Latest News

CARA MENGATASI ANIS KEMBANG MACET BUNYI

Kicaukan - Cara Mengatasi Anis Kembang Macet Bunyi - Sobat kicaukan, anis kembang yang macet bunyi adalah anis kembang yang biasanya gacor dan rajin berkicau, namun karena beberapa sebab berhenti berkicau. Ini berarti bahwa anis kembang (AK) yang macet bunyi adalah AK yang sudah bunyi, dan bukan anis kembang bakalan. Nah bagi para anis kembang mania pada kesempatan ini kami akan berbagi tips mengenai cara mengatasi anis kembang macet bunyi. Simak artikel berikut ini dengan saksama.

Anis kembang yang sudah gacor tentu sangat memuaskan kita sebagai pemiliknya. Tetapi akan membuat kita stress jika anis kembang tersebut tiba-tiba diam/macet bunyi. Tentu ini pernah dialami oleh beberapa AK mania, dan setiap orang mempunyai solusi yang berbeda-beda. Tetapi sebelum kita membahas tentang cara mengataso anis kembang macet bunyi, mungkin anda tertarik untuk membaca artikel-artikel tentang anis kembang berikut ini :

Setelah membaca artikel-artikel di atas, mari kita lanjut kembali ke topik utama tentang cara mengatasi anis kembang macet bunyi. Tetapi sebelumnya, kami tekankan bahwa tips ini belum tentu berhasil untuk setiap orang. Tergantung dari kondisi anis kembangnya dan kita sebagai pemiliknya. Namun tidak ada salahnya kita mencoba, bukan?

CARA MENGATASI ANIS KEMBANG MACET BUNYI
Ilustrasi AK macet bunyi

Berikut ini beberapa langkah untuk cara mengatasi anis kembang macet bunyi yang bisa anda praktikkan di rumah :
  1. Pastikan anis kembang anda adalah jantan dan pernah bunyi (bukan bakalan).
  2. Untuk pemulihan agar kembali bunyi dan gacor, maka selama masa penyembuhan sebaiknya dijauhkan dari burung lain (yang gacor) dan juga dijauhkan dari AK betina.
  3. Gantang anis kembang di tempat yang nyaman, sepi dan tenang. Untuk tempat menggantang yang paling baik adalah di bawah pohon yang rindang, sejuk, tenang, dan jauh dari gangguan. Anda bisa menentukan lokasi di sekitar rumah anda. 
  4. Berikan tambahan makanan berupa jangkrik sebanyak 3-4 ekor (disesuaikan dengan kemampuan AK) setiap pagi dan sore.
  5. Berikan buah-buahan segar yang kaya akan nutrisi dan vitamin untuk mengembalikan performa anis kembang. Misalnya buah naga, buah apel, buah pisang, pepaya, dan ditaruh dalam satu wadah. Jadi anda bisa mengiris buah kecil-kecil dan dicampur dalam satu cepuk/wadah. Ini lebih efektif daripada anda hanya memberikan 1 macam buah saja.
  6. Pagi hari ((saat fajar) sangat dianjurkan untuk diembunkan. Dan pada saat diembunkan tersebut anda bisa berikan cacing tanah 1 ekor saja.
  7. Di pagi hari (sekitar pukul 07.00) berikan lagi kroto segar sebanyak 1 sdt.
  8. Mandikan AK seperti biasanya lalu diangin-anginkan. Kemudian dijemur sebentar (maksimal 30 menit saja).
  9. Setelah dijemur, gantang kembali AK di tempat yang nyaman, sepi, dan tenang.
  10. Anda bisa memancing AK yang macet bunyi dengan suara AK betina. Bisa dengan siulan atau audio mp3 yang banyak tersedia.
  11. Suplemen tambahan bisa anda berikan untuk mengembalikan performa AK yang macet. Tak bisa dipungkiri bahwa AK macet bunyi bisa jadi karena asupan nutrisi yang kurang. Akan lebih baik lagi jika anda konsultasikan dengan dokter hewan yang ada di lingkungan anda.

Sobat kicaukan, memang anis kembang yang macet bunyi dapat disebabkan oleh banyak faktor. Tetapi yang pasti, terapi di atas boleh anda praktikkan dulu. Untuk hasilnya, tergantung dari kondisi AK dan bagaimana cara kita merawatnya. Karena berbeda tangan maka berbeda rasa. Hehe.. Selamat mencoba.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Mengatasi Anis Kembang Macet Bunyi. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!  

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : POLA PERAWATAN AGAR MENTAL BURUNG CENDET TETAP BAGUS.