Latest News

CARA MENJINAKKAN JALAK SUREN KALIMANTAN PALING AMPUH

Kicaukan - Cara Menjinakkan Jalak Suren Kalimantan Paling Ampuh - Sobat kicaukan, jalak suren kalimantan memang terkenal dengan karakternya yang giras dan liar, sehingga perlu kesabaran yang lebih saat memelihara jalak suren kalimantan ini. Jalak suren kalimantan memang bisa gacor, asalkan bisa jinak terlebih dahulu. Jika jalak suren kalimantan sudah jinak, maka akan merasa nyaman dan akan cepat gacor. Lalu bagaimana cara menjinakkan jalak suren kalimantan paling ampuh? Di artikel ini kami akan membahasnya secara rinci.

Cara menjinakkan jalak suren kalimantan secara garis besar sebenanrnya tidak berbeda jauh dengan menjinakkan burung kicau liar lainnya seperti Murai Batu. Setelah jalak suren kalimantan sudah jinak, maka kemungkinan untuk rajin berkicau/gacor akan semakin besar. Jalak suren kalimantan memiliki sifat dan karakteristik sendiri. Dan untuk mengetahui secara lebih jelas tentang sifat dan karakteristik jalak suren kalimantan, silakan baca di sini. Jalak suren kalimantan cocok untuk masteran, dan yang memiliki kicauan yang lebih bagus dan variatif adalah jalak suren jantan. Untuk mengetahui ciri-ciri jalak suren jantan dan betina, anda bisa membacanya di sini.

Cara Menjinakkan Jalak Suren Kalimantan Paling Ampuh

Oke langsung saja, berikut ini beberapa langkah untuk cara menjinakkan jalak suren kalimantan paling ampuh :

1. Teknik pemberian pakan
Untuk memberi pakan jalak suren kalimantan yang masih liar/giras, maka anda bisa melakukan pemberian pakan secara langsung. Caranya dengan memberikan pakan tanpa cepuk. Misalnya, pegang burung jalak suren dengan tangan kiri anda, lalu berikan pakan dengan tangan kanan anda (seperti menyuap). Jika si burung belum mau makan, jangan dipaksa. Cobalah lagi beberapa saat kemudian sampai si burung mau makan. Cara ini cukup efektif untuk menjinakkan jalak suren kalimantan yang giras/liar, dan dapat membentuk ikatan batin antara pemilik dan burung itu sendiri. Cara ini memang membutuhkan kesabaran dan ketelatenan, juga waktu yang tidak cepat. Tetapi jika anda serius dan konsisten, maka dijamin jalak suren kalimantan anda yang masih liar akan cepat jinak.

2. Teknik penggantangan
Teknik menggantang jalak suren kalimantan yang masih jinak sebaiknya ditempatkan di lokasi yang terbuka dan jauh dari burung lainnya. Menggantang jalak suren liar di lokasi yang terbuka bertujuan agar burung bisa beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Usahakan selalu berpindah tempat setiap hari (variatif) agar burung tidak jenuh. Jauhkan burung dari lokasi penggantangan burung kicau lain, karena jika dekat justru akan drop mentalnya. Setelah sudah terlihat sudah beradaptasi dengan lingkungan baru, anda bisa memindahkan ke lokasi yang agak ramai dengan aktivitas orang. Lakukan secara bertahap agar jalak suren terbiasa dengan orang dan mentalnya menjadi bagus.

3. Teknik pemandian
Memandikan jalak suren kalimantan yang masih giras atau liar juga berbeda dengan burung yang sudah jinak. Caranya dengan menyemprot burung dengan sprayer yang berisi air sampai basah kuyup. Atau bisa juga dengan cara memegang burung kemudian menyelupkannya ke karamba air. Tangan yang satu membasuhkan air ke kepala dan tubuh burung secara perlahan. Cara ini memang sudah banyak dilakukan oleh para kicaumania yang berpengalaman. Dan bagi anda yang belum berpengalaman, kami sarankan untuk menyemprotnya saja. Karena jika belum pernah, bisa jadi anda akan dipatuk dan kaget, dan burung justru akan lepas. Hehe..

Teknik-teknik menjinakkan burung jalak suren kalimantan di atas adalah berdasar pengalaman dari para jalak suren mania yang sudah lama memelihara JS. Dan jika anda cocok anda bisa mempraktikkannya. Tetapi jika tidak cocok, anda tidak harus mencobanya. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Menjinakkan Jalak Suren Kalimantan Paling Ampuh. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : POLA PERAWATAN ANIS KEMBANG TROTOLAN YANG BENAR.