Latest News

CARA MUDAH MEMBEDAKAN MURAI BATU KALIMANTAN DAN SUMATERA TERLENGKAP

Kicaukan - Cara Mudah Membedakan Murai Batu Kalimantan Dan Sumatera Terlengkap - Sobat kicaukan, bagaimana kabar anda hari ini? Sudahkah anda memandikan dan menjemur burung kicau kesayangan anda? Apakah sobat kicaukan punya murai batu di rumah? Apakah murai batu yang anda miliki adalah murai batu kalimantan (borneo) atau murai batu sumatera? Memang untuk membedakan kedua jenis murai batu tersebut tidaklah mudah, karena butuh pengalaman dan ketelitian dari kita. Sekilas memang murai batu kalimantan dan sumatera terlihat sama, tetapi ketahuilah bahwa keduanya memiliki perbedaan. Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara membedakan murai batu kalimantan dan sumatera kepada anda semua.

Cara Mudah Membedakan Murai Batu Kalimantan Dan Sumatera Terlengkap

Murai batu memiliki banyak peminat yang semakin tahun semakin bertambah, sehingga harga jualnya pun tetap stabil. Untuk lomba murai batu, meskipun tidak seramai kenari atau lovebird, tetapi lomba murai batu juga sudah banyak diadakan di berbagai daerah. Tetapi sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara membedakan murai batu kalimantan dan sumatera, ada baiknya anda membaca artikel- artikel tentang murai batu di bawah ini :

Nah, kembali ke topik awal tentang cara membedakan murai batu kalimantan dan sumatera. Tips ini memang tidaklah mutlak, tetapi ini berdasarkan pengalaman para pecinta murai batu yang sudah lama menekuni murai batu (MB). Berikut ini adalah perbedaan dari murai batu kalimantan dan murai batu sumatera :

MURAI BATU KALIMANTAN
  1. Saat berkicau/bunyi, murai batu kalimantan biasanya akan mengembangkan seluruh bulu-bulunya dari bawah leher sampai dengan bawah ekor (dubur).
  2. Pada bagian dada sampai dubur (anus), murai batu kalimantan memiliki warna coklat yang lebih cerah, yaitu coklat kekuning-kuningan.
  3. Pada saat masih trotolan/anakan dan panjang ekornya sudah mencapai 3 cm, antara ujung ekor berwarna putih dan hitam pertumbuhannya hampir sama.

MURAI BATU SUMATERA
  1. Saat berkicau atau bunyi, murai batu sumatera biasanya hanya mengembangkan bulunya dari mulai perut ke bawah. Bahkan ada murai batu sumatera yang tidak mengembangkan bulunya saat bunyi.
  2. Pada bagian dada sampai dubur (anus), murai batu sumatera memiliki warna coklat yang lebih gelap/pekat.
  3. Pada saat masih trotolan/anakan dan panjang ekornya sudah mencapai 3 cm, antara ujung ekor berwarna putih dan hitam pertumbuhannya tidak sama. Bulu ekor yang berwarna hitam pertumbuhannnya lebih cepat dari yang putih.

Memang artikel ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah, tetapi kami menulis artikel ini berdasarkan pengalaman para pecinta murai batu yang tidak bisa dianggap ngawur. Namun semua kembali pada anda, bahkan bila anda memiliki referensi dan saran yang lebih baik kami dengan senang hati menerimanya. Hehe..

Cara Mudah Membedakan Murai Batu Kalimantan Dan Sumatera Terlengkap

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Mudah Membedakan Murai Batu Kalimantan Dan Sumatera Terlengkap. Semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Paling Ampuh Agar Burung Lovebird Cepat Gacor.