Latest News

MEMAHAMI KENAKALAN KACER DAN SOLUSINYA

Memahami Kenakalan Kacer Dan Solusinya. Bagi anda penggemar burung kacer/poci, atau sudah merawat kacer cukup lama, pasti mengenal tingkah laku kacer yang kadang aneh dan sulit diatasi. Kacer memang burung yang berkarakter keras dan fighter. Jadi kacer mudah untuk berperilaku aneh sehingga membuat kita jadi bingung. Anda pasti tahu bagaimana pusingnya jika kacer anda ngruji/ngeruji, kacer salto, kacer yang suka turun dari tenggeran/tangkringan, atau bahkan kacer yang gamar menyerang burung lain. Beberapa penyakit kacer itu bisa dikatakan sebagai kenakalan kacer yang harus kita atasi. Bagaimana caranya? Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips untuk anda dalam memahami kenakalan kacer dan solusinya. Semoga apa yang kami sampaikan bisa membantu anda semua sobat.

MEMAHAMI KENAKALAN KACER DAN SOLUSINYA

Kenakalan kacer bisa diartikan sebagai perilaku aneh dan tidak normal yang dilakukan oleh kacer, sehingga mengganggu penampilan kacer. Untuk kacer lomba, jelas kenakalan ini sangat merugikan karena bisa mengurangi penilaian juri. Nah untuk mengatasi kenakalan kacer, maka harus disesuaikan dengan jenis kenakalannya. Karena setiap perilaku nakal kacer tidak bisa sembarangan cara mengatasinya. Pada kesempatan sebelumnya kami juga pernah berbagi tips tentang mengatasi kacer diam saat lomba. Kembali ke topik awal, bagi anda kacermania yang bingung dengan kenakalan kacer, simak tips berikut ini. Tips ini bisa anda lakukan jika memang kacer anda nakal dan berperilaku aneh.

Kenakalan Kacer Dan Solusinya

Ada beberapa jenis kenakalan kacer yang bisa diterapi agar kembali normal. Dan cara-cara ini berdasarkan pengalaman dan hasilnya positif.

1. Mengatasi Kacer Salto
Nah kenakalan kacer yang pertama ini adalah yang sering dilakukan oleh kacer. Kacer yang suka salto bisa disebabkan karena banyak hal, misalnya karena OB atau karena sangkar yang kurang nyaman. Nah untuk mengatasi kacer salto bisa dilakukan dengan banyak cara, di antaranya sebagai berikut :
  • Mengurangi porsi EF jika anda indikasi kacer OB.
  • Mengganti posisi tangkringan. Posisi tangkringan bisa dinaikkan agar ruang kacer untuk salto semakin sempit.
  • Mengganti sangkar kacer dengan atap yang rata/tidak melengkung.
  • Menutup atap sangkar dengan kain.
  • Memberi ranjau pada atap sangkar. Bisa dengan rajau pentil atau bola.
  • Memindahkan kacer ke kandang umbaran agar geraknya leluasa.
  • Full kerodong.

Cara-cara di atas sebenarnya bisa anda coba, dan pada akhirnya anda akan memahami cara-cara mana saja yang efektif mengatasi kacer salto.

2. Mengatasi Kacer Kanibal
Kacer kanibal diartikan dengan perilaku kacer yang suka mencabuti bulunya sendiri, terutama di bagian dada. Jika kacer terus mencabuti bulunya sendiri, maka akan terjadi iritasi dan akhirnya jatuh sakit. Penyebabnya rata-rata karena kacer stress dan drop mentalnya setelah melihat burung kacer lain atau mendengar suara burung lain yang lebih keras dan oke. Biasanya setelah lomba atau trek. Untuk itu anda harus memahami dulu kacer siap lomba. Untuk mengatasi kacer kanibal, ada salah satu cara yang bisa anda coba. Caranya adalah sebagai berikut :
  • Karantina kacer ke ruangan yang tenang dan jauh dari burung lain. Jangan sampai mendengar kicauan burung lain.
  • Berikan buah-buahan seperti pepaya, pisang, atau mentimun. Jika tidak terbiasa, buah bisa dipotong kecil-kecil.
  • Stop pemberian EF. Pakan hanya pakan kering dan voer saja.
  • Juga bisa dipindahkan ke kandang umbaran yang lebih luas agar suasananya baru.

Itulah terapi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kacer kanibal atau suka mencabuti bulunya sendiri. Pada dasarnya karena drop mentalnya, stress, atau bisa juga karena OB.

3. Mengatasi Kacer Anjlok
Kacer anjlok adalah bahasa jawa yang artinya turun. Maksudnya adalah kacer yang suka turun dari tangkringan. Kacer yang suka turun dari tangkringan tentu sangat mengganggu penampilan kacer anda, apalagi saat di lapangan. Nah untuk menyiasatinya, anda bisa melakukan cara-cara berikut ini :
  • Dengan menaruh balok es di dasar sangkar agar kacer tidak turun dari tangkringan.
  • Dengan memasang karet pentil di dasar sangkar.
  • Dengan memasang ranjau bola.

Anda bisa memilih di antara cara di atas dan diterapkan untuk kacer yang suka anjlok. Jika satu cara belum berhasil, cobalah cara yang lain lagi sampai ketemu terapi yang pas.

4. Mengatasi Kacer Ngruji
Kacer ngruji/ngeruji adalah perilaku kacer yang juga harus segera diatasi. Untuk cara mengatasi kacer ngeruji ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, di antaranya sebagai berikut :
  • Mengganti sangkar kotak dengan sangkar bulat.
  • Atau mengganti sangkar bulat dengan sangkar kotak.
  • Porsi EF dikurangi.
  • Bisa juga diberi buah pepaya dan pisang.
  • Berikan larutan penyegar untuk meredam birahi kacer. Namun kami sarankan jangan terlalu sering memberi larutan penyegar.

Sebenarnya setiap kacermania punya pengalaman masing-masing dalam mengatasi kacer yang nakal. Untuk itu anda boleh saja mencoba tips dari kami, tetapi jika anda sudah punya cara jitu lain maka jangan ragu untuk mencoba. Semoga Kacer Anda Kembali Normal dan Gacor.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang memahami kenakalan kacer dan solusinya. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Jangan lupa membaca yang ini juga sobat : Cara Paling Ampuh Agar Bakalan Kacer Rajin Bunyi

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.

Memahami Kenakalan Kacer Dan Solusinya