Latest News

MANFAAT MENGGANTANG BURUNG PLECI

Kicaukan - Manfaat Menggantang Burung Pleci - Sobat kicaukan khususnya plecimania (Pleman), kini saatnya kami berbagi informasi mengenai burung kacamata ini. Tentu anda sering menggantang pleci jagoan anda di tempat yang tinggi atau di bawah dahan pohon bukan? Tahukah anda bahwa menggantang pleci di tiang tinggi atau di dahan pohon memiliki banyak manfaat bagi pleci itu sendiri. Saat ini memang sudah wajib untuk menggantang pleci di tiang tinggi atau sekadar di dahan pohon. Nah apakah anda tahu apa saja sih manfaat menggantang pleci? Kami akan berbagi informasinya secara lengkap hanya untuk anda.

MANFAAT MENGGANTANG BURUNG PLECI

Menggantang pleci di ketinggian atau di dahan pohon memiliki efek positif bagi psikologis pleci. Kita tahu bahwa burung pleci adalah burung koloni, yaitu burung yang hidup secara berkelompok. Jadi jika pleci dipisahkan dari koloninya/temannya tetapi masih bisa melihatnya, maka pleci akan mengeluarkan suara "cit..cit..cit.. yang keras/lantang untuk memanggil pleci lainnya. Dan jika pleci mendengar suara pleci lain, maka secara spontan akan mengeluarkan suara ngalasnya. Banyak pleman yang menggantang pleci di ketinggian. Tujuannya adalah pleci tidak bisa melihat pleci lain/burung lain, kecuali hanya suaranya saja. Apakah anda juga menggantang pleci anda di ketinggian? Atau di bawah pohon saja?

Pleci yang melihat pleci lain, maka pleci tidak akan fokus. Pleci hanya akan mengeluarkan suara panggilan untuk teman-temannya dna tidak mau berkicau gacor. Namun bagi anda plecimania yang tak punya lahan luas, anda bisa menggantang pleci di ketinggian dengan menggunakan tiang buatan sendiri. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menggantang pleci anda. Misalnya anda membuat tiang yang diberi kerekan, atau dengan menggantang pleci di pohon yang paling tinggi. Semua itu sah-sah saja dilakukan, yang penting pleci tidak melihat pleci lain. Anda bisa membuat berbagai macam model gantangan yang tepat untuk pleci anda, disesuaikan dengan kondisi lingkungan anda.

Nah bagi anda yang tidak mempunyai tiang kerekan atau gantangan buatan, maka anda bisa memanfaatkan pohon-pohon di lingkungan anda. Misalnya, anda punya 3 ekor pleci. Nah pleci yang pertama digantang di bagian pohon yang paling tinggi. Pleci kedua digantang di bagian pohon yang lebih rendah. Dan pleci ketiga bisa digantang di bagian pohon yang paling rendah. Yang terpenting adalah pleci tidak bisa melihat pleci lain, dan hanya bisa mendengarkan suaranya saja. Keuntungan dari menggantang pleci di dahan pohon adalah anda tak perlu mengluarkan biaya untuk membuat tiang gantangan. Keuntungan lain adalah pleci terhindar dari sengatan panas matahari secara langsung karena terhalangi oleh daun-daun di pohon. Suasana akan lebih teduh dan nyaman bagi pleci anda. Namun anda juga wajib mengecek sesering mungkin, karena di pohon banyak hewan pengganggu. Seperti ular, semut, dan serangga-serangga lain.

Muncul pertanyaan, "Kapan waktu terbaik untuk menggantang pleci?" Jawabannya adalah saat pleci dijemur. Pleci dijemur setelah mandi, karena di saat itulah pleci dalam kondisi segar dan topform. Nah apa saja manfaat menggantang burung pleci? Berikut ini adalah manfaat menggantang pleci yang bisa kami informasikan :

Manfaat Menggantang Burung Pleci Di Ketinggian :

  • Bisa membuat mental pleci menjadi bagus/semakin bagus. Tak heran jika banyak pleci kontes yang tak lepas dari sistem gantang ini. Baca perawatan pleci menjelang lomba di sini.
  • Bisa membuat pleci mengeluarkan suara ngalas dan keras. Cara ini bisa membuat pleci berkicau dengan suara ngalas yang keras dan lantang.
  • Membatasi pleci agar tidak melihat pleci lain, sehingga tetap fokus.

Namun bagi anda para plecimania jangan lupa untuk memahami situasi sebelum atau saat menggantang pleci anda. Pastikan anda menurunkan sangkar pleci dari gantangan jika cuaca semakin panas, dan sinar matahari semakin terik. Jika anda membiarkan pleci digantang di bawah sinar matahari panas terlalu lama, maka pleci anda bisa dehidrasi. Salam Pleman.!!!

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang manfaat menggantang burung pleci. membedakan kacer trotolan jantan dan betina. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Jangan lupa membaca yang ini juga sobat : Murai Batu Pincang : Penyebab Dan Solusinya