci di atas sebelum membahas lebih jauh tentang cara memaksimalkan volume suara kicauan burung pleci. Karena di artikel-artikel tersebut dijelaskan tentang dasar-dasar memilih pleci yang bagus dan juga memilih jenis kelamin pleci. Kenapa kita harus berusaha memaksimalkan volume kicauan pleci? Karena dalam lomba/kontes pleci, salah satu unsur yang dinilai oleh juri adalah suara kicauan, baik volume maupun lagunya. Pleci yang memiliki suara kristal tentu lebih dipertimbangkan untuk jadi jawara.

Cara Paling Ampuh Memaksimalkan Volume Suara Kicauan Burung Pleci

Berikut ini beberapa teknik dan cara memaksimalkan volume suara kicauan burung pleci :

1. Penjemuran
Burung pleci sebaiknya dijemur di pagi hari, karena sinar matahari pagi sangatlah baik bagi kesehatan tubuh pleci itu sendiri, dan juga baik untuk kesehatan tulangnya. Tetapi jika anda punya 1 atau lebih pleci, sebaiknya saat dijemur didekatkan. Karena jika ada dua atau lebih pleci yang sudah jadi/gacor, maka biasanya akan bersahut-sahutan. Inilah yang akan membuat pleci akan berusaha memaksimalkan suaranya agar unggul dari pleci yang lain. Untuk mengetahui lebih jelas tentang cara menjemur burung kicau yang baik dan benar, silakan baca di sini. 

2. Melatih fisik pleci
Pleci akan mengeluarkan volume suara dengan maksimal (level paling keras) jika pleci tersebut dalam keadaan fit. Salah satu caranya adalah melatih fisiknya dengan cara yang sederhana. Misalnya menaruh banyak tenggeran dalam sangkar yang jaraknya berjauhan, menjauhkan tempat makan dan tempat minum, atau dengan cara menggunakan sangkar yang lebih besar. Tujuannya adalah agar pleci semakin banyak bergerak sehingga otot-otot dada dan sayap semakin kuat, nafasnya lebih panjang, dan mampu menekan kantung udara sehingga volume suaranya akan maksimal. Melatih fisik pleci boleh dilakukan selama tidak "menyiksa."

3. Pemberian pakan
Untuk menghasilkan pleci jawara dan bersuara maksimal (keras) tentu anda harus menguatamakan pemberian pakan yang benar-benar terjaga kualitasnya. Jangan samapi anda setengah-setengah dalam memberikan pakan, berilah pakan terbaik untuk menunjang volume suara pleci agar maksimal. Jangan lupa juga untuk selalu memastikan pleci anda dalam keadaan sehat dan fit, sehingga pemberian multivitamin secara rutin sangat diperlukan. Intinya, cukupilah segala kebutuhan pleci seperti apa yang ia dapatkan di alam liar. Pakan harus mengandung nutrisi yang komplit, seperti vitamin, mineral, karbohidrat, dengan cara memberikan pakan ekstra (EF). 

4. Pemasteran
Inilah yang perlu anda lakukan jika ingin pleci anda dapat berkicau dengan volume maksimal. Pemasteran dengan mp3 atau burung master dapat meningkatkan kemampuan berkicau pleci dan semakin diasah maka semakin baik. Ibarat penyanyi, semakin sering berlatih maka akan semakin bagus suaranya. Dengan mendengarkan suara master, maka pleci akan terpancing untuk berkicau dan otomatis pita suaranya akan lebih kuat dan menghasilkan suara yang maksimal. 

5. Pengobatan
Burung pleci yang tidak mengeluarkan suaranya dengan maksimal bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya karena infeksi/peradangan tenggorokan, atau ada kotoran/dahak dalam tenggorokan. Nah setiap penyakit/penyebab tentunya memiliki jenis pengobatan yang berbeda pula. Misalnya pleci anda tidak berkicau dengan maksimal karena ada peradangan/luka di tenggorokan. Luka di tenggorokan pleci bisa disebabkan oleh gigitan serangga, atau terkena kaki jangkrik, atau sebab yang lain. Nah untuk mengoabati luka di tenggorokan pleci, anda harus memberikan obat yang khusus untuk menyembuhkan peradangan/luka yang sudah banyak dijualbelikan di toko burung dan perlengkapannya. Sedangkan untuk mengobati dahak yang ada di dalam tenggorokan pleci, anda bisa menggunakan metode gurah atau dengan cara menjemurnya setiap pagi. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Paling Ampuh MemaksimalkanVolume Suara Kicauan Burung Pleci, semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : Ciri-Ciri Bakalan Cendet Yang Berkualitas Bagus.
stats online users