Latest News

KACER KEGEMUKAN? INI SOLUSINYA

Komunitas Penghobi Burung-Kacer Kegemukan? Ini Solusinya. Burung kacer atau burung poci memang memiliki suara kicauan yang khas dan sangat indah. Karakternya yang petarung dan pantang menyerah menjadi nilai plus dari burung berwarna hitam ini. Namun dibalik gagahnya kacer dan indahnya kicauannya, kacer juga sangat rentan mengalami masalah kegemukan. Atau bahasa kerennya obesitas. Nah kacer yang kegemukan memang biasanya terjadi setelah burung selesai mabung/molting. Lalu apa dampaknya jika kacer kegemukan? Pastinya kacer akan banyak diam dan tidak rajin berkicau. Hmmm, tentu sobat tak ingin semua ini terjadi bukan? Kami akan sedikit berbagi tips untuk kacer, dengan tema "Kacer Kegemukan? Ini Solusinya."

KACER KEGEMUKAN? INI SOLUSINYA

Kacer kegemukan bukan hal yang sepele. Karena jika dibiarkan kacer tak mungkin tampil maksimal. Jika kacer terlalu gemuk maka akan mudah terjangkit penyakit karena geraknya yang berkurang. Bahkan bisa membuat kacer mbagong dan malas bunyi. Lalu bagaimana cara mengatasi kacer yang terlalu gemuk? Apa saja yang bisa kita lakukan untuk mengurangi lemak pada kacer, agar kacer gacor lagi? Berikut ini akan kami sampaikan tips mengatasi kacer kegemukan.

Kacer Kegemukan? Ini Solusinya

Ada beberapa terapi atau treatment untuk kacer yang kegemukan. Cara-cara ini bisa mennguragi lemak dalam tubuh kacer dan membuatnya tampil oke lagi. Berikut ulasannya :

1. Kurangi voer
Anda tentu sudah tahu kalau pemberian voer yang berlebihan bisa membuat kacer menjadi gemuk. Untuk mengurangi lemak pada kacer, kurangi voernya. Satu hal yang penting, sebaiknya anda tak memberikan voer pada saat kacer sedang dimandikan atau setelah dimandikan. Cukup berikan 2 sendok voer saat kacer sedang dijemur. Sedangkan untuk porsi jangkrik dan EF lain sebaiknya jangan terlalu banyak. Misalnya berikan 3 ekor di pagi dan sore hari.

2. Pindahkan ke sangkar yang lebih besar
Jika disuruh memilih tentu anda tak ingin memindahkan kacer ke sangkar baru. Apalagi jika kacer sudah nyetel dengan sangkar lama. Tetapi demi kepentingan untuk mengurangi lemak pada kacer, anda bisa memindahkannya. Pindahkan kacer di sangkar harian yang berukuran lebih besar dan luas. Kemudian pakan dan minuman ditaruh berjauhan dan ditaruh di dasar sangkar. Tangkringan juga ditaruh di tempat yang tinggi. Tujuannya agar kacer rajin bergerak dan melatih otot-otot sayapnya agar tak banyak diam. Dengan begitu kacer yang lapar akan terbang menuju pakan. Begitu seterusnya sampai kacer lebih ramping dan aktif.

3. Berikan buah dan sayuran
Tak bisa dipungkiri bahwa buah dan sayuran sangat baik untuk kesehatan kacer. Termasuk untuk mengurangi lemak pada burung kacer. Ada beberapa buah dan sayuran yang bisa anda berikan pada kacer anda. Misalnya pepaya, bengkoang, mentimun, kacang panjang, brokoli. Agar kacer lebih mudah memakannya, potong kecil buah dan sayurannya. Atau bisa juga dengan diparut lalu dicampur dengan voer.

4. Terapi mandi dan jemur
Kacer yang kegemukan bisa diatasi dengan terapi mandi jemur yang lebih lama. Misalnya, mandikan kacer sehari 3 kali. Lalu mandi malam 2 kali seminggu. Untuk penjemuran, jemur kacer di kandang umbaran yang luas. Agar kacer leluasa bergerak dan lemak terurai dan berkurang. Durasi penjemuran bisa juga ditambah 1 jam lebih lama. Namun jangan sampai berlebihan karena bisa membuat kacer dehidrasi.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang kacer kegemukan? ini solusinya. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

Cara Mengatasi Kacer Kegemukan