Latest News

CARA MENJODOHKAN KACER UNTUK BETERNAK BAGI PEMULA

Kacer Poci-Cara Menjodohkan Kacer Untuk Beternak. Burung kacer atau poci memang menjadi idola di kalangan kicaumania Indonesia. Gaya kicauan kacer gacor yang nyentrik dan suara yang merdu lagi lantang adalah jaminannya. Maka dari itu harga burung kacer masih tetap stabil di angka yang lumayan mahal. Hehe. Banyak kicaumania yang mencoba menangkar kacer dengan niat yang kuat. Namun apa daya banyak kesulitan dalam beternak kacer. Pada kesempatan sebelumnya kami pernah berbagi informasi cara beternak kacer agar berhasil dan beberapa penyebab kegagalan beternak kacer. Dan saat ini kami akan berbagi tips tentang cara menjodohkan kacer untuk beternak.

CARA MENJODOHKAN KACER UNTUK BETERNAK

Cara menjodohkan kacer untuk beternak memang susah-susah gampang. Artinya, ada yang bilang sangat mudah menjodohkan calon indukan kacer. Tapi banyak juga yang mengatakan sulit untuk menjodohkan calon indukan kacer. Nah permasalahan yang sering ditemui dalam menjodohkan indukan kacer adalah ketika kacer jantan dan betina justru berkelahi/perang, dan bukan bermesraan. Hehe. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mempercepat proses penjodohan indukan kacer? Berikut ini cara menjodohkan kacer untuk beternak selengkapnya.

Cara Menjodohkan Kacer Untuk Beternak


Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan agar calon indukan kacer cepat jodoh. Antara lain sebagai berikut :
  1. Masukkan calon indukan kacer betina ke dalam kandang penangkaran
  2. Sedangkan calon indukan kacer jantan ditaruh di dalam sangkar yang berbeda. Posisinya, jangan sampai saling melihat dan cukup berjauhan. Yang penting keduanya bisa saling mendengar kicauan masing-masing.
  3. Tunggu selama beberapa hari sampai kacer betina merespon kicauan kacer jantan. Kacer betina akan menyahut kacer jantan dengan kicauannya.
  4. Jika kacer betina sudah merespon kicauan kacer jantan, dekatkan kacer jantan. Namun jangan dicampur dulu. Biarkan terpisah namun jaraknya dekat.
  5. Tunggu sampai kacer betina memunguti bahan sarang dan menatanya. Itu artinya kacer betina sudah menerima jodohnya dan siap reproduksi/siap kawin.
  6. Lalu pindahkan kacer jantan ke kandang penangkaran tersebut.
  7. Usahakan memindahkan kacer jantan saat menjelang magrib/gelap. Karena saat itulah waktu keduanya untuk beristirahat.
  8. Tunggu beberapa hari sambil terus diamati.
  9. Jika sudah berjodoh, keduanya akan kawin dan kacer betina segera bertelur.
  10. Yang penting anda harus selalu mengamatinya. Jika terjadi sesuatu segera cari solusinya.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara menjodohkan kacer untuk beternak. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

Cara Menjodohkan Kacer