Latest News

CARA MERAWAT BURUNG CENDET ANAKAN YANG BENAR

Kicaukan - Cara Merawat Burung Cendet Anakan Yang Benar - Sobat kicaukan, burung cendet trotolan jika dipelihara dan dirawat dengan benar dan tepat dapat menjadi cendet jawara saat dewasa kelak. Tetapi adakah cara yang sederhana dan mudah untuk merawat cendet trotolan agar saat dewasa nanti menjadi cendet yang bagus dan jawara? Jawabannya, tentu ada. Ya, karena burung cendet jawara tidak bisa terlepas dari perawatan yang tepat saat masih trotolan. Maka dalam kesempatan ini kami akan berbagi info dan tips mengenai cara merawat burung cendet anakan yang benar. 

Banyak cendet mania yang tidak konsisten dan sabar saat merawat cendet anakan/trotolan dan lebih memilih membeli cendet yang sudah jadi/gacor. Tentu konsekuensinya adalah harga yang mahal. Nah, sebenarnya cendet trotolan yang berkualitas bagus akan semakin mudah menjadi jawara jika dirawat dengan benar dan tepat. Tetapi sebelum kita membahas itu lebih jauh, mungkin anda tertarik untuk membaca beberapa artikel tentang burung cendet/pentet berikut ini :

Beberapa artikel tentang cendet di atas akan menambah wawasan dan pengetahuan tentang burung cendet, sehingga akan mempermudah anda dalam merawatnya. Sekarang kita kembali ke topik awal tentang cara merawat burung cendet anakan yang benar.

CARA MERAWAT BURUNG CENDET ANAKAN YANG BENAR

Berikut ini beberapa pola perawatan cendet anakan/trotolan yang benar yang bisa anda lakukan sedini mungkin agar saat dewasa nanti bisa jadi cendet jawara :

1. Perawatan dalam hal makanan
Untuk membentuk cendet trotolan agar menjadi cendet jawara saat dewasa, diperlukan makanan yang cukup dan berkualitas bagus. Pakan untuk cendet trotolan sebaiknya adalah pakan yang mengandung protein tinggi, seperti jangkrik dan belalang yang merupakan pakan asli saat cendet di alam liar. Protein berfungsi untuk menunjang pertumbuhan fisik cendet. Untuk tambahan, anda bisa memberikan multivitamin yang sangat baik untuk menjaga kondisi cendet agar tetap sehat dan fit. Berikan multivitamin 3 kali seminggu sebagai suplemen untuk menutupi kekurangan nutrisi cendet.

2. Perawatan dalam melatih cendet trotolan
Cendet trotolan yang dirawat dengan benar akan membuat mental cendet menjadi lebih bagus. Lebih dari itu, melatih cendet sejak dini juga dapat menjinakkan cendet sehingga lebih mudah beradaptasi dengan manusia. Melatih cendet trotolan bisa anda lakukan dari hal-hal yang sederhana. Misalnya memberikan pakan cendet pakan hidup di luar sangkar agar cendet keluar sangkar. Bisa juga dengan melatih cendet untuk melompat ke tangan kita agar tidak takut dengan kita. Memberikan pakan di luar sangkar bisa juga anda lakukan untuk melatih mental cendet trotolan. Tetapi ingat, lakukan dengan tenang dan hati-hati agar cendet trotolan tidak takut dan merasa nyaman.

3. Memaster cendet trotolan sejak dini
Yang satu ini akan sangat berguna dan manfaatnya akan anda rasakan saat cendet sudah mulai berkicau. Ya, memaster burung cendet trotolan sebaiknya anda lakukan sedini mungkin karena cendet yang masih muda/anakan/trotolan akan lebih mudah mengingat dan merekam suara apa pun yang didengarnya, termasuk suara masteran. Burung master yang cocok dengan jenis suara cendet antara lain burung gereja tarung, lovebird, cucak jenggor, branjangan, kenari, ciblek, jalak suren, dan lain-lain. Belalang juga bisa dijadikan masteran untuk cendet. Untuk cara memaster cendet trotolan bisa anda lakukan teknik-teknik berikut :
  • Pemasteran sebaiknya dilakukan di dalam ruangan dan dalam keadaaan dikerodong.
  • Jarak ideal antara cendet trotolan dan suara masteran adalah 2 meter.
  • Pastikan suasana lingkungan dalam keadaan tenang dan nyaman untuk mempermudah cendet trotolan berkonsentrasi.
Yang terakhir, sebaiknya anda tidak mendekatkan atau bahkan mempertemukan cendet trotolan dengan burung cendet lain. Ini bertujuan untuk menjaga mental cendet trotolan agar tidak down/drop. 

Sobat kicaukan, demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Cara Merawat Burung Cendet Anakan Yang Benar. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapatkan berbagai macam informasi penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!! 

Sobat kicaukan, jika anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih. 
Baca juga artikel menarik berikut ini : KENARI RUSIA (RUSSIAN CANARY) MEMANG ISTIMEWA.