Latest News

CARA PALING JITU PEMASTERAN BURUNG CUCAK HIJAU

Kicaukan - Cara Paling Jitu Pemasteran Burung Cucak Hijau - Sobat kicaukan, cucak hijau atau biasa disebut cucak ijo, CH, atau CI adalah burung kicau yang memiliki karakter suara yang keras dan lantang. Burung cucak ijo menjadi primadona bagi para pecinta burung kicau karena selain kicauannya yang bervariasi dan keras, juga memiliki warna bulu yang mencolok, yaitu hijau. Karena banyaknya peminta inilah maka lomba cucak hijau juga sering diadakan di beberapa daerah di indonesia. 

Ada bagian yang sangat penting dalam membentuk cucak hijau jawara, yaitu pemasteran. Pada artikel sebelumnya sudah kami bahas tentang memahami cara pemasteran burung kicau agar efektif, dan anda bisa membacanya di sini. Sebenarnya untuk pemasteran cucak hijau tidak berbeda jauh dengan pemasteran burung kicau secara umum. Hanya saja karakter cucak hijau tidak sama dengan burung kicau lainnya. Cucak hijau cenderung lebih bisa menerima kicauan dari burung jenis lain dan lebih variatif. Tetapi lebih cepat lupa dengan suara masterannya jika berpindah atau berganti lingkungan. Inilah yang harus anda pahami tentang cucak hijau. 

CARA PALING JITU PEMASTERAN BURUNG CUCAK HIJAU

Tetapi sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara paling jitu pemasteran cucak hijau, alangkah baiknya anda membaca artikel-artikel tentang cucak hijau berikut ini :

Setelah anda membaca artikel-artikel di atas, mari kita kembali ke topik semula yaitu tentang cara paling jitu pemasteran burung cucak hijau. Dari kesimpulan kami terhadap analisa tentang cucak hijau khususnya dalam melakukan mastering, maka poin-poin penting dalam memaster cucak hijau adalah sebagai berikut ini :
  1. Saat memaster cucak hijau, pastikan lingkungan di sekitar cucak hijau tenang dan nyaman. Artinya, sebisa mungkin tidak ada gangguan dari luar yang dapat mengganggu pendengaran cucak hijau saat mendengar suara master. Misalnya suara bising knalpot kendaraan, musik, suara teriakan orang, dan juga tidak ada gangguan dari tikus, kucing, anjing, dan lain sebagainya. 
  2. Untuk jarak antara cucak hijau yang akan dimaster dengan suara masterannya, idealnya adalah 3-5 meter. Dengan catatan volumenya tidak terlalu keras namun jelas terdengar. 
  3. Sesuaikan suara master dengan karakter suara cucak ijo. Misalnya suara master burung kacer, murai batu, cendet, atau anis merah. 
  4. Burung cucak hijau lebih mudah menerima dan menghafal suara masteran pada saat berganti bulu/mabung nyulam. Ciri-cirinya adalah beberapa bulu sayap atau ekor yang rontok.
  5. Agar lebih maksimal, maka pemasteran sebaiknya dilakukan secara rutin dan di waktu yang sama. Misalnya anda memaster cucak hijau pada jam 13.00 - 16.00 dan 22.00 - 06.00. Maka untuk hari-hari berikutnya sebaiknya anda memaster cucak hijau pada jam yang sama pula. Tujuannya aga cucak hijau akan terbiasa dan siap dalam mendengar suara master.
  6. Lakukan langkah-langkah di atas sampai cucak hijau anda rajin bunyi dan gacor. Apakah kicauannya bervariasi atau tidak. 

Cara-cara di atas sebenarnya bukan hanya bisa diterapkan pada cucak hijau saja, tetapi bisa juga diterapkan pada burung kicau lainnya seperti murai batu, kacer, cendet, atau anis merah. Yang dibutuhkan hanyalah konsistensi dan persiapan yang matang dalam hal kenyamanan lingkungan dan teknik mastering. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Paling Jitu Pemasteran Burung Cucak Hijau. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Jika ada kekurangan atau kesalahan, mohon pencerahannya. :)
Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Memahami Cara Memaster/Mastering Burung Kicau Agar Efektif.