Latest News

JENIS-JENIS BURUNG PLECI-KACAMATA

Plecimania - Jenis-Jenis Burung Pleci (Kacamata). Bagi sebagaina pleci mania yang sudah berpengalaman atau sudah lama mengenal pleci, mungkin sudah tahu beberapa jenis burung pleci. Namun bagi kicaumania pemula atau plecimania muda, belum tentu semua tahu apa saja jenis burung pleci. Saat ini ada sekitar 7 jenis burung pleci yang memiliki ciri masing-masing. Secara kasat mata bisa dilihat perbedaannya. Pleci memang menjadi burung yang fenomenal dengan semakin banyaknya penggemar. Pada kesempatan ini kami akan sedikit berbagi informasi kepada anda khususnya penggemar burung pleci, tentang berbagai macam jenis dan spesies pleci.

Jenis burung pleci bisa ditentukan dari perbedaan ciri fisik dan gaya kicauannya. Dari semua jenis pleci, semuanya bisa gacor asalkan dirawat dengan sepenuh hati dan rawatannya tepat. Namun sebelum anda membaca lebih lanjut tentang jenis burung pleci, ada baiknya anda membaca beberapa artikel tentang burung pleci berikut ini :

Oke setelah anda membaca beberapa artikel di atas, mari kita kembali ke topik awal tentang macam dan jenis burung pleci.

Jenis-Jenis Burung Pleci


1. Pleci Montanus (Monty)
Pleci jenis ini memiliki beberapa ciri fisik. Yaitu warna dada abu-abu dan punggungnya kuning kehijauan. Terdapat bulu berwarna coklat di pinggir dada. Ukurannya lebih besar dan bongsor daripada pleci dada kuning. Suara kicauannya kasar. Iris matanya berwarna putih. Penyebarannya di Pulau Jawa.

JENIS-JENIS BURUNG PLECI-KACAMATA


2. Pleci Buxtoni
Pleci jenis ini memiliki suara yang nyaring dan melengking, kristal, hampir sama seperti pleci dada kuning. Ukurannya juga hampir sama dan cenderung bulat. Ciri fisiknya adalah wrna dada abu-abu serta memiliki garis kuning di dada. Warna punggungnya kuning kehijauan. Iris mata berwarna coklat/putih, dan penyebarannya di Jawa Barat dan Pulau Sumatera.

BURUNG PLECI-KACAMATA


3. Pleci Black Capped/Cap
Sesuai dengan namanya, pleci black capped memiliki ciri warna hitam di ujung kepalanya. Warna dadanya abu-abu dan punggungnya kuning kehijauan. Suara kicaun pleci black capped cenderung pelan namun mendengung seperti suara gitar bass. Posturnya lebih ramping dan iris matanya berwarna coklat/putih.

ANEKA JENIS PLECI


4. Pleci Salvadori Enggano
Pleci jenis ini habitatnya di Pulau Sumatera dan memiliki suara kicauan yang keras dan lantang seperti pleci auriventer. Hanya saja ukurannya lebih besar dan bulat dengan iris mata berwarna coklat. Di kepalanya terdapat warna hitam tipis dan warna dadanya abu-abu gelap serta warna kuning tipis.

MACAM-MACAM PLECI


5. Pleci Auriventer
Pleci auriventer dihargai cukup mahal di pasar burung. Pleci ini memiliki suara kicauan yang mendayu-dayu dan ngebass. Dadanya berwarna abu-abu dan punggung berwarna hijau tua. Ada garis kuning tipis di bagian dada. Ukurannya sedikit lebih panjang daripada pleci dada kuning, dengan iris matanya berwarna coklat. Kacamatanya lebih tebal dan tegas. Habitat pleci auriventer ada di Pulau Sumatera.

RAGAM JENIS PLECI


6. Pleci Mata Putih
Pleci ini sudah sangat sulit kita temui di pasar burung. Karena populasinya sudah semakin menurun dan terhitung langka. Pleci dada kuning mata putih ini memiliki keistimewaan dari segi mentalnya yang sangat bagus. Pleci mata putih disebut juga dengan pleci muria (dari Kudus). Suaranya nyaring dan kristal.

BURUNG PLECI-BURUNG KACAMATA


7. Pleci Mata Coklat
Pleci jenis ini banyak kita temui di berbagai pasar burung. Di Pulau Jawa, pleci ini dijual secara ombyokan jika kita mengunjungi pasar-pasar burung. Suaranya nyaring dan kristal dengan postur yang kecil dan matanya coklat. Bagian dada berwarna kuning dan punggungnya kuning kehijauan.

BEBERAPA SPESIES PLECI


Nah mana pleci yang anda sukai dari ketujuh jenis pleci di atas? Pada dasarnya pleci dada kuning mata coklat (dacok) adalah pleci yang paling banyak ditemui di Pula Jawa. Untuk saat ini pleci buxtoni sedang dalam proses naik daun karena semakin populer dan diminati plecimania.

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang jenis-jenis burung pleci. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan Klub Burung Kicau untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook, tweet di Twitter, atau Google +. Terima kasih.
Baca juga yang ini  : Jenis Murai Batu Yang Paling Populer

Jenis-Jenis Pleci