SEJARAH DAN KEISTIMEWAAN KENARI JAMBUL (CRESTED CANARY)

Kicaukan - Sejarah Dan Keistimewaan Kenari Jambul (Crested Canary) - Burung kenari terdiri atas beberapa varietas seperti varietas postur (posture variety), varietas warna (color bred variety), varietas lagu (song variety), kenari bagal/hybrid (mule and hybrid variety), dan juga varietas persilangan. Dari beberapa varietas tersebut kemudian terbagi menjadi beberapa macam jenis kenari. 

Jika pada kesempatan sebelumnya kami telah berbagi informasi mengenai american singer canary, belgian fancy canary, border canary, dan kenari warna, maka dalam ksempatan ini kami akan berbagi informasi tentang salah satu jenis kenari yaitu kenari jambul (crested canary). Mungkin anda sudah banyak mendengar tentang kenari ebrjambul ini, tetapi alangkah baiknya jika anda mengetahui lebih jelas dan lengkap tentang kenari jambul ini. 

Sejarah Dan Keistimewaan Kenari Jambul (Crested Canary)

Sesuai dengan namanya, kenari jambul/crested canary berbarti kenari yang memiliki jambul/mahkota di atas kepalanya. Kenari jambul pada awalnya dikenal dengan sebutan "Turn Crown" dan kemudian mempunyai julukan baru yaitu King Of The Fancy (Raja Fantasi). Kenari jambul merupakan kenari asli skotlandia dan kemudian menyebar ke seluruh dunia seiring bertambahnya peminat. 

Kenari jambul termasuk dalam varietas postur (posture variety) karena dikembangkan untuk memiliki keunikan dan keindahan pada postur tubuhnya (terutama jambul) dan tidak begitu memperhatikan warna dan lagunya. Pada akhir tahun 1800-an, crested kenari adalah jenis kenari yang paling mahal dan paling populer. Tetapi karena harganya yang sangat mahal membuat para pecinta kenari jambul harus gigit jari, dan hanya orang kaya lah yang bisa memilikinya. 

Ada beberapa ciri khas dari kenari jambul, di antaranya sebagai berikut ini :
  • Mempunyai mahkota. Mahkota/jambul ari kenari ini bulat dan menutupi seluruh bagian kepala atas dan menutupi matanya. Ciri mahkota yang baik antara lain luas, tebal, dan lebat.  
  • Mempunyai badan yang besar dan bidang
  • Mempunyai kepala yang besar
  • Leher besar dan pendek
  • Mempunyai bulu yang lebi tebal dan lebat dibandingkan kenari jenis lain.

Kenari jambul adalah kenari yang senagaja dikembangkan untuk keindahan jambulnya, dan bukan lagu atau posturnya. Karena keindahannya inilah banyak sekali para pecinta kenari yang ingin memilikinya. Kenari jambul termasuk kenari yang kuat, dan terbiasa ditangkar di kandang yang luas. Jadi jika anda ingin memelihara kenari maka sebaiknya anda menyiapkan kandang/sangkar yang luas. 

Kenari jambul hanya berukuran 4,5 inci atau sekitar 11,43 cm dan termasuk kenari berukuran kecil. Namun kenari jambul memiliki badan yang padat/gemuk dan bulunya pun lebih lebat. Kenari jambul termasuk kenari yang tidak begitu agresif, dan cenderung pemalu. Untuk itu sebaiknya ditangkar dalam sangkar yang terpisah dari burung jenis lain. Beberapa jenis kenari lain yang juga memiliki jambul (crest) adalah Crested Norwich Canary, Crested Stafford Canary, Gloster Canary, dann Crested Lancashire Canary. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang sejarah dan keistimewaan kenari jambul (crested canary), semoga bermanfaat bagi anda dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!    

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.   
Baca juga artikel menarik berikut ini : Sejarah Dan Karakteristik Kenari Warna (Color Bred Canary).
stats online users