Latest News

CARA MENGHASILKAN KENARI YORKSHIRE (YS) LOKAL

Kicaukan - Cara Menghasilkan Kenari Yorkshire (YS) Lokal - Bagi anda para penggemar kenari, tentu sudah sangat sering mendengar kenari yorkshire (kenari YS). Kenari bertubuh gempal dan tinggi tegak ini menjadi salah satu primadona di kelas kenari. Ini terbukti dengan semakin banyaknya peminat kenari YS lokal. Untuk prestasi, kenari YS lokal sudah tidak diragukan lagi. Anda tentu tahu jagoan-jagoan kenari YS seperti liontin dan new obelix. Keduanya adalah jawara di berbagai even lomba kenari. Sebagai penggemar kenari, tentu ada perasaan ingin memiliki atau mencetak kenari YS lokal juga. Itu sangat manusiawi, dan untuk itu kami akan berbagi tips mengenai cara menghasilkan kenari yorkshire (YS) lokal. 

CARA MENGHASILKAN KENARI YORKSHIRE (YS) LOKAL
KENARI YORKSHIRE (YS) LOKAL

Cara menghasilkan kenari yorkshire (YS) lokal sebenarnya sangat sederhana jika dilihat dari persilangan. Tapi sebelumnya kita harus tahu dulu apa yang dimaksud lokal. Lokal adalah produk/hasil dari dalam negeri (indonesia). Jadi kenari YS lokal adalah kenari YS yang lahir di indonesia. Dengan pengertian tersebut, maka untuk menghasilkan kenari YS lokal adalah dengan mengawinkan kenari YS impor jantan dan YS impor betina. Atau bisa juga dengan mengawinkan kenari YS impor jantan dan kenari lokal betina. Istilah untuk cara yang kedua adalah blasteran. Hehe. Salah satu keunggulan kenari YS adalah postur tubuh yang tinggi dan gagah. Tidak seperti kenari lokal yang rata-rata berukuran kecil. 

Secara garis besar, untuk menghasilkan kenari yorkshire (YS) lokal ada empat cara. Namun mengapa kenari YS lokal menjadi naik daun? Setelah ditelusuri, ternyata kenari YS lokal (lahir di indonesia) mempunyai daya tahan yang bagus untuk cuaca di indonesia. Berbeda dengan kenari YS impor yang lebih rawan sakit menghadapi cuaca di indonesia. Ini sangat lumrah, karena YS lokal sudah beradaptasi dengan cuaca di indonesia sejak ia dalam telur. Berbeda dengan YS impor (dari Belanda dan Inggris) yang terbiasa dengan 4 musim. Kesimpulannya adalah kenari YS lokal lebih kuat dan mudah untuk beradaptasi dengan cuaca di indonesia. Kami juga pernah berbagi tips mengenai cara merawat kenari yorkshire impor yang baru beli, dan anda bisa membacanya di sini. 

Untuk menghasilkan kenari YS lokal, beberapa peternak bahkan mengawinkan kenari YS jantan dan betina filial 1 (F1).  Kenari F1 adalah hasil dari perkawinan antara kenari YS jantan dan betina impor. Jadi hasil yang didapatkan dari perkawinan kenari YS F1 jantan dan betina disebut F2. Kenari F2 memiliki darah YS murni 100%, dan memiliki ketahan tubuh yang lebih bagus karena sudah beradaptasi di indonesia. Selain cara tersebut, ada juga peternak yang mengawinkan kenari F1 jantan dengan kenari lokal betina. Hasilnya adalah kenari F2 lokal yang juga sudah beradaptasi dengan cuaca di indonesia. Ini membuka kemungkinan yang besar kenari YS lokal bisa hidup/tidak mati.

Cara Menghasilkan Kenari Yorkshire (YS) Lokal :

Seteah membaca penjelasan di atas, maka ada beberapa kesimpulan yang bisa kita ambil. Bahwa ada beberapa cara mencetak kenari yorkshire (YS) lokal, yaitu sebagai berikut :

  1. Mengawinkan kenari yorkshire (YS) jantan dan betina impor.
  2. Mengawinkan kenari yorkshire (YS) jantan impor dan kenari betina lokal.
  3. Mengawinkan kenari YS F1 jantan dengan kenari YS F1 betina.
  4. Mengawinkan kenari YS F1 jantan dan kenari betina lokal.

Kenari yorkshire lokal bisa menjadi alternatif bagi anda yang ingin memiliki kenari dengan postur tubuh tinggi dan gagah. Meskipun kenari lokal biarpun kecil juga mempunyai kualitas yang tak kalah hebat. Buktinya sudah jelas tercatat dalam sertifikat lomba papubri solo dan klaten. Jadi semua terserah anda mau pilih yang mana. Hehehe. Oiya sobat kicaukan, jika mau melihat koleksi kerajinan sangkar kenari silakan baca di sini.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara menghasilkan kenari yorkshire (YS) lokal. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter atau Google +. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : Cara Mengatasi Cendet Salto